Ujian HSK, Informasi Lengkap dan Persiapanya

ujian HSK

Kursus Persiapan Tes HSK – Jika untuk menguji kemampuan bahasa Inggris diadakan ujian TOEFL maupun IELTS maka untuk menguji tingkat bahasa Mandarin kamu, perlu mengikuti ujian HSK. Selain untuk pendidikan ke negara yang menggunakan bahasa aktif Mandarin, tes ini juga mendukung karir kamu. 

Ujian HSK adalah 

Ujian Hanyu Shuiping Kaoshi (汉语水平考试)  atau yang biasa disingkat menjadi HSK adalah ujian yang digunakan untuk menilai kemampuan bahasa Mandarin seseorang. 

Test HSK ditujukan untuk orang non native atau bukan penutur asli Mandarin. Misalnya turis asing, siswa dan mahasiswa dari luar negeri maupun maupun untuk pekerja yang ingin bekerja di China. 

HSK Test sudah ada sejak tahun 1984  dan diresmikan digunakan untuk pengujian bahasa Mandarin secara internasional di tahun 1992.  

Ujian ini berada di bawah tanggungjawab China National Office for Teaching Chinese as a Foreign Language atau dalam bahasa China disebut Hanban (中国国家对外汉语教学领导小组办公室). 

Ujian ini terdiri dari beberapa level, tentunya semakin tinggi level akan menunjukkan semakin tinggi kemampuan bahasa Mandarin seseorang. 

Yang agak membedakan ujian bahasa HSK dengan ujian bahasa lainnya adalah ujian ini memiliki 2 jenis ujian yang terpisah. 

Dimana ujian lisan (HSKK) akan terpisah dengan ujian tulis (writing, reading dan speaking) namun semuanya perlu disiapkan dengan baik juga. 

baca juga : Mengenal Test Bahasa Jepang JLPT, Pengertiaan dan Penggunaan

Level ujian HSK 

ujian HSK
Ujian HSK | Sumber : xb100 di Freepict

Ujian HSK dibagi menjadi beberapa level. Mulai dari level satu sampai dengan level 6. Semakin tinggi level ujian HSK kamu maka dinilai semakin mahir dalam bahasa Mandarin. 

1. Level 1 

Merupakan ujian Mandarin yang ditujukan untuk pemula dengan kemampuan bahasa Mandarin membaca dan menulis tingkat awal. 

Untuk bisa melalui level ini kamu perlu menguasai 300 kosakata bahasa Mandarin. Kemudian ujiannya akan berisi kegiatan membaca dan mendengarkan. 

Di soal ujian akan diberikan soal gambar untuk kemudian peserta akan menjawab soal tersebut dengan mencocokkan gambar mana yang sesuai dengan yang didengarkan. Begitu juga dengan soal membaca dimana kamu perlu memilih gambar yang tepat sesuai bacaan yang disediakan. 

Ada 40 soal dan peserta memiliki waktu 35 menit untuk menyelesaikan ujian ini. Di Level satu kamu perlu mencapai 120 poin dari total 200 poin agar lulus di ujian HSK level satu ini. 

2. Level 2

Ujian HSK Level 2 masih ditujukan untuk kamu yang pemula dalam bahasa Mandarin. Ujian ini bisa dilewati dengan menguasai 500 kosakata bahasa Mandarin. Dengan jumlah soal 60 soal dan durasi 50 menit. 

Soal yang akan diujikan adalah membaca dan mendengarkan. Dengan jenis soal yang hampir sama dengan level 1 yaitu memilih jawaban sesuai rekaman listening dan juga memilih jawaban yang tepat sesuai soal bacaan. Juga mengisi jawaban yang tepat untuk kalimat rumpang. 

Kamu perlu mendapatkan 120 poin dari total keseluruhan 200 poin agar lolos ke ujian HSK selanjutnya. 

3. Level 3

Level 3 ini sudah sedikit berbeda dengan level di atas, dimana di ujian ini untuk menilai penggunaan bahasa Mandarin untuk komunikasi dasar untuk pekerjaan, pendidikan dan kehidupan sosial. 

Ujian HSK level 3 ini akan menguji kemampuan kamu dalam membaca, menulis maupun mendengarkan dalam bahasa Mandarin. 

Kamu perlu menguasai 1000 kosakata Mandarin agar lolos dalam tes ini. Akan ada 85 soal yang harus diselesaikan dalam waktu 80 menit. 

Kamu perlu mendapatkan minimal 180 poin dari total 300 poin agar bisa lolos tes level ini. 

4. Level 4

Tujuan dari ujian bahasa Mandarin level ini adalah bisa menggunakan bahasa untuk keperluan pendidikan, kerja dan interaksi sosial secara lengkap dan koheren untuk topik yang lebih sulit. 

