Mentoring Beasiswa

Basic A2

Bimbingan Beasiswa Kuliah Luar Negeri S1, S2 & S3 Terlengkap!

Panduan Beasiswa Mulai dari Pilih Jurusan, Universitas, hingga Kelengkapan Syarat Pendaftaran

Menjadi mahasiwa internasional adalah impian banyak orang, apalagi jika didukung dengan beasiswa. Beragam beasiswa pun tersedia bagi siapa saja yang berusaha untuk mendapatkannya. Namun, sebelum berhak menerima beasiswa, calon peserta perlu mendaftarkan diri dan menyiapkan segala persyaratan seperti motivation letter, research plan, hingga CV yang mampu memikat tim penilai. 

Ikuti Konsultasi  Beasiswa Luar Negeri bersama Lister! Anda akan segera bertemu dengan para alumni kampus top dunia penerima beasiswa bergengsi dan mendapatkan bimbingan menyeluruh untuk kesuksesan lamaran beasiswa Anda!

Deskripsi Program

Program ini bertujuan untuk memberikan bimbingan beasiswa secara  step-by-step kepada siswa untuk mendapatkan berbagai top beasiswa baik di dalam maupun luar negeri, khususnya beasiswa LPDP dan AAS dengan bimbingan tutor yang sudah berpengalaman dan menjadi awardee beasiswa.

Karakteristik Siswa

Program ini ditujukan untuk siapa saja yang berkeinginan mendapatkan beasiswa luar dan dalam negeri baik untuk keperluan pekerjaan maupun belajar. Program ini sangat cocok bagi :

  1. Siswa SMA yang ingin mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan Diploma dan Sarjana S1
  2. Mahasiswa S1 yang ingin mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan Pascasarjana S2
  3. Siapa saja yang berada di bawah tuntutan pekerjaan atau masa jabatan untuk mendapatkan beasiswa

Cakupan Materi Pelajaran

Lihat E-Catalogue & Harga

Semua Program Lister

Kursus Makin Ringan
Dengan Cicilan
Pembayaran!

Bunga 0%

Tersedia Pilihan Kelas

Private
Interaksi One on One memungkinkan Anda untuk lebih fokus belajar. Cocok untuk Anda yang memiliki kesibukan padat.
Semi Private Berdua
Ajak 1 teman, sahabat dekat atau saudara Anda untuk Belajar Bersama! Lebih hemat karena biaya kursus bisa dibagi berdua.
Semi Private (3-5)
Anda bisa ajak 1-4 teman untuk belajar bareng. Lebih hemat dari kelas private dan lebih fokus dari kelas group.

Tersedia juga Pilihan Paket mulai dari 4 hingga 80 pertemuan

Manfaat Anda Mengikuti Kursus Mentoring Beasiswa

Lister berkomitmen untuk memberikan kualitas pembelajaran dan pengalaman belajar terbaik untuk Anda!

Terhubung Langsung dengan Alumni Awardee Beasiswa

Dengan adanya kelas online interaktif melalui Zoom Meeting, Anda akan langsung terhubung dengan Alumni Awardee Beasiswa incaran Anda. Tak hanya mendapatkan tip dan trik lolos seleksi beasiswa, Anda juga akan mendapatkan sharing pengalaman belajar dari tutor yang sangat berharga untuk studi lanjut Anda. Segera ikuti konsultasi Bimbingan Beasiswa Luar Negeri sekarang juga!

Lebih Siap Menghadapi Proses Seleksi Beasiswa

Dapatkan panduan beasiswa lengkap pra- kuliah dan mendaftar beasiswa!

Jika Anda masih benar-benar bingung untuk mempersiapkan dokumen-dokumen beasiswa, kursus ini cocok untuk Anda! Peserta kursus akan dibantu menyiapkan list dokumen dan mempersiapkan diri untuk lolos tahap interview beasiswa. Tentu saja, persiapan Anda pun jauh lebih mantap! 

Kelas Private/Semi-Private dengan Jadwal Fleksibel

Ingin belajar bersama sahabat dekat atau saudara Anda? ikuti kelas bimbingan beasiswa semi-private untuk bealajr bersama 1-4 teman Anda yang lainnya. Ajukan jadwal belajar sesuai keinginan Anda dan bersiaplah untuk lolos beasiswa impian!

Mulai Perjalanan Anda untuk Lolos Beasiswa Kuliah ke Luar Negeri Sejak Hari ini!

