Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Universitas Bahasa Asing di Indonesia, Mana Saja?

Universitas Bahasa Asing di Indonesia

Kuliah di jurusan bahasa asing atau bisa mendapat kesempatan belajar bahasa asing biasanya menjadi cita-cita anak kelas Bahasa. Namun, tak terbatas untuk anak bahasa saja, siapapun yang memiliki tekad kuat untuk mempelajarinya bisa menjadi anak bahasa. Apakah kamu salah satunya?

Simak beberapa universitas bahasa asing yang ada di Indonesia beserta alternatif pilihan yang harus kamu tahu!

Daftar Universitas Bahasa Asing

Universitas Indonesia

Jurusan bahasa asing di UI berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya. Ada berbagai jurusan bahasa asing tersedia seperti Bahasa dan Kebudayaan Korea, Sastra Belanda, Sastra Arab, Sastra Cina, Sastra Inggris, Sastra Jepang, Sastra Jerman, Sastra Perancis, dan Sastra Slavia.

Tak sekadar universitas yang ada program Sastra Korea. Jurusan Sastra Korea UI adalah salah satu yang terbaik di Indonesia!

Universitas Gajah Mada

Di mana lagi universitas yang ada Sastra Korea? Fakultas Ilmu Budaya UGM menyediakan beberapa jurusan bahasa asing seperti Bahasa dan Kebudayaan Korea, Sastra Arab, Sastra Inggris, Sastra Jepang, dan Sastra Perancis.

UI dan UGM adalah dua universitas yang memiliki Jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea. Tapi beberapa jurusan bahasa asing yang lain hanya ada di UI. Seperti, Sastra Jerman hanya ada di UI. 

Universitas Diponegoro

Undip, kampus di Semarang ini memiliki program studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang yang tidak kalah bagus lho. Jurusan bahasa asing lain di Fakultas Ilmu Budaya Undip adalah Sastra Inggris. 

Universitas Pendidikan Indonesia

Di UPI, terdapat beberapa program bahasa yaitu Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra UPI yang menyediakan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Jerman, Pendidikan Bahasa Perancis, Bahasa dan Sastra Inggris, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Bahasa Jepang, dan Bahasa Korea.

Universitas Padjajaran

Pasti kamu tidak asing lagi dengan universitas di Bandung yang satu ini bukan? Meskipun tak eksklusif sebagai universitas bahasa asing, Fakultas Ilmu Budaya Unpad juga memiliki beberapa jurusan bahasa asing seperti Bahasa dan Sastra Inggris, Bahasa dan Sastra Perancis, Bahasa dan Sastra Jepang, Bahasa dan Sastra Rusia, Bahasa dan Sastra Jerman, serta Bahasa dan Sastra Arab.

Universitas Sumatera Utara

Tahukah kamu, Fakultas Bahasa di USU disebut sebagai Fakultas Ilmu Budaya. Jurusan bahasa asing di Fakultas Bahasa ini diantaranya adalah Sastra Arab, Sastra Inggris, Sastra Jepang, dan Sastra Cina.

Universitas Airlangga

Ada dua jurusan bahasa asing di Fakultas Ilmu Budaya Unair, yaitu Sastra Jepang dan Sastra Inggris.

Universitas Brawijaya

Jurusan bahasa asing incaranmu tak ada di Unair? Bagaimana dengan UB? Masih di Jawa Timur, tak jauh-jauh dari Unair, Fakultas Ilmu Budaya UB juga punya beberapa jurusan bahasa asing.

Diantaranya ada Jurusan Sastra Inggris, Sastra Jepang, Sastra Cina, Bahasa dan Sastra Perancis, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Bahasa Jepang di UB. 

Itulah beberapa “universitas bahasa asing” yang bisa dijadikan referensi melanjutkan studi. Namun, apabila kamu tidak ingin melanjutkan studi di universitas-universitas di atas, tenang! kamu masih punya pilihan kok.

Lister, Alternatif Universitas Bahasa Asing

Lister adalah platform pembelajaran yang menyediakan kelas kursus bahasa asing secara daring. Setiap kelasnya didesain untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan bahasa mereka.

Lister membantu menghubungkan siswa dengan tutor berkualitas, sehingga mampu menciptakan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Lister berusaha membantu setiap orang dalam kompetisi global, baik untuk menjalani jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau memperoleh pendidikan yang lebih baik.

Saat ini berbagai program telah ditawarkan Lister untuk segala usia dan kebutuhan, mulai dari test preparations (IELTS, TOEFL, GMAT, GRE, maupun SAT), Scholarship Mentoring; Academic Writing, Pelatihan Jurnal Ilmiah, SpeakingAcademic English hingga English for Kids and Teens.

Berbagai pilihan kelas bahasa asing yang tersedia di Lister, seperti bahasa Inggris, Korea, Jerman, Prancis, Arab, Turki, Mandarin, Spanyol, Belanda, Italia, dan Jepang. Tertarik bergabung? Daftar sekarang!