Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Cerpen Bahasa Inggris: Definisi, Struktur, Ciri-Ciri, dan Contohnya

unsur instrinsik

Pernah bingung gimana caranya membuat cerita pendek dalam bahasa Inggris? Berikut ini Lister sudah merangkum materi berupa definisi, struktur, ciri-ciri, dan contoh cerpen bahasa Inggris yang bisa kamu pelajari.

Definisi Cerpen

Cerpen adalah cerita yang tidak benar-benar terjadi di dunia nyata dan umumnya ceritanya pendek karena hanya menggunakan satu konflik singkat. Menurut Badudu, pengertian cerpen adalah karya cerita yang berpusat pada satu peristiwa kejadian yang dialami oleh satu tokoh saja. Kisah yang terjadi pada cerpen terjadi karena peristiwa yang menumbuhkan peristiwa tersebut.

Baca juga: Puisi – Puisi Bahasa Inggris dan Artinya

Struktur Cerpen

Pada saat ingin membuat cerpen, kita tidak boleh sembarangan. Seharusnya, membuat cerpen disesuaikan dengan strukturnya sendiri. Cerpen yang baik biasanya terdiri dari beberapa struktur yang diperlukan seperti elemen dasar dan tambahan awalan abstrak. Struktur tersebut sangat diperlukan untuk menyusun sebuah cerpen. Di bawah ini beberapa elemen dasar untuk membangun sebuah cerpen yang perlu kamu simak.

Abstrak: Dalam cerpen, biasanya terdapat abstrak atau penyajian gambar pertama dari cerita yang diceritakan. Dalam cerpen abstrak sering digunakan sebagai pelengkap cerita. Oleh karena itu, ringkasan bersifat opsional atau tidak boleh disertakan dalam cerita.

Orientasi : Dalam bagian orientasi, ini menjelaskan latar cerita, seperti waktu, suasana, tempat/tempat yang akan digunakan dalam penyajian cerpen.

Komplikasi : Seperti namanya, komplikasi yang identik dengan masalah. Bagian ini akan menjelaskan struktur dalam konteks penyajian awal suatu masalah yang dihadapi tokoh. Karakter para tokoh juga dijelaskan pada bagian ini. Selanjutnya, komplikasi juga menjelaskan urutan kejadian dari segi sebab dan akibat.

Evaluasi : Bagian evaluasi dalam cerpen adalah adanya konflik yang berkembang. Konflik yang mulai memuncak dan menemukan solusi dari permasalahan yang muncul.

Resolusi : Di bagian ini, adalah bagian terakhir dari masalah yang muncul dalam cerita. Pada bagian ini terdapat penjelasan oleh penulis tentang cara menyelesaikan masalah karakter.

Koda : Bagian koda adalah pesan moral yang terkandung dalam cerpen yang disampaikan pengarang kepada pembaca. Pesan moral yang disampaikan sesuai dengan sifat cerita.

elements of a story 1

Ciri-Ciri Cerpen

Dalam sebuah cerpen biasanya memiliki ciri-ciri yang menjadi khas sebuah karya sastra cerpen, dimana hal ini menjadi pembeda dengan karya tulis lain.

Pada umumnya cerpen bersifat fiktif atau berupa karangan sang pengarang.

Cerpen tidak lebih dari 10.000 (sepuluh ribu) kata.

Cerpen memiliki cerita yang sangat pendek.

Cerpen memiliki diksi atau pilihan kata yang sederhana sehingga pembaca dapat dengan mudah memahaminya.

Cerpen hanya memiliki satu alur cerita.

Kisah-kisah dalam cerita terutama berasal dari peristiwa dalam kehidupan sehari-hari. Karakter dalam cerita sangat sederhana.

Biasanya ada pesan moral yang sangat mendalam di akhir bagian yang memungkinkan pembaca untuk mengambil hikmahnya.

Contoh Cerpen Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, ada banyak jenis cerpen yang bisa kamu coba. Salah satunya adalah berikut ini:

The Bonded Donkey

In a small village, there lived a potter. He had a donkey. Every day his donkey would carry soil from the field to his house. Since the field was quite far off, the potter would rest under a tree midway, tying his donkey nearby.

One day, the potter forgot to take the rope with which he tied the donkey every day. When he reached the tree, he thought, “How do I tie this donkey today? He might run away if I sleep. “The potter decided to tie down holding the donkey’s ears so that the donkey would not run away.

But this way neither the donkey was comfortable nor the potter was able to take a rest. A saint, who happened to be passing by, saw the potter holding on to the donkey’s ears. Then the saint wanted to know what the problem of the potter was. When the potter told the saint what the problem was, the wise saint said, “Take the donkey to the place where you tie him every day. Pretend to tie him using an imaginary rope. I assure you he won’t run away.” The potter did what the saint had said.

He left the donkey and went to take a nap. When he woke up, to his surprise and relief, he found the donkey standing in the same place.

Soon the potter prepared to leave for home. But the donkey did not move. “What is wrong with this donkey!” exclaimed the potter in frustration.

Luckily, the potter saw the wise saint again. He ran up to the saint and told him about the donkey’s strange behavior. The saint said, “You tied up the donkey, but did you untie him?” Go and pretend to untie the rope with which you had tied the donkey.” The potter followed the saint’s advice.

Now the donkey was ready to leave for home. The potter understood that the donkey was the bonded donkey. The potter thanked the wise saint and went home happily with his donkey.

Demikian pembahasan tentang cerpen bahasa Inggris mulai dari definisi, struktur, ciri-ciri, dan contohnya. Semoga membantu kamu yang sedang mencari informasi tentang itu ya!

Academic English
Academic English

Referensi:

Freepik.com