Client Kami

Rekomendasi Program Lainnya

IELTS

IELTS PREPARATION

Intermediate B1

Kursus IELTS Preparation Online – Jaminan Garansi Score IELTS 7.5

TOEFL IBT 1

TOEFL IBT PREPARATION

Basic A2

Kursus TOEFL IBT Online – Siap Kuliah di Luar Negeri dengan Skor IBT Tinggi

LP ebook optimized

SAT PREPARATION

Intermediate B1​

Kursus SAT Preparation Online – Wajib Ikut Kursus Ini Jika Ingin Lanjutkan S1 di Amerika Serikat

3 optimized

GRE PREPARATION

Intermediate B1

Kursus GRE Online – Siap Daftar Kuliah Jurusan Bisnis dan Hukum Dengan Skor GRE Tinggi

Bimbingan beasiswa ke luar negeri menawarkan bantuan persiapan bagi mereka yang ingin menempuh pendidikan tinggi di luar negeri. Bimbingan beasiswa tersebut dapat berbentuk konsultasi beasiswa luar negeri atau panduan beasiswa.

Calon penerima beasiswa akan dibimbing melalui beberapa tahap. Mulai dari mencari institusi pendidikan dan beasiswa yang tepat, mendaftar beasiswa, mempersiapkan dokumen, mempersiapkan wawancara, serta tips mendapatkan beasiswa.

Di antara berbagai beasiswa ke luar negeri yang tersedia, terdapat beasiswa LPDP dan beasiswa Australia Awards. Kedua program beasiswa ini banyak diincar calon mahasiswa.

telah mempercayakan pelatihan Bahasa Jepang mereka kepada Lister.

Apa itu Beasiswa?

Beasiswa adalah bantuan biaya pendidikan. Biaya pendidikan ini diberikan secara cuma-cuma melalui proses seleksi yang ketat.

Berbeda dengan pinjaman biaya sekolah, siswa tidak perlu mengembalikan biaya yang diberikan. Walaupun begitu, beberapa program beasiswa menetapkan ikatan dalam bentuk yang lain, misalnya perjanjian kerja.

Beasiswa dapat diperoleh dari sekolah, organisasi profesional, organisasi keagamaan, komunitas, organisasi nonprofit, organisasi sosial, dan lain sebagainya.

Penerimaan beasiswa dapat berdasarkan pencapaian akademik atau keterampilan khusus, seperti kemampuan atletik atau musik.

Jumlah beasiswa yang diterima beragam. Biaya pendidikan yang ditanggung mulai dari setengah sampai seluruhnya.

Apa itu Bimbingan Beasiswa ke Luar Negeri?

Bimbingan beasiswa bertujuan mempersiapkan calon penerima beasiswa. Mulai dari mendaftarkan diri, mempersiapkan persyaratan dokumen, membuat CV, dan lain-lain.

Kelas bimbingan beasiswa biasanya diampu oleh tutor ahli. Para tutor ini sebelumnya sudah melalui proses yang sama dan berhasil mendapatkan beasiswa ke luar negeri.

Siapa saja dapat mengikuti bimbingan beasiswa ini. Mulai dari siswa SMA yang baru saja lulus dan ingin melanjutkan pendidikan tinggi, mahasiswa S-1 yang ingin melanjutkan pendidikan pascasarjana atau S-2, sampai mereka yang hendak melanjutkan pendidikan sesuai tuntutan pekerjaan.

Apa saja yang menjadi materi bimbingan? Menemukan beasiswa yang sesuai, menemukan universitas yang tepat, mendaftar beasiswa, mempersiapkan dokumen (motivation letter, CV, research plan, dan recommendation letter), membuat esai, mengikuti wawancara dalam bahasa Inggris, dan lain-lain.

Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP adalah salah satu beasiswa paling populer di Indonesia. Pemerintah Indonesia sendiri yang membiayai beasiswa ini.

Biaya beasiswa dikeluarkan oleh Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN). Pengelolaannya dilakukan oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Beasiswa yang tersedia adalah beasiswa LPDP S2 dan S3 untuk di dalam dan di luar negeri. Beasiswa LPDP S1 tidak tersedia.

Dengan adanya beasiswa LPDP ini, diharapkan sumber daya manusia yang berpendidikan, berkualitas, berjiwa kepemimpinan, dan mempunyai visi ke depan dapat menjadi pemimpin masa depan bangsa.

