Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Kuliah Gratis di Jepang? Yuk Ikutan Beasiswa S-1 MJSP Hokkaido University

beasiswa s1 mjsp hokkaido university

Beasiswa S-1 MJSP Hokkaido University bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri. Hokkaido University menawarkan program kelas internasional dengan pengantar bahasa Inggris.

Hokkaido University sendiri menduduki peringkat 6 di Jepang, berdasarkan The World University Ranking 2021. Sementara itu MJSP adalah Modern Japanese Studies Program.

MJSP menjadi program sarjana yang untuk kamu yang ingin mengambil jurusan Masyarakat dan Budaya Kontemporer Jepang, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi Politik.

MJSP diantarkan dalam dua bahasa dengan masa studi 4 tahun. Enam bulan pertama berisi kursus bahasa Jepang intensif, lalu diikuti kuliah dengan pengantar bahasa Jepang.

Cakupan Biaya Beasiswa

MJSP menawarkan beasiswa yang mencakup biaya sebagai berikut.

a. Biaya kursus bahasa Jepang (untuk pendaftar Oktober 2022).

b. Biaya pendaftaran kuliah (untuk tahun akademik 2022/2023).

Setelah tahun kedua, beasiswa diberikan berdasarkan nilai akademik mahasiswa. Apabila tidak terpilih memperoleh beasiswa, mahasiswa masih bisa memohon keringanan biaya kuliah penuh, setengah, atau seperempat. Keringanan akan diberikan jika mahasiswa menunjukkan prestasi akademik yang di atas rata-rata.

Syarat Beasiswa

1. Kewarganegaraan

Pelamar memiliki kewarganegaraan asing dan kewarganegaraan Jepang. Pelamar harus lulus seleksi kualifikasi awal untuk mendaftar.

a. Gelombang pertama pendaftaran: 1 Oktober 2021– 8 Oktober 2021

b. Gelombang kedua pendaftaran: 4 Januari 2022 – 12 Januari 2022

2. Kualifikasi Dasar

Pelamar wajib memenuhi salah satu dari sejumlah syarat kualifikasi dasar berikut.

a. Menyelesaikan 12 tahun pendidikan di sekolah selain di Jepang atau diharapkan lulus pada 30 September 2022.

b. Berkualifikasi atau setara dengan syarat di atas dan sudah ditunjuk Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains dan Teknologi Jepang.

c. Memperoleh International Baccalaureate Diploma di negara selain Jepang pada 30 September 2022.

d. Menerima Abitur, gelar kualifikasi masuk universitas seluruh Jerman.

Baca juga:

e. Menerima baccalaureat, gelar kualifikasi masuk universitas seluruh Prancis.

f. Menerima General Certificate of Education (GCE) Advanced Level (A Levels), gelar kualifikasi masuk universitas seluruh Inggris.

g. Menyelesaikan 12 tahun pendidikan di lembaga pendidikan Jepang untuk warga asing yang sudah berakreditasi dari Western Association of Schools & Colleges (WASC), Association of Christian Schools International (ACSI) atau Council of International Schools (CIS) atau diharapkan telah lulus pada tanggal 30 September 2021.

Dalam syarat ini, setidaknya pelamar terdaftar minimal dua tahun berturut-turut termasuk pada tahun ajaran terakhir.

3. Syarat Bahasa Inggris

Fasih berbahasa Inggris sebagai bahasa ibu, atau menerima pendidikan dengan pengantar bahasa Inggris selama empat tahun. Hal ini dibuktikan dengan mencapai skor minimum pada sertifikasi TOEFL-iBT, TOEFL-iBT Home Edition, atau IELTS.

4. Lain-Lain

Sebaiknya pelamar mengikuti jika ada ujian standar seperti ujian nasional untuk masuk universitas di negara asal.

Batas Pendaftaran

1. Gelombang Pertama (26 Oktober – 17 November 2021)

Batas pengisian formulir online sampai pukul 17.00 waktu Jepang. Dokumen yang harus dikirim lewat pos setelah pendaftaran online harus sampai di Jepang maksimal 2 Desember 2021 pukul 17.00.

2. Gelombang Kedua (1 Februari – 24 Februari 2022)

Batas pengisian formulir online sampai pukul 17.00 waktu Jepang. Dokumen yang harus dikirim lewat pos setelah pendaftaran online harus sampai di Jepang maksimal 11 Maret 2022 pukul 17.00.

Itu tadi penjelasan tentang beasiswa S-1 MJSP Hokkaido University. Untuk mempersiapkan beasiswa, dibutuhkan berbagai tes kemampuan berbahasa asing, di antaranya bahasa Inggris.

Jika kamu ingin mempersiapkan beasiswa dan melatih kemampuan berbahasa asing, kamu bisa mendaftarkan diri di platform kursus bahasa asing online Lister. Kamu akan belajar bersama tutor-tutor bersertifikat yang ahli dan berkualitas di bidangnya.