Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Fakta-Fakta Unik Bahasa Mandarin

Fakta-Fakta Unik Bahasa Mandarin

lister.co.id – Sekarang ini Bahasa Mandarin sudah memiliki banyak pengguna dan menjadi salah satu Bahasa yang paling diminati untuk dipelajari. Alasannya kebanyakan adalah karena mempelajari Bahasa Mandarin tidak akan sia-sia.

Bahasa Mandarin bisa digunakan di berbagai tempat, baik di lingkungan karir dan pekerjaan, lingkungan pendidikan, maupun lingkungan sekitar saat pergi berwisata. Tidak heran banyak orang yang tetap menekuni kursus Bahasa Mandarin walaupun tingkat kesulitannya yang terkenal cukup tinggi.

Bahasa Mandarin memiliki banyak sekali karakter dengan teknik penulisan dan pelafalan yang mirip satu sama lain. Selain itu, Bahasa Mandarin juga memiliki empat intonasi pengucapan yang berbeda.

Dengan kedudukannya sebagai Bahasa dengan penutur asli terbanyak di dunia, Bahasa Mandarin memiliki cukup banyak fakta unik dan menarik yang tidak banyak diketahui orang. Sebelum mulai belajar Bahasa Mandarin, sebaiknya cari tahu dulu tentang beberapa fakta unik di bawah ini:

Jumlah penutur Bahasa Mandarin

Seperti yang sudah tertulis di atas, Bahasa Mandarin sudah dinobatkan sebagai Bahasa dengan jumlah penutur asli terbanyak di dunia. Tapi sebenarnya ada berapa jumlah penutur asli Bahasa Mandarin yang ada sekarang?

Jumlahnya tentu tidak bisa terhitung secara pasti, tapi sebagai perkiraan, ada sekitar satu triliun orang yang merupakan penutur asli Bahasa Mandarin di dunia sekarang. Semua orang ini tersebar hampir di seluruh negara di dunia.

Ini artinya sekitar 15% dari populasi dunia berbicara Bahasa Mandarin. Hasil ini bahkan melampaui banyak Bahasa asing lain seperti Bahasa Inggris, Spanyol, Jerman, Perancis, dll.

Dengan adanya penutur asli sebanyak itu, penggunaan Bahasa Mandarin juga ikut tersebar, hingga tidak heran jika ada negara di luar wilayah Cina yang juga menggunakan Bahasa Mandarin sebagai Bahasa utamanya. Para penutur asli ini juga membantu menyebarkan kaidah-kaidah kebahasaan Bahasa Mandarin yang benar kepada para penutur asing.

Bahasa yang paling sulit dipelajari

Bahasa Mandarin terkenal memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi, bahkan termasuk salah satu Bahasa yang paling sulit dipelajari di dunia. Yang paling kesulitan tentunya adalah para pengguna Bahasa ibu yang menggunakan sistem alfabet biasa.

Bahasa Mandarin memiliki tipe karakter dan huruf yang sangat jauh berbeda dengan sistem alfabet A-Z yang biasa digunakan. Ini merupakan kendala utama yang menghalangi para pemula dalam belajar Bahasa Mandarin.

Selain itu, cara penulisan dan juga teknik pelafalan juga cukup rumit dan agak sulit diucapkan dengan lidah orang yang terbiasa dengan Bahasa Inggris ataupun Bahasa Indonesia. Bahasa Mandarin juga sangat menekankan perbedaan intonasi pada teknik pengucapan, perbedaan intonasi bisa merubah arti dari kata atau kalimat yang diucapkan.

Memiliki banyak dialek

Bahasa Mandarin banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari oleh banyak orang di berbagai tempat yang berbeda. Sehingga secara alami dalam perkembangannya ada banyak logat dan dialek baru yang muncul dari Bahasa Mandarin modern.

Bahasa Mandarin merupakan Bahasa ibu dan Bahasa utama yang digunakan di negara Cina. Di Cina sendiri juga ada banyak dialek Bahasa Mandarin yang biasa digunakan, beberapa diantaranya adalah Kanton, Minbei, Xiang, Hakka, dll.

Selain di Cina, Bahasa Mandarin juga menjadi Bahasa utama di banyak negara lain, seperti Taiwan dan Singapura. Di dua negara ini dan banyak negara lain di dunia juga muncul berbagai jenis dialek baru dalam Bahasa Mandarin.

Penggunaan Bahasa Mandarin modern di beberapa negara bahkan sudah mampu menghasilkan berbagai kosakata baru yang membedakan penggunaannya.