Selain itu, program beasiswa LPDP bertujuan meningkatkan akses pendidikan bagi seluruh lapisan masyarakat.

Siapa saja yang menjadi sasaran penerima beasiswa? Yakni mereka yang memenuhi persyaratan, memiliki keinginan melanjutkan studi pada program Magister dan Doktoral, serta berencana berkontribusi terhadap kemajuan bangsa selepas masa studi berakhir.

Pembukaan beasiswa LPDP dilakukan dua kali setahun. Walaupun begitu, tidak semua dibuka setiap tahunnya dalam setiap tahap.

Calon penerima beasiswa harus memastikan beasiswa mana saja yang dibuka pada tahun yang bersamaan.

Proses pendaftaran beasiswa LPDP dilakukan secara daring. Pelamar beasiswa mengisi formulir pendaftaran lalu mengunggah dokumen kelengkapan yang sudah tersedia di laman LPDP.

Selanjutnya pelamar beasiswa mengikuti tiga proses seleksi, yakni Seleksi Administrasi, Seleksi Berbasis Komputer (khusus program Magister), dan Wawancara.

Jurusan beasiswa LPDP beragam. Namun di antara berbagai macam pilihan jurusan yang tersedia, ada beberapa jurusan yang menjadi prioritas.

Jurusan-jurusan ini dipilih karena dinilai akan mendukung sektor prioritas pembangunan nasional. Di antaranya adalah energi, pangan, pengelolaan sumber daya alam, maritim (kelautan), pariwisata, ekonomi daerah, inovasi dan teknologi, pendidikan, serta kesehatan.

Syarat Beasiswa LPDP

Pelamar beasiswa wajib memenuhi persyaratan yang diminta LPDP.

  1. Menandatangani surat pernyataan.
  2. Memenuhi batas usia pendaftar.
  3. Memenuhi ketentuan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK).
  4. Memiliki surat tanda pelamar beasiswa telah diterima di universitas yang dituju, ditunjukkan dengan LoA Unconditional.
  5. Telah tersertifikasi mampu berbahasa Inggris, ditunjukkan dengan sertifikat yang masih berlaku dan diterbitkan oleh ETS, IELTS, atau lembaga bahasa Arab (khusus TOAFL).
  6. Wajib menyelesaikan masa studi sesuai ketentuan yang tertuang di LoA Unconditional. Ketentuan paling lama adalah 24 bulan untuk program Magister dan 48 bulan program Doktoral.
  7. Jika penerima beasiswa menempuh masa studi lebih lama daripada ketentuan, wajib melapor kepada LPDP. Selanjutnya LPDP akan memberikan keputusan.

Salah satu syarat lain yang harus dimiliki penerima beasiswa adalah surat rekomendasi. Sebaiknya rekomendasi diberikan oleh orang yang cukup dikenal dekat, cukup dikenal, serta memiliki reputasi yang tepat.

Contoh surat rekomendasi beasiswa LPDP tersusun atas kop surat, judul surat, tanggal dan nomor surat, isi surat, penutup, tanda tangan, dan stempel.

Surat rekomendasi harus menyertakan identitas pemberi rekomendasi dan penerima rekomendasi. Identitas dapat terdiri atas nama, tempat dinas instansi, jabatan, alamat, nomor telepon, dan alamat email.

Surat rekomendasi dapat menyertakan deskripsi yang positif dan membangun. Surat ini juga dapat menyertakan kemampuan, prestasi, atau pengalaman berorganisasi yang dimiliki penerima rekomendasi.

Cara Mendapatkan Beasiswa LPDP

Bagaimana tata cara mendapatkan beasiswa LPDP? Tentunya dengan menjalani sejumlah proses pendaftaran.

  1. Mendaftar secara daring lewat beasiswalpdp.kemenkeu.go.id.
  2. Memenuhi kelengkapan dan mengunggah dokumen yang menjadi syarat pendaftaran.
  3. Submit aplikasi untuk memperoleh kode registrasi.
  4. Mengunggah LoA (Letter of Acceptance) Unconditional.

Beasiswa Australia Awards

Beasiswa Australia Awards Scholarship (AAS) membuka kesempatan untuk menjalankan studi, penelitian, dan mengembangkan keprofesian di Australia.

Beasiswa ini diberikan kepada warga Indonesia dan sejumlah negara lainnya. Beasiswa diberikan untuk mereka yang ingin melanjutkan pendidikan S-2 dan S-3 di Australia.

