Rekomendasi Anime Studio Ghibli untuk Belajar Bahasa Jepang

anime studio ghibli

Kursus bahasa Jepang – Salah satu metode untuk mempelajari bahasa dengan mudah adalah dengan menggunakan film maupun lagu. 

Untuk belajar bahasa Jepang kamu bisa lihat film anime studio Ghibli yang cukup menarik dan populer. Berikut Lister beri rangkumannya untuk kamu. 

Film anime studio Ghibli 

anime studio ghibli
Hayao Miyazaki | Sosok dibalik anime studio Gibli

Siapa yang tidak kenal dengan film studio Ghibli? Yang tidak hanya cocok untuk tontonan anak namun juga untuk orang dewasa. 

Selain memberikan visual yang cukup menarik, film Ghibli juga memberikan cerita-cerita fantasi-realistis yang seru untuk diikuti. 

Bahkan cerita dari zaman penjajahan perang dunia II juga ada. 

Sosok dibalik kesuksesan film Ghibli ada Hayao Miyazaki, ia adalah sutradara, produser, penulis dan animator dibalik studio Ghibli. 

Beberapa karya yang cukup populer adalah film My Neighbor Totoro, Spirited Away, Ponyo dan juga Howl’s Moving Castle. Diantaranya berhasil mendapatkan predikat film anime Ghibli terbaik. 

Tidak sabar ingin melihat rekomendasi film anime studio Ghibli yang sudah Lister rangkum? Mari kita cek bersama di bawah ini. 

baca juga : Ghibli Museum, Dunia Magis Hayao Miyazaki yang Jadi Nyata

Rekomendasi anime studio Ghibli untuk belajar bahasa Jepang

Berikut adalah beberapa rekomendasi film anime studio Ghibli yang bisa dilihat untuk belajar bahasa Jepang. 

1. My Neighbor Totoro 

anime studio ghibli
Film Ghibli | My Neigbor Totoro | Sumber : Pinterest

Siapa yang tidak kenal dengan Totoro yang sangat menggemaskan? Karakter Totoro terkenal dari anime studio Ghibli My Neighbor Totoro. 

Menceritakan dua anak perempuan yaitu Satsuki dan Mei yang pindah dari kota ke desa kecil bernama Showa. Kepindahan mereka dimaksudkan agar lebih dekat dengan Rumah Sakit tempat ibu mereka di rawat. 

Menempati tempat baru, ada beberapa hal ganjil yang dirasakan Mei dan Satsuki. Ternyata itu karena ulang mahluk-mahluk unik yang muncul di sekitar rumah dua anak perempuan tersebut. 

Tidak ada adegan jahat dan sejenisnya di film ini. Murni fantasi bahwa Mei dan Satsuki bertemu juga berteman dengan mahluk berbulu dan berbadan besar seperti Totoro yang baik hati. 

Selain Totoro, juga ada mahluk ajaib lainya seperti catbus yaitu kucing yang menyerupai bus yang membawa kedua anak perempuan bersama Totor menjelajahi dunia fantasi yang menakjubkan di malam hari. 

2. Grave of The Fireflies 

Sangat berbeda dengan film Ghibli lainya yang ceria dan penuh petualangan fantasi yang seru. Film Grave of The Fireflies ini menceritakan tentang anak yang ditinggal meninggal oleh kedua orang tuanya karena perang dunia II di Jepang. 

Saat itu Jepang mengalami banyak kekalahan sehingga serangan dari tentara lawan cukup membawa kerusakan dan korban pada Jepang. 

Tokoh utama di film ini adalah Seita dan Setsuko. Keduanya harus bertahan hidup sendirian di tengah berantakannya perang dunia II. 

Hidup dalam kesulitan membuat Setsuko yang masih balita kekurangan gizi juga terkena diare akut sehingga akhirnya meninggal. 

Di akhir cerita film ini, Seita tinggal sendirian dan meninggal di tempat umum. Film ini sangat menyita emosi penonton karena kisah sedihnya. 

3. Spirited Away

Film rekomendasi Lister untuk belajar bahasa Jepang selanjutnya adalah Spirited Away yang seru bahkan di dominasi kisah petualangan  fantasi. 

Menceritakan petualangan keluarga Chihiro yang salah masuk kuil dan berakhir Chihiro terjebak dalam dunia ghaib. 

Di dunia ghaib ini, Chihiro dapat menemukan banyak jenis mahluk aneh, penyihir  juga monster. Petualangan Chihiro cukup seru sampai bisa keluar dari tempat tersebut. 

Ada banyak hal yang perlu dilakukan Chihiro agar bisa keluar dari tempat tersebut mulai dari menjadi tukang bersih-bersih dan negosiasi dengan penyihir sampai dengan usaha menyelamatkan kedua orang tuanya yang disihir menjadi babi. 

