Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Suki Artinya Apa? Tak Bisa Sembarang Diucapkan di Jepang!

suki artinya

Kamu yang ingin fasih berbahasa Jepang wajib mempraktikkannya secara langsung. Untuk itu, kamu disarankan mengikuti Kursus Bahasa Jepang yang diampu tutor-tutor ahli dan terpercaya.

Pernahkah kamu mendengar kata bahasa Jepang suki? Kata ini banyak diketahui, walaupun tidak sembarang diucapkan di berbagai situasi. Berikut penjelasannya.

Suki Artinya Apa?

Suki (好き) adalah kata bahasa Jepang yang berarti “suka”. Kata ini biasa digunakan saat membicarakan orang, hobi, atau benda yang disukai.

Kata ini banyak digunakan dalam anime atau di kehidupan nyata, seperti saat mengungkapkan perasaan suka kepada seseorang. Suki kurang memiliki tujuan romantis dibandingkan daisuki atau aishiteru.

Suki dapat berarti “suka” atau “sayang” sekaligus. Bahkan kata ini banyak digunakan sebagai pengganti bahasa Jepang aku cinta kamu.

Penulisan Suki

Suki dapat ditulis menggunakan kanji maupun hiragana. Namun kata tersebut lebih banyak ditulis menggunakan kanji.

Kanji Suki

好き 

Hiragana Suki

すき

Penggunaan Suki dalam Kalimat

Bagaimana menggunakan kata suki dalam kalimat? Perhatikan beberapa contoh berikut.

好き!

Suki!

– Aku menyukaimu! / Aku menyukai itu!

寿司が好き!

Sushi ga suki!

– Aku menyukai sushi!

ロックが好き。

Rokku ga suki.

– Aku menyukai musik rock.

Tidak Sembarangan Diucapkan

Orang Jepang tergolong konservatif dan tertutup terhadap perasaan mereka. Mereka bahkan belum tentu mengucapkan “aku mencintaimu” kepada pasangan mereka seumur hidup.

Demikian pula dengan kata-kata “aku menyukaimu” atau “aku menyukai hal itu” di Jepang. Walaupun kata-kata ini sering kita dengar sehari-hari, orang Jepang bahkan tidak ingat kapan terakhir kali mereka menggunakan kata suki (好き).

Mengucapkan kata-kata “aku menyukaimu” adalah momen besar bagi orang Jepang. Maka dari itu, mengawali suatu hubungan dengan kata suki (好き) terasa lebih pantas daripada menggunakan aishiteru (愛してる).

Maka dari itu suki dapat diartikan sebagai “suka” atau “sayang” sekaligus.