Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Mengenal Scopus Lebih Dekat & Cara Cek Jurnal Terindeks Scopus

Bimbingan jurnal scopus

Di dunia keilmiahan, nama Scopus memang sudah tidak asing lagi. Terutama untuk para dosen ataupun mahasiswa doktoral yang merupakan sebuah kewajiban untuk memublikasikan jurnal terindeks scopus. Apalagi, jika hal tersebut juga berkaitan dengan syarat kenaikan jabatan seseorang. Bagi para senior tentu tidak masalah, namun bagaimana dengan yang masih pemula di dunia publikasi scopus ini?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara mengecek jurnal yang terindeks Scopus, lebih baik kita pahami dulu sebenarnya apa sih Scopus itu?

Apa Itu Scopus? Kenapa Penting?

Scopus adalah database jurnal terbesar meliputi database abstrak dan kutipan terbesar dari literatur peer-review: jurnal ilmiah, buku dan prosiding konferensi. Dilansir dari laman resendeve.com, pusat data atau database tersebut berguna untuk melihat apa yang sudah diteliti dan mengetahui kontribusi dari penelitian yang sedang kita kerjakan diantara literatur ilmiah yang sudah ada. Atau dengan kata lain melihat sejauh mana kontribusi ilmiah yang bisa ditawarkan kepada jurnal agar mau mempublikasikan hasil karya kita. Saat ini, salah satu entitas yang paling dikenal oleh para peneliti dunia adalah Scopus.

Cara Cek Jurnal Terindeks Scopus

Dalam artikel ini, kita akan membahas dua macam cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah jurnal tersebut terindeks Scopus atau tidak. Selengkapnya, kita simak infonya di bawah ini.

Scimago JR

Cara yang pertama yaitu menggunakan situs scimagojr.com. SJR ini sering dikunjungi untuk melihat ranking sebuah jurnal yang dibagi menjadi 4 kuartil yaitu Q1, Q2,Q3, dan Q4.

  • Buka halaman utama di situs scimagojr.com
  • Pilih subjeck area jurnal yang dituju. Misalkan, karena bidang farmasetika maka akan dicari bidang “pharmacologi, toxicology, & pharmaceutics”.
  • Pilih subjek kategori jurnal yang diinginkan. Subjek kategori adalah subkategori dari subjek area jurnal internasional yang dicari
  • Cari quartile yang diinginkan, download data ke excel
  • Pastikan jurnal terindeks scopus

Langsung ke Website Resmi Scopus

Cara yang kedua ini bisa dilakukan apabila kamu sudah memiliki daftar nama jurnal yang akan dicek. Simak caranya berikut ini:

  • Buka laman resmi Scopus di scopus.com
  • Klik “Sources” di bagian atas
  • Isikan nama jurnal di kolom “Enter title” lalu tekan enter atau klik “Find Sources”
  • Jika nama jurnal yang kamu ketik sudah ditemukan di kolom search, klik jurnal tersebut dan cek tahun coveragenya.
  • Cek juga “Scopus Content Coverage” di bagian bawah. Jurnal masih terindeks Scopus, jika telah masuk data 2020.
IMG 20210203 134857
Gambaran detail mencari jurnal scopus (Sumber: Scopus.com)

Demikian cara mengetahui apakah jurnal sudah terindeks Scopus atau belum, jika masih ragu, sebaiknya memilih jurnal yang diterbitkan oleh penerbit besar seperti Elsevier, Wiley, dan Springer.

Lister saat ini melayani bimbingan online menulis jurnal ilmiah secara group bersama tutor profesional di bidangnya. DAFTAR SEKARANG JUGA!

jurnal ilmiah grup
Bimbingan Menulis Jurnal