Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Sebutan Holland, Dutch, dan Netherlands: Apa Bedanya?

sebutan holland dutch netherlands

Berbicara tentang Belanda, kita mengetahui ada banyak sebutan bagi negara tersebut. Mulai dari Holland, Dutch, hingga Netherlands.

Mana sebutan yang paling tepat bagi Negeri Kincir Angin tersebut? Simak asal-usul munculnya berbagai sebutan negara Belanda!

Netherlands

Nama Netherlands dan Holland sering digunakan untuk menyebut negara yang sama, padahal maksudnya berbeda. Nama resmi negara Belanda adalah Koninkrijk der Nederlanden (Kingdom of the Netherlands).

Negara tersebut berdiri pada 1581 sebagai persatuan berbagai provinsi dan kota yang memberontak di bawah kekuasaan Spanyol.

Holland

Holland adalah nama salah satu provinsi di Kerajaan Netherlands. Saat ini, provinsi tersebut dibagi menjadi Noord-Holland (utara) dan Zuid-Holland (selatan).

Provinsi Holland sendiri sudah berdiri sejak abad ke-12 sebagai wilayah Kerajaan Roma. Setelah negara tersebut berdiri sebagai wilayah yang merdeka, Holland masih menjadi provinsi yang berperan penting.

Kota Amsterdam, Rotterdam, dan Den Haag berada di Holland. Ketiga kota besar itu menjadi pusat perekonomian dan politik di Belanda.

Holland juga menyumbangkan kekayaan terbesar bagi negaranya. Maka dari itu, tak sedikit orang yang menyebut Belanda sebagai Holland.

Wisatawan asing kebanyakan hanya mengenal Amsterdam tanpa mengunjungi kota-kota lainnya. Pemerintah Belanda lalu mengubah branding dengan menegaskan nama resmi negaranya adalah Netherlands. Nama dan simbol Holland dihapuskan dari pemasaran wisata, diganti dengan Netherlands.

Dutch

Sementara itu orang Belanda disebut dengan Dutch. Sebutan ini berasal dari istilah bahasa Inggris Lama, yakni thiod atau theod yang berarti bangsa.

Di masa lampau, Dutch digunakan untuk menyebut orang Belanda dan Jerman. Maka dari itu, Jerman disebut dengan Deutschland.

Sebutan ini tetap melekat pada orang Belanda, meskipun negara tersebut menggunakan nama resmi Netherlands yang berarti dataran rendah.

Belajar Bahasa Belanda: Impian Tinggal di Negeri Kincir Angin

Syarat penting untuk kuliah, bekerja, dan tinggal di Belanda adalah menguasai bahasanya. Sebagai persiapan, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Belanda di Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan bersertifikat dan mendapatkan modul yang pastinya mendukung proses belajar. Kamu juga dapat memilih jumlah kelas sendiri. Daftar sekarang!