Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Sudah Tahu Apa itu IELTS? Yuk Ikut Preparation-nya

apa itu ielts

Ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri? Maka kamu wajib mempersiapkan diri dengan kemampuan berbahasa Inggris yang dibuktikan dengan skor IELTS. Untuk itu, kamu bisa mempersiapkan diri dengan mengikuti Kursus IELTS.

Bagi kamu yang hendak mengikuti penilaian ini, sudah tahukah apa itu IELTS? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Apa itu IELTS?

IELTS adalah singkatan dari International English Language Testing System. IELTS merupakan sistem penilaian kemampuan berbahasa Inggris.

IELTS didesain untuk membantu pesertanya bekerja, melanjutkan pendidikan, atau bermigrasi ke negara-negara di mana bahasa Inggris merupakan bahasa native.

Negara-negara yang menerapkan penilaian IELTS termasuk Australia, Kanada, Selandia Baru, Inggris, dan Amerika Serikat.

IELTS diselenggarakan British Council, IDP: IELTS Australia, dan Cambridge Assessment English.

Saat mengikuti IELTS, kemampuanmu mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Inggris akan diuji.

IELTS diukur dalam skala 1-9. Jika peserta mendapatkan skor 9, artinya ia benar-benar kompeten di semua bidang.

Untuk program sarjana, dibutuhkan band scale 6.0-6.5. Sementara itu untuk program pascasarjana dibutuhkan band scale 7.0-7.5.

Mengapa Mengikuti IELTS?

Jika kamu ingin bekerja, tinggal, atau melanjutkan pendidikan di negara-negara berbahasa Inggris, maka kamu harus bisa menunjukkan kemampuan berbahasa Inggris yang mumpuni.

Bahasa Inggris adalah bahasa ketiga yang paling banyak digunakan di dunia, dengan 379 juta penutur di seluruh dunia.

Mampu menggunakan bahasa native di negara tempat kamu tinggal memiliki banyak keuntungan. Hal ini juga penting agar dapat memperoleh kesempatan kerja yang baik dan melebur dalam masyarakat.

IELTS adalah tes paling populer bagi mereka yang hendak bermigrasi ke Australia, Kanada, Selandia Baru, dan Inggris. IELTS diakui secara global oleh lebih dari 11.000 pemberi kerja, universitas, sekolah, dan badan imigrasi, termasuk 3.400 institusi di Amerika Serikat.

Penyelenggaraan IELTS

IELTS diadakan mulai sejak 1989. Tes ini diadakan sekitar empat kali dalam sebulan atau sampai 48 kali dalam setahun. Skor IELTS valid untuk 24 bulan.

Dalam tes IELTS, jawaban ditulis tangan. Terdapat empat modul yang digunakan, yakni reading, writing, listening, dan speaking.

Pada seksi speaking, peserta akan diminta berbicara untuk dinilai seorang penguji. Seksi speaking berlangsung selama 12-14 menit.

Pengujian IELTS berlangsung selama 2 jam 45 menit.

IELTS Preparation

Sebelum menjalani IELTS, peserta dapat mengikuti IELTS Preparation. Kursus ini bertujuan mempersiapkan peserta dalam mengikuti IELTS.

Kursus ini berbeda dengan kursus bahasa Inggris pada umumnya. IELTS Preparation biasanya diambil siswa yang sudah di level intermediate dalam berbahasa Inggris.

Jika peserta merasa belum mencapai level tersebut, disarankan mengikuti kursus bahasa Inggris umum terlebih dahulu.

Salah satu media pembelajaran yang digunakan dalam IELTS Preparation adalah E-Book Persiapan IELTS.

Dalam IELTS Preparation, siswa akan dibantu memprediksi skor, memahami skill dan strategi yang dibutuhkan untuk mengerjakan tes, hingga akhirnya mampu meraih skor yang ditargetkan.