Promo Hari Kartini

Diskon hingga 40%

Jam
Menit
Detik
Hubungi Admin kami untuk tahu Promo Terbaru!

Kursus Persiapan TBS LPDP Online

Tingkatkan skill kognitif Anda jelang Tes Bakat Skolastik LPDP! Ikuti panduan belajar yang terarah dari Tutor Berpengalaman Lister!

Lejitkan Skor TBS Melebihi Passing Grade LPDP

TBS (Tes Bakat Skolastik) LPDP merupakan bagian dari serangkaian proses seleksi penerima beasiswa LPDP. Anda akan dihadapkan dengan soal-soal seputar penalaran verbal, numerik, dan logika dan dituntut untuk melewati score tertentu agar dinyatakan lolos serta bisa lanjut ke tahapan seleksi berikutnya. 

Ingin mengoptimalkan diri Anda dalam tes LPDP? Ingin dibimbing langsung oleh Awardee yang telah mengerti seluk beluk tes TBS LPDP? Daftarkan diir Anda dalam Kursus Persiapan TBS LPDP bersama Lister!

ic_mixed_flexible_date@2x

Flexible Schedule

Jadwal kursus yang fleksibel bisa diatur secara mudah

ic_mixed_qualified_tutor@2x

Highly-Qualified Tutors

Seluruh Tutor Lister telah memiliki sertifikat keahlian dan telah diseleksi secara ketat

ic_mixed_guarantee_score@2x-1

Score Guarantee

Dapatkan Garansi Skor untuk program Preparation Test tertentu

ic_mixed_guarantee_score@2x-1

Customized Syllabus

Sesuaikan tema belajar dengan kebutuhan dan level Anda

Kursus Persiapan TBS LPDP di Lister, Perbesar Peluang Lolos Anda!

Deskripsi Program
Lister Persiapan TBS LPDP Online adalah sebuah program persiapan yang dirancang khusus untuk pendaftar beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) yang ingin menghadapi tahapan Tes Bakat Skolastik (TBS). Kursus ini bertujuan untuk membantu para peserta dalam mempersiapkan diri dengan lebih optimal untuk menghadapi tes tertulis yang diujikan.
Karakteristik Siswa
Siswa yang mengikuti program ini biasanya merupakan mereka yang telah mendaftar beasiswa LPDP dan dinyatakan lolos seleksi administrasi dan wajib mengikuti Seleksi Bakat Skolastik (TBS).
Materi Pembelajaran
  • Kemampuan Penalaran Verbal
  • Kemampuan Penalaran Numerik
  • Kemampuan Penalaran Logika & Pemecahan Masalah
  • Tes Kemampuan Penalaran Verbal
  • Tes Kemampuan Penalaran Numerik
  • Tes Kemampuan Penalaran Logika
  • Progress Tests berkala
Previous slide
Next slide

Pilihan Paket Kursus Online Persiapan TBS LPDP

Tersedia pula Paket 8-80 Pertemuan sesuai Kebutuhan Anda!

Kursus TBS LPDP
Trial Class

Banyak Dicari!

Rp399.500

Dapatkan Diskon Terbaik Khusus Bulan ini!

Kursus TBS LPDP
Short Course 1

Rp 1.795.000

Rp1.525.000

Dapatkan Diskon Terbaik Khusus Bulan ini!

Rekomendasi

Kursus TBS LPDP
Short Course 2

Rp2.324.000

Rp1.975.000

Dapatkan Diskon Terbaik Khusus Bulan ini!

Cerita Alumni tentang Kelas Lister

Ratusan siswa telah mengambil kelas kursus persiapan TPA dan berhasil Lolos Seleksi instansi mereka!

TPA Preparation Class

Banyak trik-trik baru supaya lebih cepat menjawab, jadi bagus sekali.

Dyah Lauqul Mizrida
Student Lister

Bahasa Asing Class

Kelas Lister sangat terkenal dan pilihan bahasanya banyak. Kelasnya juga sangat seru.

Gabrielle Davina
Student Lister

TPA Preparation Class

Keren, pengajarnya asik dan enak dalam mengajar, dapat mudah dimengerti

Rizki Fajar Maulana
Student Lister

Sumber Belajar di kelas Kursus Persiapan TPA

Cover-module-TPA

Pesan Kelas Online Persiapan Ujian TBS LPDP Anda Sekarang

Keuntungan Belajar di Lister

Materi Update dan Relevan
Tak perlu khawatir dengan kumpulan modul soal usang yang telah bertahun-tahun disimpan. Lister selalu berkomitmen untuk menyediakan materi dan sumber belajar terbaru yang telah disesuaikan dengan kisi-kisi soal TBS LPDP terbaru tiap tahunnya. Kami juga memiliki tim kurikulum khusus yang akan memantau perkembangan soal TBS dari website resmi Kemenkeu.
Dibimbing oleh Alumni dan Para Ahli
LPDP telah menjadi beasiswa paling populer di Indonesia yang telah melahirkan ribuan alumni yang kini telah sukses di bidang mereka masing-masing. Dalam hal ini, Lister bekerjasama untuk memberikan kesempatan bagi Anda mendengarkan secara langsung bagaimana tes TBS yang sesungguhnya dan hal-apa saja yang penting untuk Anda perhatikan sebelum dan selama tes.
Bebas Atur Jadwal Belajar
Menyadari kesibukan tiap siswa yang berbeda, Lister mendesain kelas online nya secara private sehingga memudahkan masing-masing siswa untuk mengatur jadwal belajar mereka sesuai kenyamanan.
Previous slide
Next slide

