Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Yuk Belajar Grammar: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

lister blog mei 2022 belajar jenis grammar

Belajar tata bahasa atau grammar memiliki urgensi tersendiri, salah satunya untuk memudahkan percakapan/berkomunikasi baik lewat tulisan dan lisan dalam bahasa Inggris.

Apakah kamu pembelajar bahasa dasar? Yuk pelajari grammar dari pengertian, jenis, dan contohnya berikut ini!

blogpost inggris beasiswa

Pengertian Grammar dan Contohnya

Grammar atau tata bahasa (kata benda) adalah struktur dan sistem bahasa, atau bahasa pada umumnya, biasanya dianggap terdiri dari sintaksis dan morfologi. Atau dalam arti lain, Grammar merupakan struktur penyusunan kalimat. Dengan menggunakan struktur yang benar, sebuah kalimat akan menjadi sempurna. Struktur ini pun digunakan dalam segala bahasa, bukan hanya dalam bahasa Inggris. Dalam bahasa Indonesia, kita mengenal SPOK (Subject, Predikat, Objek, Keterangan).

Jenis Grammar

Grammar dibagikan beberapa jenis, diantaranya adalah universal grammar, basic grammar, dan functional grammar. Jika kamu masih belum tahu perbedaannya, simak ulasan di bawah ini ya!

Universal grammar

Universal grammar (UG) (noun): a theory in linguistics usually credited to Noam Chomsky that suggests that the ability to learn grammar is built into the human brain from birth regardless of language.”

Grammar Universal diartikan sebagai sistem kategori, operasi, dan prinsip teoretis yang dimiliki oleh semua bahasa manusia dan dianggap sebagai bawaan. Hal ini sejalan dengan apa yang dikatakan ahli bahasa Noam Chomsky, grammar universal’ dianggap sebagai himpunan properti, kondisi, atau apa pun yang membentuk ‘keadaan awal’ pelajar bahasa, oleh karena itu menjadi dasar di mana pengetahuan bahasa berkembang.”

Basic grammar

Berbeda dengan Universal Grammar, basic grammar adalah sistem dan struktur bahasa yang membantu memutuskan urutan kata yang kita masukkan dan mana yang akan digunakan.

Ketika kamu berbicara tentang tata bahasa, ada baiknya mengetahui beberapa istilah dasar. Part of speech yang masing-masing memiliki fungsinya sendiri. Diantaranya adalah Verb (kata kerja), Noun (kata benda), Adjective (kata sifat), Adverb (Kata keterangan), Pronoun (kata ganti), Prepositions (kata depan), dan lain-lain.

Functional grammar

Jenis grammar yang terakhir adalah tata Bahasa Fungsional (Functional Grammar) yaitu istilah sekumpulan teori linguistik yang secara umum digolongkan ke dalam linguistik fungsional (linguistic functionalism), termasuk di dalamnya functional discourse grammar yang dikembangkan linguis Belanda, Simon Dik dan systemic functional grammar yang dikembangkan oleh linguis Inggris, Michael A. K. Halliday.

Secara umum, tata bahasa fungsional (TBF) adalah teori yang berusaha menjelaskan susunan bahasa alamiah dari segi fungsionalitasnya.

Sekarang udah paham kan tentang jenis-jenis grammar? Seru ya kalau tahu banyak istilah jenis grammar bahasa Inggris?

Lister menyediakan kelas belajar grammar online yang cocok banget untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu lho. Yuk, tunggu apa lagi? Segera daftarkan dirimu di Lister.