Placement Test: Definisi, Tujuan dan Contoh Soal

placement test

Placement test artinya tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam berbagai aspek, seperti akademis, bahasa dan jurusan.

Lister juga ada placement testnya lho! tiap bidang kursus memiliki placement tes sehingga siswa bisa ditempatkan di kelas yang tepat!

Baca juga : Persiapan dan Strategi Test IELTS, Info Lengkap!

Apa itu Tes penempatan atau placement test

Placement test adalah tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam berbagai aspek, seperti akademis, bahasa, atau jurusan.

Tes ini bertujuan untuk menempatkan seseorang ke dalam program studi, kursus, atau tingkat yang sesuai dengan kemampuannya. 

Tes penempatan juga bisa diberikan untuk mengetahui keadaan, kondisi, kemampuan peserta didik sebelum proses belajar dimulai, karena tes penempatan digunakan untuk penempatan pada program pendidikan atau program belajar mengajar yang tepat sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

Placement test atau tes penempatan ini sudah dikenal sebagai ujian yang akan diberikan kepada peserta didik yang mau memasuki sebuah institusi untuk menentukan tingkatan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki dalam bidang tertentu. 

Penyelenggaraan tes penempatan itu sangat penting untuk mengurangi kesulitan proses pembelajaran dalam penentuan tingkatan yang sesuai dengan kemampuan oleh setiap individu.

placement test
Placement tes | Sumber gambar : Freepict

Apa Itu Tes Penempatan Dalam Pengujian Bahasa?

Placement test bahasa asing adalah hal yang umum diberikan dari kursus bahasa kepada siswanya untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan siswa tentang bahasa tersebut untuk kemudian hasilnya digunakan untuk penempatan kelas.

Tes penempatan dalam pengujian bahasa berupa ujian yang diselenggarakan untuk mengukur kemampuan bahasa seorang siswa sehingga mereka dapat ditempatkan di tingkat kursus yang sesuai.

Sementara itu english placement test adalah tes penempatan yang digunakan untuk membantu individu menentukan kelas Bahasa Inggris mana yang paling tepat dalam mempersiapkan diri agar berhasil dalam karir maupun bangku kuliah . 

Beberapa jenis placement test bahasa Inggris yang umum kita temui adalah placement test TOEFL IBT, Placement test TOEFL ITP dan juga Placement test TOEIC dan lain sebagainya.

Di kursus test preparation Lister seperti kursus TOEFL IBT, ITP, IELTS, GTE, GMAT Lister juga ada placement testnya!

Setelah mengikuti ujian placement test, nantinya siswa akan ditempatkan ke kelas yang sesuai.

Untuk anda : GRE Test : Penjelasan, Persiapan dan Tempat Kursus GRE

Apa Itu Tes Penempatan Dalam ESP?

English for Specific Purposes (ESP) adalah bahasa Inggris untuk tujuan khusus misalnya bahasa Inggris untuk pekerjaan tertentu, bahasa Inggris untuk keperluan akademik dan lainnya.

Tes penempatan dalam English for Specific Purposes (ESP) dilakukan untuk mengetahui kemampuan bahasa Inggris peserta pelatihan. Hasil tes penempatan ini akan menentukan program kursus yang sesuai dengan kebutuhan peserta. 

ESP adalah pendekatan pembelajaran bahasa Inggris yang disesuaikan dengan kebutuhan dan permintaan peserta pelatihan. Tujuannya agar peserta mampu menguasai bahasa Inggris untuk bidang ilmu yang ditekuninya. 

Placement Test SMA?

Placement test SMA artinya tes penempatan untuk masuk SMA. Tes ini dilakukan oleh siswa yang akan masuk ke SMA untuk menentukan jurusan yang akan dipilih.

Sistem pendidikan Indonesia memang baru saja menggunakan penjurusan di tingkat SMA, di mana siswa bisa memilih jurusan dengan minat dan bakat mereka masing-masing, misalnya jurusan Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, atau jurusan Bahasa. 

Namun sebelum masuk ke jurusan-jurusan tersebut biasanya para siswa harus mengikuti placement test terlebih dahulu untuk mengetahui apakan mereka cocok masuk jurusan-jurusan tersebut atau tidak. 

Salah satu cara untuk mengukur sejauh mana kemampuan Bahasa Inggris yang kamu miliki, jawablah placement tes contoh soal di bawah ini dengan teliti. 

Contoh soal placement test

1. I ________________ from France.

a) is

b) are

c) am

d) be

2. This is my friend. _____________ name is Peter.

a) Her

b) Our

c) Yours

d) His

3. Mike is ______________.

a) my sister’s friend

b) friend my sister

c) friend from my sister

d) my sister friend’s

4. My brother is ______________ artist.

a) the

b) an

c) a

d) –

5. _______________ 20 desks in the classroom.

a) This is

b) There is

c) They are

d) There are

Kunci jawaban 5 soal di atas adalah 1 c, 2 d, 3 a, 4 b, 5 d

Selain latihan soal Bahasa Inggris, kamu juga bisa coba mengerjakan contoh soal placement tes di bawah ini.

1. Suatu seri: 13-14-13-14-11-12-11-12-15-16-15-16-13 seri selanjutnya dari seri tersebut adalah:
a. 11-15-13
b. 12-16-14
c. 14-13-14
d. 14-15-13
e. 13-14-13
Jawaban: C

2. Suatu seri: 26-5-9-25-6-11-24-7 seri selanjutnya dari seri tersebut adalah:
a. 9
b. 10
c. 11
d. 12
e. 13
Jawaban: E

3. RENOVASI = ….
a. Pemagaran
b. Peningkatan
c. Pemugaran
d. Pemekaran
e. Pembongkaran
Jawaban: C

4. I ________________ from France.
a. is
b. are
c. am
d. be
e. they
Jawaban: C

5. This is my friend. _____________ name is Peter.
a. Her
b. Our
c. Yours
d. His
e. He
Jawaban: D

Setelah mengetahui contoh soal di atas, kamu juga bisa lho mencari beberapa tips cara mengerjakan soal placement test agar ujian yang kamu kerjakan membuahkan hasil yang bagus. 

Untuk anda : Test Bahasa Jepang JLPT: Penggunaan, Level & Penilaian

Kursus bahasa di Lister, ada placement testnya, lengkap!

Lister adalah kursus bahasa asing yang memiliki fasilitas lengkap untuk para siswa. Salah satunya adalah placement tes di setiap siswa masuk. Termasuk di kursus TOEFL IBT.

Hal ini dilakukan untuk membantu Lister untuk melakukan penempatan kelas sesuai dengan kemampuan siswa.

Dengan placement test yang tepat, Lister bisa memberikan materi yang sesuai kebutuhan siswa. Sehingga pembelajaran akan lebih terarah.

Ingin coba kelas di Lister? yuk ada kelas trial yang bisa kamu coba. Untuk 2x pertemuan hanya 400ribuan! kamu bisa dapat pengalaman belajar bersama Lister!

Informasi lebih lengkap tentang kursus di Lister bisa konsultasi di Whatsapp tim Lister ya!

Sumber gambar sampul : Freepict

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts