Cece Artinya: Penggunaan hingga Bedanya dengan Cici

Cece Artinya

Kursus Bahasa Mandarin Sering mendengar kata Cece artinya? Cece merupakan salah satu ungkapan yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, terutama di kalangan masyarakat Jawa Timur, terutama Surabaya. 

Kata ini memiliki makna yang cukup khas dan erat kaitannya dengan interaksi sosial. Beberapa orang mungkin juga bingung dengan perbedaan cece dan cici. 

Dilansir dari beberapa sumber, simak penjelasan seputar cece artinya berikut ini.

Cece artinya

Sebutan cece artinya merupakan berasal dari bahasa Mandarin yaitu JieJie. Artinya adalah kakak perempuan. Dalam bahasa Indonesia, pelafalan sebutan JieJie mirip dengan CieCie. 

Kata sebutan kakak perempuan bahasa Mandarin tersebut kemudian digunakan pada beberapa dialek seperti Hokkian dan Katon. 

Dalam pelafalan bahasa Hokkian, CieCie disebut dengan cici dengan huruf C yang lebih bulat. Di sisi lain, dialek katon menyebutkan kata JieJie dengan C yang lebih tajam yaitu Cece. 

Itulah cece artinya berasal. Cece memang bisa digunakan sebagai sebutan atau sapaan kepada perempuan yang lebih tua.

Sebutan kata Cece tidak hanya banyak dikenal dan digunakan di daerah Jawa Timur tetapi juga Bangka. 

Sebutan cece sering digunakan oleh adik-adik perempuan untuk merujuk kepada kakak perempuan mereka.

Sebutan tersebut menciptakan ikatan yang lebih erat antara saudara-saudara, mencerminkan hubungan yang penuh kasih sayang dan perhatian di antara anggota keluarga.

Penggunaan sebutan cece juga dapat melambangkan kehangatan dan rasa hormat kepada kakak perempuan.

Baca juga: Belajar Huruf dan Angka dalam Bahasa Mandarin

Perbedaan cece dan cici

Seperti yang sudah disebutkan di awal, perbedaan cece dan cici hanya pada pelafalan. Cece menggunakan dialek Katon, dan Cici menggunakan dialek Hokkian. 

Dari penggunaan kedua sebutan kakak perempuan bahasa Mandarin tersebut bisa digunakan dalam konteks informal atau formal di Indonesia. 

Penggunaannya pun cukup luas dan tidak terbatas pada lingkaran hubungan sedarah atau saudara. Namun juga bisa digunkana untuk berinteraksi sosial denagn teman atau kenalan.

Dengan seiring berjalannya waktu, penggunaan cece artinya maupun cici juga melebur menjadi satu untuk menyebut perempuan dengan keturunan Tionghoa. 

Baca juga: 3 Cara Menguasai Percakapan Bahasa Mandarin untuk Pemula

Penggunaan kata cece dalam kehidupan sehari-hari

Jika kamu masih bingung dengan penggunaan kata cece artinya, dalam kehidupan sehari-hari. Ada contoh penggunaannya berikut ini.

  1. Panggilan dalam Keluarga: Cece digunakan sebagai panggilan akrab untuk merujuk kepada kakak perempuan oleh adik-adik perempuan mereka.
  2. Ekspresi Kasih Sayang: Cece juga digunakan sebagai ekspresi kasih sayang antara adik dan kakak perempuan.
  3. Ketika Menceritakan Kejadian: “Tadi siang, cece bilang…” digunakan untuk merujuk kepada ucapan atau peristiwa yang dilakukan oleh kakak perempuan.
  4. Bicara dengan Teman-teman: Dalam percakapan dengan teman-teman, seseorang dapat berkata, “Kemarin cece gue ngajak makan di restoran baru.”
  5. Mengenai Pertanyaan: “Cece udah makan belum?” adalah cara yang umum digunakan untuk bertanya apakah kakak perempuan sudah makan atau belum.

Itulah contoh penggunaan kata cece dan penjelasan seputar perbedaan cece dan cici. Kalau menurutmu, kamu lebih sering menggunakan sebutan cece atau cici?

Kursus Bahasa Mandarin, Wujudkan Karier Cemerlang!

Kemampuan bahasa Mandarin sangat dibutuhkan di dunia globalisasi ini. Untuk meraih peluang lebih luas, kamu dapat mengikuti di Kursus Bahasa Mandarin Pegawai Lister.

Selain itu kamu juga bisa ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo menarik informasi belajar bahasa asing lainnya.

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya.     

Di Lister kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Foto utama oleh Kindel Media di Pexels.

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.