Beasiswa ini mencakup biaya pelatihan sebelum keberangkatan (Pre-Departure Training atau PDT), biaya kuliah, biaya hidup selama tinggal di Australia, asuransi kesehatan, dukungan akademis, tiket pesawat, dan tunjangan kerja lapangan.

Syarat Beasiswa Australia Awards

Apa saja syarat mendapatkan beasiswa AAS? Berikut penjelasannya.

  1. Memperoleh IPK minimal 2,9 pada skala 4 saat jenjang pendidikan terakhir. Pelamar yang berasal dari Area Fokus Geografis dan difabel minimal memperoleh IPK 2,75 pada skala 4.
  2. Pelamar pada program Magister mampu berbahasa Inggris, ditunjukkan dengan skor IELTS minimal 5,5 atau TOEFL ITP 525 atau TOEFL iBT minimal 69 atau PTE akademik minimal 46.
  3. Pelamar pada program PhD mampu berbahasa Inggris, ditunjukkan dengan skor IELTS minimal 6,0 atau TOEFL ITP minimal 550 atau TOEFL iBT minimal 79 atau PTE akademik minimal 54.
  4. Telah memiliki gelar sarjana jika hendak mendaftar program Master dan telah memiliki gelar Master jika hendak mendaftar program PhD.
  5. Pelamar program PhD turut melampirkan bukti komunikasi dengan kandidat pembimbing di universitas yang dituju.
  6. Pelamar program PhD sebaiknya sudah menuntaskan program Master minimal 25 persen dari seluruh komponen penelitian.
  7. Program PhD lebih diprioritaskan bagi pelamar yang berprofesi sebagai staf universitas, institusi pendidikan tinggi, institusi penelitian, pembuat kebijakan, serta bekerja di lembaga mitra Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Pemerintah Australia.
  8. Hasil IELTS, TOEFL, dan PTE akademik yang diserahkan adalah terbaru, yakni diperoleh dalam batas waktu 2 tahun terakhir. Selain tiga hasil tes ini, tidak ada yang diterima.
  9. Menyerahkan rincian kontak pusat tes bahasa Inggris untuk verifikasi.
  10. Menyertakan minimal satu hasil tes bahasa Inggris asli.

Cara Mendapatkan Beasiswa Australia Awards

Cara mendapatkan beasiswa Australia Awards yaitu dengan mengikuti dua tahap dalam Long Term Awards. Jika hanya mengisi formulir di satu tahap saja, pelamar dianggap tidak lolos administrasi..

Maka dari itu, pelamar wajib mengisi formulir di tahap pertama dan kedua.

1. OASIS

Mulanya, pelamar wajib mendaftarkan diri secara daring melalui laman https://oasis.dfat.gov.au. Dokumen persyaratan harus diunggah ke sistem OASIS tersebut.

Cermati setiap dokumen yang disyaratkan. Pasalnya bisa jadi ada perbedaan syarat dokumen setiap tahunnya.

Jangan menunda-nunda sampai injury time untuk mengunggah seluruh dokumen yang dibutuhkan. Mendekati hari penutupan pendaftaran, pengunjung situs bisa membludak dan kapasitas server tidak dapat mencukupinya.

Selain itu tidak ada yang tahu jika terjadi kendala saat mendaftar secara daring. Jangan sampai kehilangan kesempatan meraih beasiswa.

2. AIOA 

Selanjutnya pelamar wajib mengisi Additional Information for Online Application (AIOA). Tautan pendaftaran dapat diakses di situs https://www.australiaawardsindonesia.org yang akan dibuka pada masa pendaftaran.

Saat mengisi, cantumkan nomor registrasi OASIS. Selain itu, pelamar wajib melengkapi tambahan persyaratan yang bisa berbeda-beda setiap negara.

Selain dua tahap pendaftaran di atas, pelamar dapat mendaftarkan diri secara luring. Cara ini bisa dilakukan untuk mereka yang memiliki keterbatasan mengakses pendaftaran secara daring.

Pendaftaran luring dilakukan dengan cara mengirimkan berkas pendaftaran kepada panitia. Berkas pendaftaran tersebut berupa satu set formulir pendaftaran dan dokumen pendukung.

Berkas harus diterima panitia paling lambat hari terakhir pendaftaran. Walaupun cara luring bisa dilakukan, pendaftaran secara daring tetap lebih disarankan.