Kamu perlu menguasai 2000 kosakata Mandarin juga perlu tahu tentang budaya Tiongkok dan kondisi nasionalnya. 

Kamu akan diberikan 100 soal dengan waktu penyelesaian 100 menit. Untuk bisa lolos tes ini, kamu perlu mencapai 180 poin dari 300 poin keseluruhan. 

Untuk soal membaca, mendengarkan dan menulis, memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi daripada level-level sebelumnya. 

5. Level 5

Selanjutnya Level 5 digunakan untuk menguji kemampuan seseorang dalam menggunakan bahasa Mandarin untuk komunikasi sosial yang lancar dan lengkap tentang topik yang kompleks.  

HSK (Level 5) berfokus pada kemampuan kandidat dalam menggunakan bahasa Mandarin untuk melakukan komunikasi sosial yang relatif lengkap, lancar dan efektif mengenai topik-topik kompleks seperti kehidupan, studi, dan pekerjaan.

6. Level 6 

Level 6 ini ujian dilakukan untuk menilai kemampuan bahasa Mandarin seseorang untuk ada di standar profesional. Jadi tujuan level 6 ini untuk menguji apakah seseorang bisa menggunakan bahasa Mandarin untuk keperluan komunikasi profesional yang lancar. Jumlah soal ujian ini adalah 101 soal dengan waktu pengerjaan 135 menit. 

Jadi ada banyak level dalam ujian HSK namun untuk keperluan pendidikan maupun kerja, kamu perlu lolos paling tidak di level 5. Sehingga kamu perlu belajar bahasa Mandarin dengan baik jika ada keperluan meneruskan pendidikan dan pekerjaan di negara yang menggunakan bahasa Mandarin secara aktif. 

artikel terkait : Belajar Huruf dan Angka dalam Bahasa Mandarin

Ujian HSK lisan bahasa Mandarin : HSKK 

Selanjutnya ujian HSK mandarin dibagi menjadi dua yaitu ujian tulis dan ujian lisan. Ujian lisan ini dilakukan secara terpisah dan disebut dengan HSKK. 

Seperti dengan namanya, ujian lisan ini digunakan untuk menguji kemampuan seseorang dalam komunikasi verbal/lisan menggunakan bahasa Mandarin. 

Apa yang perlu disiapkan dalam ujian HSK? 

Dalam menjalani ujian HSK tentunya perlu persiapan yang matang sehingga kamu bisa lolos dengan poin yang baik dan lolos tes bahasa untuk mencapai keinginan dan kebutuhan kamu. 

1. Dokumen persiapan ujian HSK

Sebelum mengikuti ujian HSK, kamu perlu melengkapi syarat dokumen terlebih dahulu. Beberapa dokumen yang dibutuhkan misalnya dokumen identitas, pas foto, dokumen pembayaran dan juga bukti pendidikan jika dibutuhkan. 

Kamu perlu melengkapi semua persyaratan dokumen ini dengan baik sehingga bisa mengikuti ujian HSK dengan baik pula. 

2. Belajar bahasa Mandarin 

Ini merupakan syarat wajib yang perlu dikuasai sebelum mengikuti ujian HSK. Belajar bahasa Mandarin dari tingkat dasar maupun lanjutan sesuai dengan ujian yang akan kamu ambil. 

Untuk kebutuhan pendidikan dan pekerjaan perlu sampai level 5. Sehingga siapkan diri kamu mempelajari kosakata, struktur bahasa, menulis dalam bahasa Mandarin dan lainya dengan baik sebelum mengikuti ujian HSK. 

Persiapan ujian HSK di Lister! 

Persiapan ujian HSK bisa kamu pelajari dengan baik bersama Lister. Lister adalah learning platform yang memberikan layanan kursus berkualitas tinggi. 

Kamu bisa mempelajari bahasa Mandarin dengan maksimal untuk keperluan ujian dengan baik, mudah dan fleksibel bersama tutor terbaik Lister. Sebab salah satu layanan terbaik Lister adalah menggunakan matching method dimana ini adalah metode mempertemukan siswa dengan tutor terbaik yang sesuai. 

Ikuti kursus persiapan tes HSK dari Lister, silahkan pilih tutor terbaik kamu dan juga atur jadwal belajar yang fleksibel sesuai jadwal kamu. Lister akan membantu proses belajar efektif dan maksimal. 

Klaim kode voucher BLOGLISTER10 untuk dapatkan potongan harga pembelian kelas sebesar 10% untuk pembelian kelas minimal satu jutaan. Daftar dan klaim promo sekarang melalui Whatsapp Lister

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.