Recycle: Pengertian, Contoh, dan Cara Melakukannya

lister blog juni arti recycle dan contohnya

Untuk mengurangi jumlah sampah, kita memerlukan proses daur ulang sampah. Ada teknik daur ulang yang dikenal dengan nama 3R yaitu Recycle, Reduce, Reuse. Jika jumlah limbah yang dihasilkan setiap tahunnya meningkat, apa yang akan terjadi pada bumi tercinta? Tentu saja banyak dampak negatif yang dihasilkan yang berpengaruh pada kondisi bumi dan alamnya.

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, kita tidak bisa lepas dari menghasilkan limbah khususnya limbah domestik atau rumah tangga, bukan?

Limbah ini umumnya tidak diinginkan karena dinilai tidak memiliki nilai ekonomis, makanya limbah sudah pasti dibuang. Limbah adalah buangan yang dihasilkan dari proses produksi baik oleh industri atau domestik. Oleh karena itu, penting untuk kita mengenali teknik-teknik daur ulang!

Simak selengkapnya tentang recylce di bawah ini!

Pengertian recycle

Recycle berarti proses daur ulang, yaitu proses menghancurkan barang yang sudah tidak digunakan, lalu diolah lagi menjadi sesuatu yang baru dan bermanfaat.

Namun, jika dibandingkan teknik lainnya seperti Reduce dan Reuse, teknik Recycle adalah langkah terakhir untuk menyelamatkan lingkungan dari tumpukan sampah.

Contoh recycle

Beberapa contoh proses recycle diantaranya adalah;

  • Olah sampah kertas menjadi kertas atau karton kembali.
  • Lakukan pengolahan sampah organic menjadi kompos.
  • Lakukan pengolahan sampah non organic menjadi barang yang bermanfaat. Misalnya plastik menjadi lampur kamar yang estetik
  • Membuat media tanam dari galon atau ember bekas
  • Botol kaca dihancurkan menjadi pecahan-pecahan kecil, kemudian diolah melalui pabrik untuk dilelehkan sehingga menjadi material kaca daur ulang yang bisa dicetak kembali sesuai keinginan.

Cara recycle

Hambatan utama untuk mendaur ulang adalah memahami prosesnya. Itu berarti mengetahui di mana dan apa yang harus didaur ulang. Setiap kota memiliki peraturan dan proses daur ulang sendiri-sendiri. Pastikan kamu melakukan penelitian terlebih dahulu.

  • Pastikan bersih! Satu produk kotor dapat mencemari seluruh bale. Ini pada akhirnya dapat menyebabkan barang-barang yang dapat didaur ulang dialihkan ke tempat pembuangan sampah.
  • Ratakan karton. Ini akan menghemat ruang di tempat sampah kamu dan memberikan lebih banyak ruang untuk daur ulang.
  • Siapkan wadah daur ulang khusus di rumah, kantor, dan sekolah.
  • Carilah produk yang terbuat dari bahan daur ulang saat kamu berbelanja.
  • Identifikasi jenis plastik yang akan diterima oleh bangunan dan lingkungan kamu.
  • Sebelum kamu mendaur ulang, pikirkan tentang mengurangi limbah kamu dan menggunakan kembali barang-barang dengan cara baru.
  • Seniman dan sekolah lokal mungkin dapat menggunakan materi kamu untuk pekerjaan dan kelas mereka.
  • Bagikan karyamu! Dorong orang lain untuk mendaur ulang bersama kamu.

Ada banyak istilah bahasa Inggris dalam berbagai bidang keilmuan salah satunya di bidang lingkungan yaitu recycle. Nah, masih banyak istilah yang belum kamu ketahui lho. Yuk pelajari semuanya di Kelas Vocabulary Building Lister. Daftar sekarang!

Source: https://www.thesca.org/connect/blog/how-recycle-and-why-you-should-do-it

Share:

Fatimatuzuhroh
Fatimatuzuhroh
A passionate writer who loves reading self-help books!

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.