Smart Cities adalah Masa Depan, Bagaimana Penerapannya?

smart city adalah

Kemampuan berbahasa asing terus menjadi tuntutan untuk menghadapi perkembangan zaman. Untuk itu, kamu bisa mengambil kelas bahasa asing di Lister for Company.

Salah satu bukti perkembangan era modern adalah munculnya konsep smart cities. Konsep ini dianggap sebagai masa depan dunia. Siapkah kamu menghadapi smart city?

Apa itu Smart City?

Smart cities adalah kota yang mengimplementasikan teknologi informasi demi mendukung operasional pemerintahan.

Dengan penerapan smart city, fungsi kota dapat dioptimalkan. Pertumbuhan ekonomi dapat terus didukung menggunakan teknologi analisis data, sehingga pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan warga.

Tujuan Menerapkan Smart City

Setiap tahunnya populasi masyarakat dunia terus meningkat, terutama di kota-kota besar. Hal ini menimbulkan kendala dalam tata kelola kota.

Untuk mengatasinya, berbagai pemerintahan negara dan kota memastikan kebutuhan warga dan keberlanjutan lingkungan dapat terpenuhi. Caranya adalah dengan mengintegrasikan teknologi dalam kehidupan warganya.

Penerapan Smart City dengan Memanfaatkan Internet of Things (IoT) dan Big Data

Dalam praktiknya, smart city memanfaatkan Internet of Things (IoT), perangkat lunak, dan jaringan komunikasi. Namun hal yang paling utama adalah IoT.

IoT merupakan sistem perangkat komputasi, mesin mekanik, objek, atau orang yang dilengkapi dengan alat identifikasi unik. Alat tersebut mampu melakukan transfer data menggunakan jaringan tanpa perlu interaksi antara manusia dengan komputer.

Selain IoT, diperlukan big data untuk menerapkan smart city. IoT akan mengumpulkan big data untuk diproses dan diterapkan dalam layanan yang ada di smart city.

Dengan adanya IoT dan big data, penerapan smart city memungkinkan kualitas kinerja pemerintahan dan layanan kepada masyarakat. Selain itu, biaya operasional dapat ditekan.

Contoh penerapan smart city yaitu infrastruktur pintar (penerangan jalan yang terhubung), manajemen energi pintar, manajemen water pintar, dan layanan pemerintahan pintar.

Share:

Brigitta Winasis
Brigitta Winasis
A lifetime learner, a magical world wanderer through books and stories. Writing for professional purposes and personal interests.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

Kosa Kata Bahasa Korea Sehari-hari

100 Kosa Kata Bahasa Korea Sehari-hari, Lengkap dengan Artinya

Kamu perlu belajar kosa kata bahasa Korea sehari-hari penting untuk berkomunikasi dengan lancar saat berlibur di sana. Mulai dari sapaan hingga ungkapan umum seperti berterima kasih. Sederet kumpulan kata bahasa Korea ini bisa kamu lafalkan dan hafalkan dengan mudah.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.