Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Lagu Mandarin Populer Sepanjang Masa, Terkenal juga di Indonesia!

lagu mandarin populer

Kebudayaan China tidak ada habis-habisnya diulik. Agar bisa mengetahuinya secara menyeluruh, kamu bisa mempelajari bahasanya. Caranya dengan mengikuti Kursus Bahasa Mandarin.

Sejumlah lagu Mandarin berhasil menduduki puncak tangga lagu di seluruh dunia. Beberapa di antaranya tergolong lagu Mandarin klasik terpopuler sepanjang masa.

Beberapa lagu berikut pasti pernah kamu dengar, karena popularitasnya di Indonesia. Apa saja? Simak daftarnya berikut ini!

Yuèliàng dàibiǎo wǒ de xīn (月亮代表我的心) – Teresa Teng

Siapa yang tak mengenal lagu Yuèliàng dàibiǎo wǒ de xīn? Tembang yang dipopulerkan Teresa Teng ini bisa dibilang salah satu lagu Mandarin paling populer sepanjang masa.

Jika diartikan, lagu tersebut berjudul “Bulan Mewakili Hatiku”. Lagu ini dirilis pada 1977 oleh Teresa Teng, yang sebenarnya merupakan penyanyi kelahiran Taiwan.

Lǎoshǔ Ài Dàmǐ (老鼠爱大米) – Yang Chengang

Lǎoshǔ Ài Dàmǐ meraih popularitasnya setelahnya diunggah Yang Chengang di internet pada 2004. Yang Chengang sendiri adalah guru musik yang awalnya tidak terkenal.

Setelah mengunggah lagu yang ditulisnya tersebut, nama Yang Chengang melejit dan menjadi sensasi internasional.

Lǎoshǔ Ài Dàmǐ berarti “Tikus Mencintai Padi”. Lagu ini menjadi terkenal karena liriknya yang menarik, yakni “Aku mencintaimu / Seperti tikus mencintai lumbung padi”.

Xiǎo píngguǒ (小苹果) – Chopstick Brothers

Lagu yang berarti “Apel Kecil” ini populer pada 2014. Sejak saat itu, dianggap sebagai salah satu lagu Mandarin paling populer di era modern.

Liriknya yang mudah dan repetitif membuatnya dapat menjadi sarana belajar bahasa Mandarin.

Dāng (当) – Power Station

Power Station adalah band rock asal Taiwan yang populer pada 1997. Mereka dikenal karena penampilan rambut gondrong, yang tidak terlalu umum di China dan Taiwan pada 1990-an.

Power Station mengusung genre rock-ballad yang membuat mereka populer.

Tónghuà (童話) – Michael Wong

Tónghuà berarti “Dongeng”. Lagu tersebut dirilis pada 2005.

Michael Wong sendiri adalah penyanyi keturunan China/Malaysia. Ia dikenal menerbitkan sejumlah lagu Mandarin romantis yang populer di seluruh China.

Wěnbié (吻别) – Jacky Cheung

Wěnbié adalah salah satu lagu paling hits di seluruh Asia pada 1993. Pada masa itu, album Wěnbié terjual lebih dari 5 juta kopi.

Di Taiwan sendiri, album Jacky Cheung terjual lebih dari 1,3 juta kopi yang menjadi salah satu penjualan tertinggi sepanjang masa di negara tersebut.

Wǒ yuànyì (我愿意) – Faye Wong

Seluruh China pasti mengenal Faye Wong. Penyanyi tersebut lahir di Beijing dan pindah ke Hong Kong pada 1987.

Faye Wong diidolakan di seluruh Asia. Jauh sebelum ia terkenal, Faye Wong harus menyembunyikan bakat menyanyinya dari sang ibu. Ibunya menganggap tidak ada karier bagi seorang penyanyi.

Gàobái qìqiú (告白气球) – Jay Chou

Jay Chou adalah penyanyi kelahiran Taiwan. Namanya menjadi sensasi di seluruh Asia, bahkan Amerika Serikat dan Australia.

Sejak menerbitkan album pertamanya pada 2000, Jay Chou membawa namanya dikenal di seluruh negeri. Jay Chou masih aktif sampai sekarang sebagai salah satu penyanyi hits.