Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Yuk Belajar Grammar dari Universal ke Basic dan Contohnya!

Yuk pelajari grammar bahasa Inggris

Apakah Grammar menjadi hal yang menakutkan tatkala bertemu kelas bahasa Inggris, fellas? Sebenarnya, apa sih hal yang membuat Grammar menjadi hal yang ditakuti?

Padahal belajar Grammar justru sangat menguntungkan lho. Grammar ibaratnya menjadi akar yang menguatkan kamu saat kebingungan menggunakan bahasa target yang kamu pelajari nanti. Sesulit apapun materi grammar yang harus kamu pelajari, ingatlah hal positif yang akan kamu dapatkan ketika berhasil menguasainya. Untuk berhasil mempelajari grammar, coba kenal lebih dalam dulu siapa tahu kamu akan lebih nyaman!

belajar grammar bahasa inggris

Pengertian Grammar

Grammar atau tata bahasa (kata benda) adalah struktur dan sistem bahasa, atau bahasa pada umumnya, biasanya dianggap terdiri dari sintaksis dan morfologi. Atau dalam arti lain, Grammar merupakan struktur penyusunan kalimat. Dengan menggunakan struktur yang benar, sebuah kalimat akan menjadi sempurna. Struktur ini pun digunakan dalam segala bahasa, bukan hanya dalam bahasa Inggris. Dalam bahasa Indonesia, kita mengenal SPOK (Subject, Predikat, Objek, Keterangan).

Macam grammar

Grammar atau tata bahasa dalam bahasa Inggris terbagi menjadi dua macam, yaitu universal grammar dan basic grammar. Namun, seperti apa penjelasan lebih detailnya? Simak selengkapnya di bawah ini!

universal grammar basic grammar

Universal Grammar

Universal grammar (UG) (noun): a theory in linguistics usually credited to Noam Chomsky that suggests that the ability to learn grammar is built into the human brain from birth regardless of language.”

Atau dalam pengertiannya, Grammar Universal adalah sistem kategori, operasi, dan prinsip teoretis yang dimiliki oleh semua bahasa manusia dan dianggap sebagai bawaan. Sebagaimana dengan apa yang dikatakan ahli bahasa Noam Chomsky, grammar universal’ dianggap sebagai himpunan properti, kondisi, atau apa pun yang membentuk ‘keadaan awal’ pelajar bahasa, oleh karena itu menjadi dasar di mana pengetahuan bahasa berkembang.”

Basic Grammar

Berbeda dengan Universal Grammar, basic grammar artinya sistem dan struktur bahasa yang membantu kita memutuskan urutan kata yang kita masukkan dan mana yang akan digunakan.

Ketika kamu berbicara tentang tata bahasa, ada baiknya mengetahui beberapa istilah dasar. Berikut ini disebut part of speech dan masing-masing memiliki fungsinya sendiri. Diantaranya adalah Verb (kata kerja), Noun (kata benda), Adjective (kata sifat), Adverb (Kata keterangan), Pronoun (kata ganti), Prepositions (kata depan), dan lain-lain.

Contoh Grammar

Berikut ini contoh istilah grammar dalam bahasa Inggris diantaranya adalah;

To Be

Bentuk kata kerja jenis To Be biasanya untuk menjelaskan keadaan, yaitu, amis dan areContoh penggunaanya seperti  “we are team” ,“I am happy”, “she is a police woman .” Namun, kata To be tidak bisa digabungkan dengan kata kerja dasar seperti cook yang kemudian menjadi “we are cook” karena penggunaan yang benar harusnya “we are cooking”. 

Part of Speech

Ada delapan jenis part of speech yang dipelajari di bahasa Inggris, namun sebagai contoh saja, tiga jenis kata ini yang akan dipelajari:

  • Kata Benda (Noun), untuk menjelaskan nama tempat, nama orang atau suatu benda.
  • Kata Sifat (Adjective), untuk memperjelas kata benda seperti menambahkan informasi mengenai nama orang atau benda. Contohnya menjelaskan warna, tekstur atau perasaan.
  • Kata Kerja (Verb), untuk menyatakan sebuah tindakan seperti, berlari, mengambil barang, atau berbicara.

Verb Forms

Kata kerja dalam bahasa Inggris bisa dibentuk atau berubah ke dalam empat bentuk yang berbeda. Namun yang akan dipelajari sebagai contoh di sini tiga bentuk kata kerja bahasa Inggris yaitu:

  • Base Form, kata kerja dasar atau kata kerja pertama. Contoh: sing, eat, swim, have, do. Biasanya kata kerja dasar mengikuti kata “to”. 
  • Past Simple, kata kerja kedua. Contoh: ate, sang, had, watched“He ate an entire chicken yesterday”. 
  • Past Participle, kata kerja ketiga. Kata kerja ini digunakan untuk tense yang lebih rumit seperti present perfect. Contoh: “I have never been to Singapore”. Kata been di dalam kalimat merupakan kata kerja ketiga dari be.