Tutor Profesional Lister

Pengajar terbaik kami siap membantu Anda

Rahman Nul Hakim

M. Ikhsan Sahal Guntur

Bernadia Branita Mahisi

Alur Pendaftaran Kelas

Registrasi

Pilih Paket

Konfirmasi Pembayaran

Pilih Jadwal Kelas

Mulai Belajar

Siapkan Ujian TPA BUMN dari Sekarang!

Bersiaplah untuk mendapatkan skor tinggi sesuai harapan Anda!

Makin Hemat dengan Kode Promo!

Dapatkan Kode Promo untuk pembelian Anda khusus hari ini!

Informasi Seputar Kursus Persiapan TKD BUMN & Tes Akhlak

Lulus dengan Mengikuti Kursus TPA

Mengenal Kursus TPA

            Tes TPA atau Tes Potensi Akademik, merupakan tes yang sangat dikenal di Indonesia. Karena tes ini digunakan untuk banyak hal, seperti syarat masuk perguruan tinggi, syarat untuk melamar pekerjaan baik di perusahaan swasta, BUMN, maupun instansi pemerintah. Tes TPA menyerupai dengan GRE (Graduate Record Examination) bila dalam dunia internasional. Tujuan dari tes TPA ini sendiri untuk mengukur tingkat kecerdasan (intelektual) seseorang yang berkaitan dengan objek kata, angka, dan gambar.

            Tes TPA di Indonesia diselenggarakan oleh 3 lembaga, antara lain:

Program Pascasarjana Universitas tertentu, yang dilakukan secara independen. Biaya tergantung pada universitas masing-masing.
Unit Pelayanan Penyelenggaraan Tes Potensi Akademik (UPP-TPA) yang diselenggarakan oleh Bappenas bekerjasama dengan Program Pascasarjana Universitas tertentu atau sering juga disebut sebagai TPA OTO Bappenas. Biaya untuk mengikuti tes ini berkisar antara Rp. 250.000 – Rp. 1.200.000, bergantung pada lokasi tes.
Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) dalam koordinasi Pusat Layanan Test Indonesia atau kita sering sebut dengan tes TKDA atau Test Kemampuan Dasar Akademik. Biayanya mulai dari Rp. 250.000.
 Sturktur Soal TPA

            Seperti dijelaskan sebelumnya, tes TPA memiliki beberapa tujuan, atau dibagi dalam dua tujuan utama yaitu untuk syarat masuk ke sekolah menengah dan perguruan tinggi (pendidikan) dan untuk syarat melamar pekerjaan. Sehingga, tes TPA ini memiliki jenis soal yang berbeda-beda, tergantung dari tujuan dan pihak penyelenggara tes TPA.

            Soal TPA yang dikerjakan oleh mereka yang bertujuan untuk masuk ke perguruan tinggi berbeda dengan soal TPA yang dikerjakan oleh mereka yang berencana mengikuti tes penerimaan kerja di BUMN maupun CPNS. Sehingga, fokus pembelajarannya pun sudah pasti berbeda. Namun, rata-rata tes TPA yang diadakan di Indonesia, terdiri dari:

Tes verbal yang dilakukan untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam hal kata dan bahasa. Seperti sinonim (persamaan kata), tes padanan hubungan kata, tes antonim (lawan kata), tes pengelompokan kata, tes analisa pernyataan dan kesimpulan (silogisme),  tes logika umum, dan tes logika cerita.
Tes angka yang dilakukan untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam hal merespon angka dengan rangka berpikir terstruktur dan logis matematis. Seperti tes aritmetik, tes seri angka, tes seri huruf, tes angka dalam cerita, dan tes logika angka.
Tes figural untuk mengetahui respon seseorang saat diberi gambar, melalui penggunaan simbol dan diagram.

Jumlah soalnya pun berbeda antara pihak penyelnggara yang satu dengan yang lain. Total soal tes TPA OTO Bappenas yang diselenggarakan oleh Bappenas terdiri dari 250 soal dengan durasi pengerjaan soal 3 jam. Tes TPA ini dibagi menjadi 3 bagian yaitu, yaitu tes kemampuan verbal, tes numerik, dan tes penalaran.

Sedangkan soal tes TKDA yang diselenggarakan oleh HIMPSI terdiri dari 130 soal dengan durasi pengerjaan selama 90 menit. TKDA juga terbagi menjadi 3 bagia soal yaitu tes kemampuan verbal, tes kemampuan numerik dan tes kemampuan figural.