Ending dari anime studio Ghibli ini cukup memuaskan dengan happy ending. 

4. Ponyo 

Cerita selanjutnya dari studio Ghibli yang menarik adalah Ponyo. Cerita dari seekor anak ikan yang ingin menjadi manusia bernama Ponyo. 

Ponyo bersahabat dengan Sousuke yang berawal dari penyelamatan Ponyo oleh Sousuke di tepi pantai. 

Hal ini membuat Ponyo bisa tinggal bersama Sousuke. Namun ternyata, Ponyo dikejar sang ayah agar bisa kembali di lautan. 

Namun ternyata Ponyo berhasil kembali ke dunia manusia, dan berubah menjadi manusia sehingga bisa tinggal bersama Sousuke lagi. 

5. Howl’s Moving Castle 

Film ini menceritakan tentang Shopie, gadis muda yang dikutuk menjadi nenek tua oleh penyihir. 

Shopie si gadis pembuat topi kemudian meninggalkan rumahnya agar tidak mengejutkan keluarganya. 

Setelah dikutuk, Sophie pergi ke The Waste atau tempat pembuangan para penyihir. Disini petualangan Sophie dimulai. 

Ia bertemu dengan banyak makhluk aneh yang cukup ajaib, seperti orang-orangan yang berhasil ia tolong kemudian membantunya menemukan kastil miliki Howl. 

Di akhir cerita, Sophie berhasil kembali ke wujud semula menjadi gadis cantik dan juga menyelesaikan beberapa petualangan dengan Howl yang seru. 

6. From Up On Poppy Hill 

anime studio ghibli
Anime Studio Ghibli | From up to Poppy Hill | Sumber : Pinterest

Anime studio Ghibli ini masih ada hubungannya dengan perang dunia II yang menceritakan tentang pemulihan pasca perang dunia. 

Namun disini adalah kisah cinta antara dua anak SMA yaitu Shun dan juga Umi Matsuzaki. Keduanya banyak menghabiskan waktu bersama di sekolah SMA sebagai teman. 

Kegiatan sekolah yang seru membuat keduanya menjadi lebih dekat. Namun konflik datang ketika Shun mengira bahwa ia dan Umi Matsuzaki memiliki ayah kandung yang sama. Sehingga keduanya adalah saudara. 

Namun setelah kedatangan ibu Umi Matsuzaki dari Amerika, keduanya mendapatkan penjelasan bahwa ternyata keduanya memiliki ayah yang berbeda namun bersahabat satu sama lain di masa perang dunia II. 

Itulah beberapa kisah menarik dari anime studio Ghibli yang cocok untuk belajar bahasa Jepang baik untuk dewasa maupun anak-anak. 

Ceritanya cukup menarik, seru dan juga relate dengan waktu sekarang, walau dibuat beberapa puluh tahun yang lalu. 

Ciri khas anime studio Ghibli 

Dalam memproduksi film-filmnya, Hayao Miyazaki sosok seniman dibalik studio Ghibli membuat filmnya bertemakan action – fantasi yang menembus realita. 

Barangkali ini juga yang menjadi signature anime yang diproduksi studio Ghibli. 

Semua animasi yang ia buat adalah kisah petualangan juga pertemanan. Umumnya tokoh utama dalam film Ghibli berumur anak-anak atau remaja. 

Sehingga film-film Ghibli sangat mudah diikuti untuk anak sampai dewasa. Imajinasi yang ada di film membuat penonton ikut merasakan petualangan tokoh utama. 

Selain itu film anime studio Ghibli banyak yang produksi di atas tahun 1990an misalnya tahun 1988 namun nyatanya film-film tersebut masih relate dan sangat bisa dinikmati jika ditonton di era sekarang ini. 

baca juga : Biografi Hayao Miyazaki, sang Maestro Animasi Asal Jepang

Join kursus bahasa agar fasih 100% berbahasa Jepang 

Ingin lebih lancar berbahasa Jepang baik pengucapan maupun menulis? Kamu bisa gabung dalam kursus bahasa Jepang di Lister. 

Selain memberikan materi terbaik, Lister juga membantu karyawan meningkatkan skill bahasa Jepangnya dalam kursus bahasa Jepang untuk karyawan. 

Ada banyak fleksibilitas di Lister, mulai dari bebas pilih tutor, scheduling waktu belajar, juga kelas online yang membuat students nyaman. 

Segera daftar sekarang menggunakan potongan 10% dari Lister. Klaim kode promo BLOGLISTER10 untuk minimal pembelian kelas seharga satu jutaan. Ayo daftar dan ajak temanmu bergabung di Lister, daftar di Whatsapp Lister

Sumber gambar : Pinterest

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.