Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Perbedaan Postpone, Put Off, dan Delay (Beserta Contoh)

Postpone-Put-Off-dan-Delay

Akrab dengan istilah kata kerja bahasa Inggris seperti postpone, put off, dan delay?

Tahukah kamu? Ketiga kata tersebut memiliki makna yang serupa yang berarti menunda. Namun, dibedakan pada waktu digunakan dan situasi. Untuk mengetahui lebih dalam tentang postpone, put off, dan delay, simak pembahasannya di bawah ini ya!

Pengertian Postpone, Put Off, dan Delay

Berdasarkan kutipan dari Oxford Learners’ Dictionaries, kata postpone bermakna, to arrange for an event, etc. to take place at a later time or date than originally planned. Sehingga kata postpone berarti aksi menunda dilakukan dalam keadaan sadar oleh orang yang memiliki wewenang dalam melakukannya.

Sedangkan kata put off biasa digunakan untuk konteks informal. Put off memiliki makna menunda sesuatu yang berdampak kurang baik/negatif. (to change something to a later time or date.)

Kata delay memiliki makna aksi penundaan karena hal yang tak bisa diprediksi atau berada di luar kontrol bahkan tidak bisa diubah. Misalnya seperti bencana alam, cuaca, dan hal lain yang terjadi tanpa unsur kesengajaan. (to make somebody/something late or force them to do something more slowly.)

Fungsi & Tujuan Postpone, Put Off, dan Delay

Kata kerja postpone berfungsi untuk menunda waktu untuk sebuah kegiatan atau acara dari waktu yang telah ditentukan dan secara sengaja.

Kata kerja put off berfungsi untuk menunda suatu hal yang kurang baik dan biasanya terjadi pada situasi informal.

Kata kerja delay berfungsi untuk menunda waktu yang terjadi karena suatu kondisi yang tidak bisa diubah atau di luar kontrol.

Contoh Penggunaan Postpone, Put Off, dan Delay

  • She released her breath, satisfied on more than one level, to postpone her return to the human world.
  • The country was at war, and it seemed best to postpone the new constitution until peace should be concluded.
  • The decision was put off till at least December.
  • York, however, contrived to put off his departure for eighteen months.
  • The delay ended up being four hours.
  • But, although ready drafted, many circumstances conspired to delay its presentation.

Demikian pembahasan materi penggunaan kata kerja postpone, put off, dan delay yang mesti kamu ketahui. Nah, untuk mengetahui materi bahasa Inggris lainnya, kamu bisa gabung di Program Vocabulary Building Lister. Yuk daftar sekarang!