Mengetahui Lebih Jauh Seputar Perbedaan Fiksi dan Non Fiksi

Perbedaan fiksi dan non fiksi

Salah satu materi dalam kelas bahasa Indonesia, ada pembelajaran seputar perbedaan fiksi dan non fiksi. 

Keduanya merupakan bentuk karya seni yang bisa ditemukan dengan mudah. Teruntuk kamu yang sedang ingin merangkai sebuah cerita dan ingin menggunakan salah satu dari kedua jenis karya tersebut. 

Penjelasan tentang bedanya tulisan fiksi dan non fiksi bisa kamu baca. 

Apa itu Fiksi?

Fiksi merupakan bentuk tulisan atau karya seni yang berisikan karakter dan cerita imajiner. Bukan hanya tulisan, tetapi fiksi bisa ditemukan dalam bentuk lain seperti drama, film, hingga puisi. 

Tujuan dari karya fiksi adalah untuk menghibur, menggerakkan, hingga menginspirasi para penonton. 

Dalam karya seni fiksi, para pencipta atau penulis menggunakan imajinasi dalam pikirannya untuk menciptakan dunia hingga karakter yang tidak ada dalam dunia nyata. 

Karya fiksi tidak bertujuan untuk menyampaikan informasi yang berisikan faktual, tetapi hanya sebatas memberikan kebebasan bagi para penulis dalam mengekspresikan kemampuan berpikir kreatif. 

Apa itu Non Fiksi?

Berbanding terbalik dengan karya non fiksi. Karya seni tersebut lebih fokus pada fakta dan realitas dunia nyata. Berbeda dengan fiksi yang tidak ada dalam kenyataan. 

Teks non fiksi biasa dibuat dari kejadiaan yang sebenarnya atau diangkat dari hasil penelitian, pengamatan, dan pengalaman pribadi seseorang. 

Tujuan dari teks non fiksi adalah memberikan fakta atau menyampaikan pengetahuan yang bisa dibenarkan dan dipertanggung jawabkan. 

Jenis teks non fiksi meliputi teks laporan, biografi, jurnal ilmiah, hingga artikel berita. 

Tidak sama dengan pembuat karya seni fiksi, non fiksi dibuat berdasarkan analisis data, wawancara, dan pengamatan. Hal tersebut yang menjadi perbedaan utama antara non fiksi dan fiksi. 

Contoh tulisan fiksi 

  • “Di sebuah hutan tropis yang lebat, seorang petualang dibuat penasaran dengan cahaya bersinar dari pintu ajaib yang bisa membawanya ke dalam dunia baru penuh misteri.” 
  • “Ada kota padat penduduk yang tenggelam karena diterjang ombak. Hidupkan seorang detektif yang berhasil selamat dan bertahan hidup. Namun, ia berseteru dengan bayangan misterius yang belum pernah ia temui sebelumnya.”
  • “3.500 tahun di masa depan, seorang anak sedang bertarung melawan pasukan alien yang ingin menguasai bumi. Seketika nasib umat manusia bergantung dengannya.”

Contoh tulisan non fiksi 

  • “Menurut laporan pihak Imigrasi, ada sekitar 70 warga negara asing yang tinggal di Pacitan, Jawa Timur.” 
  • “Penelitian yang diungkap Universitas terkenal di Amerika mengungkapkan bahwa olahraga teratur bisa menurunkan resiko serangan jantung.”
  • “Studi ilmiah terkini mengungkap bahwa konsumsi makanan tinggi serat seperti buah, sayuran, dan biji-bijian dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan menjaga kesehatan pencernaan.”

[Kode Promo] Kursus BIPA, Cek Diskon !

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Indonesia adalah menguasai bahasanya. 

Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti di Kursus BIPA atau Kursus Bahasa Indonesia For Foreign Speaker Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik lainnya.Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

Kelas Bahasa Inggris di Solo, Bebas Atur Jadwal

Belajar bahasa Inggris online untuk anak 3-6 tahun dan remaja 10-14 tahun, bisa diikuti. Lembaga kelas bahasa Inggris di Solo, Lister bisa kamu jadikan pilihan utama dalam mengembangkan bahasa si buah hati.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.