Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Strategi dan Tips Kuasai Academic Reading and Writing

Academic writing dan writing definition

Tahukah kamu?

Membaca materi akademik tentu sangat berbeda dengan membaca untuk kesenangan/hobi. Membaca akademik adalah proses aktif yang lebih dari sekadar membaca dan menyoroti teks saja. Kamu perlu berinteraksi dengan teks dengan membuat catatan, membuat hubungan antara teks dan apa yang sudah kamu ketahui atau alami, dan mengajukan pertanyaan kritis tentang materi yang kamu baca.

Penulisan akademis membutuhkan waktu – termasuk menyisihkan waktu untuk menulis draf pertama yang kamu cek kembali untuk dibaca dengan otak yang lebih fresh. Hal ini akan meningkatkan kejelasan, organisasi ide, pilihan kata, tata bahasa, dan elemen lainnya.

Daripada bingung, yuk simak tips menguasai academic reading dan academic writing di bawah ini!

Strategi dan Tips Kuasai Academic Reading

  • Sebelum membaca, periksa struktur keseluruhan buku atau artikel untuk melihat bagaimana buku atau artikel itu disatukan. Kemudian baca pendahuluan dan kesimpulan dengan cermat sehingga kamu mengetahui tesis dan kesimpulan utama sebelum membenamkan diri ke dalam detail. Persiapan ini akan membantu kamu menempatkan bagian-bagian yang sulit ke dalam konteks keseluruhan.
  • Untuk memahami kalimat yang sangat kompleks, mulailah dengan mencari subjek utama dan kata kerja utama. Kedua komponen ini akan memberi kamu gambaran dasar tentang apa kalimat itu.
  • Ketika kamu menemukan konsep atau kata yang tidak dikenal, analisis konteksnya untuk menentukan artinya.
  • Pisahkan kalimat atau paragraf menjadi komponen-komponennya untuk melihat ide-ide apa yang dihubungkan dan bagaimana caranya.
  • Ingatlah bahwa tidak perlu memahami setiap nuansa setiap kalimat sebelum melanjutkan ke yang berikutnya. Jika kalimat atau konsepnya tetap tidak jelas, buat tebakan yang cerdas dan lanjutkan membaca. Uji pemahaman kamu untuk melihat apakah itu cocok dengan sisa diskusi. Jika tidak, revisi.
  • Jika kamu masih mengalami masalah dengan kata-kata atau konsep-konsep dan itu adalah inti dari bacaan kamu, carilah di kamus khusus.

Strategi dan Tips Kuasai Academic Writing

  • Jika kamu khawatir tentang tata bahasa atau keterampilan mengedit dan merevisi kamu, hadiri CTL’s English Language Development Support (ELDS) workshop yang menargetkan keterampilan khusus ini.
  • Ringkaslah konsep-konsep penting dari kuliah dan buku teks kamu sehingga terbiasa dengan terminologi kunci dan dapat menggunakan istilah-istilah ini dalam tulisan kamu.
  • Berpartisipasilah dalam program Reading and Writing Excellence (RWE), yang memungkinkan kamu membaca dan menulis tentang teks dari kursus kamu.
  • Rencanakan dengan hati-hati ketika kamu mungkin memerlukan janji CTL Writing Support. Janji temu dibuka untuk pemesanan satu minggu sebelumnya.

Demikian penjelasan lengkap mengenai “Strategi dan Tips Kuasai Academic Reading and Writing”, semoga membantu kamu membuat teks academic writing maupun menghadapi academic reading ya! Kamu juga bisa gabung di Kelas Academic Writing untuk belajar bersama tutor yang sudah berpengalaman di bidangnya. Daftar sekarang!