Salary adalah: Arti dan Cara Jawab Gaji yang Diharapkan

Kursus Business EnglishSalary adalah salah satu poin yang dibahas dalam wawancara kerja. Sebelum menentukan salary, biasanya pihak HR akan berdiskusi dengan kandidat terlebih dahulu.

Sudah tahukah kamu apa arti salary?

Salary adalah

Salary adalah kata dalam bahasa Inggris yang berarti gaji. Menurut KBBI, gaji adalah (1) upah kerja yang dibayar dalam waktu yang tetap; atau (2) balas jasa yang diterima pekerja dalam bentuk uang berdasarkan waktu tertentu.

Dapat disimpulkan bahwa gaji atau salary adalah pembayaran dari perusahaan kepada karyawan yang ditentukan berdasarkan kontrak kerja. Gaji memiliki sifat tetap, artinya jumlah dan periodenya sama sesuai dengan ketentuan kontrak.

Gaji vs Upah

Gaji bersifat tetap, dalam hal besaran dan periodenya. Sementara itu upah diberikan sesuai perjanjian kerja di luar jam kerja. Upah biasanya diberikan kepada pekerja lepas, pekerja kontrak, dan karyawan Perjanjian Kerja Waktu Terbatas (PKWT).

Baca juga: 10 Dos and Don’ts Phrases dalam Salary Negotiations

Komponen Salary

Total gaji yang diberikan kepada karyawan dihitung berdasarkan komponen-komponen gaji berikut.

  • Gaji pokok adalah upah dasar yang diterima, yaitu sebesar minimal 75 persen dari total gaji karyawan. Gaji pokok mengacu pada Upah Minimum Regional (UMR), jabatan, dan tanggung jawab karyawan.
  • Tunjangan tetap, yaitu imbalan di luar gaji pokok yang besarannya tetap dan diberikan terus-menerus. Tunjangan tetap dapat berbentuk tunjangan jabatan, tunjangan keluarga, dan Tunjangan Hari Raya (THR).
  • Tunjangan tidak tetap adalah imbalan di luar gaji pokok yang besaran dan pemberiannya tidak tetap. Contohnya tunjangan makan dan transportasi.
  • Pajak penghasilan (PPh), yaitu potongan pajak yang diambil dari gaji karyawan.
  • Iuran adalah potongan yang digunakan untuk membayar BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan.

Expected Salary

Dalam wawancara kerja, biasanya kamu diminta menjawab expected salary. Apa itu expected salary?

Expected salary dapat diartikan sebagai gaji yang diharapkan. Artinya, kamu berharap perusahaan dapat menggaji dengan jumlah yang kamu sebutkan. Jawaban kamu dapat menjadi salah satu pertimbangan perusahaan untuk menerima kamu.

Menurut Indeed, kamu perlu mempertimbangkan faktor-faktor berikut saat menjawab expected salary.

  • Biaya hidup di kota tempat kamu tinggal
  • Tingkat pendidikan
  • Keterampilan
  • Tingkat permintaan terhadap posisi tersebut
  • Bidang industri perusahaan

Lantas, bagaimana cara menjawab expected salary?

Riset gaji rata-rata untuk posisi tersebut

Cari tahu penghasilan rata-rata untuk posisi dan keterampilan tersebut. Informasi semacam ini umumnya sudah tersedia di berbagai forum diskusi dan situs lowongan kerja.

Sampaikan bahwa kamu terbuka untuk negosiasi

Sampaikan bahwa kamu terbuka untuk negosiasi, tergantung benefit lain yang ditawarkan. Hal ini akan mendorong perusahaan untuk memberikan benefit lain di luar gaji untuk kamu pertimbangkan.

Berikan rentang gaji

Hindari mengatakan nominal gaji secara spesifik, karena akan membuat kamu terkesan tidak fleksibel. Kamu dapat menyebutkan rentang gaji, misalnya Rp7.000.000 – 8.000.000 per bulan.

Sesuaikan dengan jenis perusahaan

Besaran gaji yang diharapkan dapat berbeda bagi setiap perusahaan. Contohnya kamu dapat menyebutkan expected salary yang lebih tinggi kepada perusahaan besar yang pasti memiliki anggaran lebih besar.

Kursus Business English, Langkah Sukses untuk Karier Global

Kosakata yang digunakan dalam dunia bisnis dan pekerjaan tentu berbeda dengan percakapan sehari-hari. Agar kamu semakin percaya diri, ikuti Kursus Business English di Lister.

Sejumlah alumni Lister terbukti merasakan bagaimana kursus di Lister mendukung karier mereka. Cari tahu pengalaman mereka di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!