Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

9 Tokoh Public Speaker Dunia, ini Rahasia Mereka!

public speaker

Kursus Speaking English – Sosok pemimpin sering dilekatkan dengan kemampuan public speaking yang baik. Tak jarang kita menemukan sosok pemimpin inspiratif yang juga public speaker yang berkesan.

Siapa saja tokoh orator dunia yang terkenal? Cari tahu rahasia mereka!

Arti Public Speaker

Public speaker adalah orang yang menyampaikan pidato atau orasi di depan umum. Public berarti umum, sedangkan speaker berarti pembicara.

Istilah lain public speaker adalah orator, rhetorician, speechifier, speechmaker, dan speaker.

Public speaking adalah kemampuan berbicara di depan umum. Walaupun beberapa orang memiliki keterampilan ini secara alami, bukan berarti tidak bisa dilatih.

Kemampuan public speaking tidak hanya penting untuk mereka yang menjadi pemimpin. Keterampilan ini bermanfaat dalam:

  • presentasi
  • mengajar
  • wawancara
  • stand up comedy
  • memimpin acara (master of ceremony)

Baca juga: Apa Itu Public Speaking? Simak Pengertian dan Tipsnya!

9 Tokoh Public Speaker Dunia

Siapa saja tokoh orator dunia yang inspiratif? Beberapa tokoh berikut menyampaikan pidato yang sangat berkesan hingga saat ini. Cari tahu cara mereka membawakan materinya!

1. Martin Luther King, Jr

Martin Luther King, Jr terkenal dengan pidato I Have a Dream yang disampaikan di hadapan 250.000 aktivis HAM di Lincoln Memorial, 28 Agustus 1963.

I have a dream that one day this nation will rise up and live out the true meaning of its creed — we hold these truths to be self-evident: that all men are created equal.”

King menumbuhkan semangat dengan memberikan gambaran tentang impian dan masa depan hak asasi manusia yang setara di Amerika. Satu tahun kemudian, impian tersebut tercapai dengan ditetapkannya Civil Rights Act.

2. Winston Churchill

Perdana Menteri Winston Churchill menyampaikan pidato untuk mengembalikan semangat militer Inggris yang baru saja dievakuasi dari Dunkirk pada 4 Juni 1940.

We shall defend our Island, whatever the cost may be. We shall fight on the beaches, we shall fight on the landing grounds, we shall fight in the fields and in the streets, we shall fight in the hills; we shall never surrender.

Dalam situasi kalut, Churchill mengingatkan bahwa kesulitan yang lebih berat masih menanti. Ia menggunakan we, bukan you, untuk menegaskan dirinya adalah bagian dari audiens. Ia menggunakan repetisi untuk menegaskan tindakan yang harus diambil.

3. Neil Armstrong

Neil Armstrong adalah orang pertama yang menapakkan kaki di bulan setelah pendaratan Apollo 11 berhasil pada 21 Juli 1969.

That’s one small step for man, one giant leap for mankind.

Armstrong membandingkan dua hal yang bertolak belakang untuk menegaskan dampak momen penting tersebut bagi umat manusia.

4. Muhammad Ali

Muhammad Ali adalah salah satu petinju terhebat sepanjang masa. Pada awal 1960-an, masyarakat kulit hitam dipaksa tunduk dan bungkam. Pernyataan Ali yang berani mengejutkan seluruh negeri.

I am the greatest.

Ali menyampaikan pernyataan yang berani dan keras. Ia bangga dengan keahliannya dan menolak untuk menyembunyikan hal itu, seperti yang diharapkan dari atlet kulit hitam lainnya pada masa itu.

5. Nelson Mandela

Nelson Mandela adalah pejuang anti-apartheid di Afrika Selatan. Sebelum sidang pengadilannya pada 20 April 1964, Mandela menyampaikan pernyataan.

I have cherished the ideal of a democratic and free society in which all persons live together in harmony and with equal opportunities. It is an ideal which I hope to live for and to achieve. But if needs be, it is an ideal for which I am prepared to die.

Mandela mengingatkan kembali tujuan perjuangannya dan seluruh bangsa Afrika, yakni hak asasi, kebebasan, dan kehormatan. Ia menegaskan bahwa ia ada bersama mereka yang berjuang.

6. Susan B. Anthony

Pada 1872, Susan B. Anthony didakwa karena memberikan suara pada pemilu. Pada masa itu, perempuan tidak memiliki hak pilih.

Setelah diputuskan bersalah, Anthony memberikan pernyataan yang memicu gerakan hak pilih bagi perempuan Amerika.

We, the people; not we, the white male citizens; nor yet we, the male citizens; but we, the whole people, who formed the Union. And we formed it, not to give the blessings of liberty, but to secure them; not to the half of ourselves and the half of our posterity, but to the whole people — women as well as men.

Anthony memberikan alasan jelas mengapa perjuangannya penting dan perlu. Ia juga menegaskan tujuan perjuangannya.

7. Malala Yousafzai

Malala Yousafzai memberikan pernyataan di Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam acara Youth Takeover Day pada 12 Juli 2013, tepat pada ulang tahunnya yang ke-16.

Malala menjadi korban penembakan kelompok Taliban di bus sekolah dalam perjalanannya menuju gerakan perjuangan hak-hak perempuan di Pakistan.

They thought that the bullets would silence us. But they failed. And then, out of that silence came thousands of voices. The terrorists thought that they would change our aims and stop our ambitions, but nothing changed in my life except this: Weakness, fear and hopelessness died. Strength, power and courage was born.

Malala menyampaikan bagaimana kelompok Taliban berupaya menghentikan perjuangan para perempuan di Taliban. Upaya tersebut justru menyalakan semangat membara dalam dirinya.

8. Mahatma Gandhi

Mahatma Gandhi adalah tokoh ahimsa (tanpa kekerasan) dan satyagraha (kebenaran). Dengan sikap damai, ia mengajak dan menginspirasi masyarakat India untuk memperjuangkan kebebasan.

Be the change that you wish to see in the world.

Sikap Gandhi yang tenang dan penuh damai justru dapat memotivasi masyarakat India. Ia mengingatkan bahwa kemerdekaan adalah hal yang harus diperjuangkan sendiri.

9. Nick Vujicic

Nick Vujicic adalah penulis dan motivator. Ia menginspirasi banyak orang agar selalu memiliki harapan, sikap positif, dan menghargai hidup.

I never met a bitter person who was thankful. Or a thankful person who was bitter.

Ia menggunakan contoh yang sederhana, tetapi inspiratif.

Kursus Speaking English, Bantu Kamu Makin Percaya Diri

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang menjadi kebutuhan pokok sehari-hari di masa kini. Pastikan kamu sudah mempersiapkan diri dengan mengikuti Kursus Speaking English di Lister.

Cari tahu pengalaman seru sesama student di Lister Group Community di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!