Ucapan “Selamat Datang” dalam Bahasa Jepang

Les Bahasa Jepang – Dalam budaya Jepang, ucapan selamat datang memiliki gaya tersendiri yang berbeda dari negara lain. Jika kamu ingin berkunjung atau melanjutkan studi di sana, ada baiknya kamu juga mempelajari ungkapan-ungkapan yang digunakan sehari-hari di sana. Salah satunya adalah ungkapan untuk mengucapkan “selamat datang” dalam berbagai situasi dan kondisi.

Baca juga: Cara Cepat Belajar Bahasa Jepang, Dijamin Bisa!

bahasa Jepang

Ucapan salam dalam bahasa Jepang merupakan hal yang tidak bisa terlepas dari kehidupan sehari-hari masyarakatnya sendiri sebagai penutur bahasa tersebut. Salam yang diucapkan antar masyarakat Jepang sendiri merupakan dasar untuk menjaga komunikasi, serta keharmonisan hubungan antara individu.

Ada banyak jenis ungkapan salam “selamat datang” dalam bahasa Jepang yang bisa kamu coba fellas. Apa saja?

Salam Saat Memasuki Ruangan dan Meninggalkan Ruangan

Dalam bahasa Jepang, ada beberapa ucapan salam yang selalu diucapkan oleh penutur bahasa Jepang dalam kehidupan sehari-harinya. Salah satu diantaranya adalah ucapan salam yang digunakan saat memasuki ataupun meninggalkan suatu tempat seperti rumah, tempat usaha (seperti: toko), ruangan dan lain sebagainya.

Baca juga:

Bentuk ucapan salam yang digunakan saat memasuki atau meninggalkan suatu tempat tersebut antara lain:

ただ今 tadaima
お帰りなさい okaerinasai
お邪魔します ojamashimasu
失礼します shitsurei shimasu
いらっしゃい irasshai
ごめんください gomenkudasai

Dalam masyarakat Jepang, ucapan salam yang digunakan penutur ketika datang kembali ke rumah adalah tadaima. Tadaima dalam bahasa Indonesia dapat dipadankan dengan, saya sudah datang (kembali ke rumah).
Sebagai balasan, seseorang yang sedang berada di rumah, akan menyambut kedatangan penutur dengan ucapan salam okaerinasai/okaeri. Okaerinasai/okaeri dalam bahasa Indonesia dapat dipadankan dengan, “selamat datang kembali (ke rumah), sebagai salam balasan untuk menyambut seorang yang kembali ke tempat tinggalnya.

Okaerinasai/Okaeri merupakan ucapan salam yang digunakan penutur yang berada di dalam rumah saat menyambut kedatangan seseorang yang kembali pulang ke rumah. Ucapan salam okaerinasai /okaeri pada umumnya diucapkan antar sesama keluarga yang tinggal dalam satu rumah, maupun seseorang yang tidak hubungan darah namun memilliki hubungan keakraban yang dekat dan tinggal bersama. Hubungan antar keluarga misalnya ayah, ibu, anak, sedangkan hubungan diluar itu misalnya seseroang yang tinggal bersama temantemannya dalam satu apartemen dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Bentuk, fungsi dan makna ucapan salam bahasa Jepang khususnya ucapan salam saat memasuki dan meninggalkan suatu tempat (rumah atau ruangan) seperti tadaima, okaerinasai, ojamashimasu, shiturei shimasu, gomenkudasai, and irasshai, memiliki penggunaannya masing-masing yang disesuaikan dengan kondisi dan situasi antara penutur dan lawan tutur.

Selain itu, hubungan antara penutur dan lawan tutur juga sangat memengaruhi penggunaan ucapan salam tersebut. Ucapan salam tadaima dan okaerinasai cenderung digunakan dalam lingkup keluarga atau penutur yang memiliki hubungan dekat, sedangkan salam ojamashimasu, shitsurei shimasu, gomenkudasai dan irasshai cenderung digunakan dalam situasi yang formal.

Share:

Fatimatuzuhroh
Fatimatuzuhroh
A passionate writer who loves reading self-help books!

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

kelas bahasa inggris di solo

Kelas Bahasa Inggris di Solo, Bebas Atur Jadwal

Belajar bahasa Inggris online untuk anak 3-6 tahun dan remaja 10-14 tahun, bisa diikuti. Lembaga kelas bahasa Inggris di Solo, Lister bisa kamu jadikan pilihan utama dalam mengembangkan bahasa si buah hati.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.