Apa itu Majas? Gaya Bahasa yang Menarik

apa itu majas

Sedang mencari definisi apa itu majas untuk tugas bahasa Indonesia? Secara singkat, majas merupakan gaya bahasa yang digunakan untuk menarik perhatian pembaca. 

Salah satu majas yang mungkin umum digunakan adalah darah daging untuk menyebut anggota keluarga dekat. Simak penjelasan lebih jauh seputar apa itu majas. 

Baca juga: Mengetahui Lebih Jauh Seputar Perbedaan Fiksi dan Non Fiksi

Apa itu Majas?

Seseorang tidak akan terlepas dari bahasa saat berkomunikasi. Penggunaan bahasa hampir tidak bisa dihindari dalam kehidupan sehari-hari. 

Salah satu gaya bahasa atau ciri khas bahasa yang biasa digunakan adalah majas. Secara umum, majas memiliki arti sebagai gaya bahasa yang digunakan untuk memikat perhatian lawan bicara atau pembaca. 

Detailnya, majas adalah gaya bahasa untuk memberikan efek imajinatif pada setiap ucapan atau tulisan. Majas biasa digunakan untuk memperkuat atau menarik daya tarik seseorang. 

Pemilihan kata yang digunakan untuk membuat majas tidak sembarangan agar bisa memberikan ungkapan yang berkesan dan bermakna. 

Baca juga: Beberapa Kosakata Belanda Ini Mirip Bahasa Indonesia, Apa Saja?

Jenis Majas 

Secara garis besar, ada tiga jenis majas yang bisa kamu gunakan untuk berbahasa sehari-hari. 

Majas perbandingan

Majas perbandingan adalah majas yang digunakan untuk memberikan pembanding atau perumpamaan. Dalam majas ini, suatu objek atau konsep dibandingkan dengan objek atau konsep lain yang memiliki kesamaan atau perbedaan tertentu.

Majas ini biasa menggunakan nama binatang, tanaman, hingga pemandangan alam. 

Contoh majas perbandingan dalam bahasa Indonesia. 

  1. Cinta pasangan paruh baya itu bak bunga mekar di musim semi.

Artinya, dalam kalimat ini, cinta dua orang dibandingkan dengan mekar nya bunga di musim semi, menunjukkan betapa indah dan segar perasaan cinta mereka.

  1. Masa depannya sungguh terang seperti matahari yang menyinari dunia.

Artinya, majas tersebut digunakan untuk untuk menggambarkan sesuatu yang sangat terang atau bersinar dengan kejelasan yang sangat tinggi.

  1. Dia lari sangat cepat seperti kilat melintasi langit.

Kalimat tersebut berarti suatu objek atau peristiwa bergerak dengan kecepatan yang luar biasa cepat, sebagaimana kilat yang melintas dengan cepat di langit.

Majas pertentangan 

Majas pertentangan biasa juga dikenal sebagai majas antitesis atau majas kontras. Majas tersebut terdiri dari penggunaan kata atau frasa yang memiliki makna berlawanan dalam sebuah atau ungkapan. 

Jenis majas yang satu ini digunakan untuk menciptakan efek perbandingan yang kuat dari dua hal yang mencolok. 

Contoh majas pertentangan dalam bahasa Indonesia. 

  1. Senyum manis di balik air mata pahit.

Majas tersebut bisa digunakan untuk seseorang yang sedang menunjukkan senyuman yang manis atau ceria di luar, meskipun sebenarnya mereka sedang mengalami kesedihan. 

Cara tersebut bisa digunakan untuk menyampaikan pesan bahwa seseorang mampu menyembunyikan atau menutupi emosi negatif mereka dengan senyuman, mungkin karena mereka ingin menunjukkan ketegasan. 

  1. Hatinya beku, tangan hangat memeluk. 

Arti dari kalimat “Hatinya beku, tangan hangat memeluk” adalah bahwa meskipun seseorang memiliki hati yang dingin, keras, atau tertutup, ada seseorang atau sesuatu yang memberikan kehangatan, kelembutan, atau dukungan emosional kepada mereka.

  1. Kesunyian hening, gemuruh berisik.

Secara lebih luas, ungkapan ini dapat mencerminkan kompleksitas kehidupan dan fakta bahwa ada banyak hal yang terjadi tidak seperti yang terlihat. 

Kalimat ini menyatakan bahwa ada sisi yang tidak terlihat atau tidak terduga yang selalu ada di balik sisi hening atau bahagia. 

Majas anakronisme

Jenis majas yang terakhir ini memiliki arti sebagai ungkapan yang tidak sesuai waktu kejadian sebenarnya. 

Majas anakronisme sering digunakan dalam karya sastra atau seni untuk memberikan efek kejutan, humor, atau untuk menyampaikan komentar tentang perubahan zaman atau perbedaan antara masa lalu dan masa sekarang. 

Contoh majas anakronisme dalam bahasa Indonesia adalah,

  1. Dalam dongeng itu, peri menggunakan mesin waktu untuk menyelamatkan pangeran.
  2. Di zaman perang dunia pertama, mereka berkomunikasi lewat telepon genggam.
  3. Seorang prajurit mengenakan topi baseball saat perang dunia kedua. 

Setelah mengetahui seputar majas, kamu bisa menggunakannya dengan benar untuk kehidupan sehari-hari. Melalui penggunaan majas kamu bisa meningkatkan daya tarik dan ciri khas berkomunikasi baik lisan atau tulisan. 

[Kode Promo] Kursus BIPA, Cek Diskon !

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Indonesia adalah menguasai bahasanya. 

Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti di Kursus BIPA atau Kursus Bahasa Indonesia For Foreign Speaker Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik lainnya.Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.