Skor yang dipersyaratkan setiap instansi atau lembaga atau organisasi berbeda-beda, tergantung dari tujuan tes TPA. Untuk tes TPA secara umum memiliki skor antara dari 200 sampai dengan  800.

Biasanya skor TPA yang dibutuhkan untuk mengikuti program beasiswa yang diselenggarakan oleh Proyek DUE  adalah 550. Untuk anda yang sedang mengikuti seleksi masuk program pasa sarjana perguruan tinggi, setidaknya harus memiliki skor antara 450-500 dan untuk seleksi program doktoral (S3), skor TPA yang dipersyaratkan adalah 550-600. Dan lain sebagainya, semua tergantung pada tujuan dan pihak penyelenggara tes.

Bagi anda yang berencana mengikuti tes TPA, sebelum anda mempersiapkan diri anda, anda perlu mencari tahu dulu jenis soal tes TPA yang akan anda kerjakan. Misal, bila ingin masuk program pasca sarjana sebuah perguruan tinggi, maka cobalah mencari informasi dan melatih dengan soal-soal yang biasanya memang digunakan untuk syarat masuk program pasca sarjana sebuah perguruan tinggi.

Bagi anda yang berencana untuk mengikuti CPNS atau seleksi penerimaan karyawan BUMN, maka carilah soal dan berlatih soal tes TPA yang khusus CPNS atau khusus penerimaan BUMN, agar anda tidak salah dalam mempersiapkan diri.

Kursus TPA untuk Memfokuskan Persiapan Tes TPA

Daripada anda salah dalam persiapan yang dilakukan sendiri, ada baiknya anda mengikuti kursus TPA. Lembaga kursus TPA pasti akan menanyakan tujuan anda mengikuti tes TPA. Apakah untuk pendidikan atau pekerjaan? Pendidikan pun akan dibagi lagi menjadi program pasca sarjana atau program doctoral? Dan pekerjaan pun akan terbagi lagi menjadi swasta, BUMN atau CPNS?

Sehingga lembaga kursus TPA bisa mengarahkan anda pada jenis kursus TPA yang sesuai dengan kebutuhan anda. Setiap lembaga kursus juga memberikan paket yang berbeda, ada paket kursus kilat 1 hari saja, ada paket kursus yang terbagi dalam beberapa hari. Sekali lagi, tergantung tujuan anda mengikuti tes TPA.

Dengan mengambil kursus TPA, anda akan diberikan modul yang lebih terspesifikasi pada kebutuhan anda. Beberapa lembaga kursus juga ada yang mengadakan simulasi tes TPA kepada para peserta kursusnya. Tujuannya:

Agar calon peserta tes TPA memahami struktur soal yang akan mereka kerjakan saat tes TPA yang sesungguhnya.
Untuk mengetahui dan memetakan kelebihan dan kekurangan peserta kursus TPA, sehingga lembaga kursus TPA bisa memberikan perhatian khusus pada perbaikan kelemahan anda.
Anda pun akan lebih percaya diri saat mengerjakan tes TPA yang sesungguhnya. Karena anda sudah melakukan persiapan yang tepat.
Sebagai investasi masa depan. Bila anda lulus dengan skor yang dipersyaratkan oleh perguruan tinggi atau institusi pekerjaan yang anda tuju, maka anda akan mendapatkan kesempatan yang jauh lebih besar untuk diterima menjadi karyawan BUMN atau PNS.

Bila anda tidak cocok dengan waktu kursus TPA dari lembaga kursus TPA pilihan anda, anda bisa minta untuk mengambil kursus TPA secara privat atau pribadi. Mereka juga menyediakan fasilitas ini. Durasinya pun sama dengan yang paket regular, hanya berbeda pada biaya yang lebih mahal.

Mengikuti kursus TPA, sudah pasti anda akan mendapatkan modul dari lembaga kursus TPA. Modul ini lebih tepat dan fokus dibanding anda membeli sendiri modul tes TPA di toko buku atau mengunduh dari internet.

Ingat, format soal dan durasi pengerjaan soal tes TPA berbeda-beda. Semuanya tergantung pada tujuan anda mengikuti tes TPA tersebut. Jadi, pilihlah yang pasti-pasti saja.

Rekomendasi Program Lainnya

IELTS PREPARATION

Intermediate B2

Kursus IELTS Preparation Online – Garansi IELTS 7.5

TOEFL iBT PREPARATION

Intermediate B2

Kursus TOEFL IBT Online – Siap Kuliah di Luar Negeri dengan Skor IBT Tinggi

JOB INTERVIEW

Basic A2

Kursus Job Interview Online – Mudah Lalui Fase Interview, Semakin Dekat dengan Perusahaan Impian

BUSINESS ENGLISH

Basic A2

Kursus Business English Online – Bahasa Inggris Dunia Kerja, Bisa Praktik Sekaligus 
"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.