Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Serba-serbi Tes Sertifikasi Bahasa Mandarin, Lengkap!

ujian bahasa

Kursus Bahasa Mandarin – Setiap bahasa asing, terutama yang digunakan secara luas di dunia, pasti memiliki ujian sertifikasi tersendiri untuk membuktikan kemampuan berbahasa para non-penutur asli. Termasuk juga dalam bahasa Mandarin yang memiliki tes sertifikasi YCT, HSK, dan BCT.

Jenis-Jenis Tes Sertifikasi Bahasa Mandarin

Ketiga ujian sertifikasi ini sama-sama memiliki tujuan untuk mengukur kemampuan berbahasa Mandarin. Yang membedakan adalah kegunaan dari tiap sertifikat dan tingkat kesulitan tesnya. Berikut adalah penjelasan lebih lengkap perbedaan antara YCT, HSK, dan BCT.

YCT (Youth Chinese Test)

YCT merupakan ujian sertifikasi Bahasa Mandarin dengan tingkatan termudah. Tes ini ditujukkan untuk para pelajar asing, khususnya siswa SD dan SMP, tetapi bisa juga diambil untuk yang usianya lebih tua.

Ujian YCT terbagi menjadi 4 level yang terbagi berdasarkan jumlah kosakata Bahasa Mandarin yang wajib dikuasai.

  • YCT Level 1: 80 kosakata
  • YCT Level 2: 150 kosakata
  • YCT Level 3: 300 kosakata
  • YCT Level 4: 600 kosakata

Youth Chinese Test ini sangat cocok dicoba bagi pelajar bahasa Mandarin pemula yang ingin mengetes kemampuannya. Bisa juga dijadikan pemanasan sebelum mengambil tes ujian dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi seperti HSK atau BCT.

HSK (Hànyǔ Shuǐpíng Kǎoshì)

Tes HSK (Hànyǔ Shuǐpíng Kǎoshì) atau dalam bahasa Inggris disebut Chinese Proficiency Test adalah bentuk tes standar yang digunakan untuk menguji kemampuan berbahasa Mandarin bagi warga asing yang bahasa utamanya bukan bahasa Mandarin. Penyelenggara tes adalah sebuah lembaga milik Kementerian Pendidikan China bernama Hanban.

Ada 6 level untuk memetakan kemampuan peserta. Berikut rinciannya.

  • HSK Level 1

Peserta diharuskan dapat memahami dan menggunakan beberapa hanzi sederhana. Peserta juga diharapkan dapat berkomunikasi menggunakan bahasa Mandarin dalam kehidupan sehari-hari. Jumlah karakter yang dibutuhkan untuk level ini sekitar 200 karakter.

  • HSK Level 2

Peserta diharuskan dapat memahami dan menggunakan bahasa Mandarin dasar untuk melakukan pekerjaan dan rutinitas sehari-hari. Sedikit lebih mahir tingkat kesulitannya dibandingkan level 1. Jumlah karakter yang dibutuhkan untuk level ini adalah sekitar 350 karakter.

  • HSK Level 3

Peserta diharuskan dapat menggunakan bahasa Mandarin untuk keperluan studi dan pekerjaan. Jumlah karakter yang dibutuhkan untuk level ini adalah sekitar 650 karakter.

  • HSK Level 4

Peserta diharuskan dapat berkomunikasi secara lancar dengan penutur asli bahasa Mandarin mengenai berbagai topik. Jumlah karakter yang dibutuhkan untuk level ini adalah sekitar 1100 karakter.

  • HSK Level 5

Peserta diharuskan dapat membaca artikel panjang seperti koran atau majalah dan berpidato dalam bahasa Mandarin. Peserta juga diharapkan mampu memahami film atau drama berbahasa Mandarin. Jumlah karakter yang dibutuhkan untuk level ini adalah sekitar 1750 karakter.

  • HSK Level 6

Peserta diharuskan dapat memahami bahasa Mandarin dalam bentuk apapun dan dapat mengekspresikan dirinya sendiri dengan fasih. Jumlah karakter yang dibutuhkan untuk level ini adalah sekitar 2650 karakter.

Format tes HSK untuk level 1 sampai dengan 4 dibagi dalam empat bagian, yaitu Listening, Reading, Writing, dan pemahaman struktur bahasa. Sedangkan untuk level 5 dan 6, ada bagian yang ditambahkan, yaitu Speaking .

Sertifikat HSK level 3 sampai 4 biasanya digunakan untuk melamar beasiswa atau mendaftar kuliah di universitas yang mensyaratkan. Sementara untuk melamar pekerjaan dibutuhkan minimal sertifikat HSK level 5.

Tes Sertifikasi Bahasa Mandarin
HSK, Tes Sertifikasi Bahasa Mandarin.

BCT (Business Chinese Test)

Seperti namanya, tes sertifikasi BCT ini diperuntukkan untuk para pelaku bisnis atau orang-orang yang ingin menggunakan kemampuan berbahasa Mandarin untuk keperluan bisnis atau pekerjaan. Ujian BCT terdiri dari 5 level.

BCT menitikberatkan pada kemampuan di dunia kerja, sehingga soal-soal ujiannya kebanyakan tentang komunikasi dan interaksi sosial dalam bahasa Mandarin. Selain itu, tidak ada batasan usia atau tingkat pendidikan dalam mengambil tes BCT ini, sebelumnya juga tidak diharuskan untuk belajar bahasa Mandarin di lembaga tertentu.

Level kesulitan jika diurutkan jadi yang termudah adalah YCT, HSK, dan BCT. Jadi sebelum memutuskan akan mengikuti ujian level tertentu, sebaiknya sesuaikan dengan kemampuan diri dan kebutuhan penggunaan sertifikat.