Fakta-Fakta Unik Bahasa Mandarin
Fakta-Fakta Unik Bahasa Mandarin

Tidak ada alfabet dan keterangan jumlah

Seperti yang sudah tertulis di atas, Bahasa Mandarin tidak mengenal adanya alfabet A-Z seperti yang biasa digunakan dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Sebagai gantinya ada karakter khusus yang dinamakan Hanzi.

Setiap huruf ini memiliki teknik penulisan yang terdiri dari gabungan garis-garis yang berbeda. Para pemula dalam belajar Bahasa Mandarin biasanya akan dibantu dengan menggunakan garis atau titik-titik bantu untuk memudahkan latihan penulisan.

Selain itu, sekarang sudah ada sistem yang memudahkan bagi orang asing yang ingin belajar Bahasa Mandarin. Sistem ini dinamakan Pinyin, yaitu suatu metode romanisasi untuk membantu pelafalan berbagai huruf Bahasa Mandarin.

Dalam Bahasa Mandarin juga tidak dikenal perbedaan antara kata singular atau plural. Contohnya jika dalam Bahasa Inggris akan muncul imbuhan –s atau –es untuk menandakan kata berjumlah plural.

Pada Bahasa Mandarin, semua kata benda akan memiliki bentuk yang sama, tidak peduli apakah itu singular atau plural.

Huruf yang merupakan coretan bermakna

Bagi para pemula yang baru mengenal Bahasa Mandarin, pasti menganggap mempelajari Bahasa Mandarin sangat sulit dan asing. Semua hurufnya terlihat rumit dan berbeda-beda satu sama lain.

Padahal, jika diperhatikan baik-baik, setiap coretan dalam aksara Hanzi memiliki bentuk yang unik. Selain itu, banyak kata yang memiliki dasar Hanzi yang sama, sehingga tidak sulit untuk dibedakan.

Sebagai contoh aksara Hanzi untuk gunung yang memang memiliki bentuk yang terlihat seperti deretan pegunungan. Selain itu ada juga kata-kata seperti kakak perempuan, ibu, nenek, dan bibi yang kesemuanya mengandung unsur huruf Hanzi yang berarti perempuan.

Banyak orang yang kesulitan juga mengenali teknik pengucapan untuk tiap hurufnya. Jika diperhatikan dengan baik, ada komponen atau garis dalam huruf Bahasa Mandarin yang juga menandakan cara pelafalannya.

Seperti misalnya, jika anda menemukan bentuk yang sama pada beberapa kata, itu bisa mengindikasikan bahwa kata-kata tersebut memiliki pengucapan yang hampir sama. Yang membedakan kata-kata tersebut adalah intonasi atau nada yang digunakan.

baca juga

Karakter tertua di dunia

Sistem penulisan huruf dalam Bahasa Mandarin, atau yang dikenal dengan istilah Hanzi, merupakan salah satu teknik penulisan tertua di dunia. Dalam perkembangannya, di dunia modern sekarang ada dua jenis teknik penulisan yang banyak digunakan, yaitu versi tradisional dan versi simplified.

Versi tradisional banyak digunakan diTaiwan, Macau, dan Hong Kong, versi ini memiliki lebih banyak garis dan secara keseluruhan lebih rumit. Sedangkan versi simplified banyak digunakan di Cina, versi ini bentuknya lebih sederhana dibandingkan versi tradisional.

Bagi yang berminat untuk belajar Bahasa Mandarin, bisa mengikuti kursus yang materi pembelajarannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan pribadi. Selain itu, di lembaga kursus anda juga akan diajar oleh pengajar yang profesional.

Lister.co.id memiliki platform belajar yang mudah dan menyenangkan, sangat fleksibel, sehingga bisa disesuaikan dengan waktu dan kemampuan peserta. Lister.co.id juga menggunakan teknologi meeting tatap muka yang bisa menghadirkan kualitas pembelajaran layaknya kelas offline.

Selain itu, setiap kelas akan dibimbing oleh pengajar profesional yang berpengalaman, sehingga setiap materi yang diajarkan dijamin akan menarik dan mudah dipahami. Siswa akan diajarkan materi percakapan, pengenalan kosa kata dan tata Bahasa, dan juga latihan speaking dan listening dalam Bahasa Mandarin.

Di Lister.co.id tersedia berbagai kelas yang disesuaikan dengan kebutuhan anda, baik untuk bisnis maupun studi. Ada berbagai pilihan kelas dengan kurikulum pembelajaran yang beragam dan harga yang terjangkau.