Pitching adalah: Tips dan Phrases yang Wajib Dikuasai

Kursus Business EnglishPitching adalah salah satu teknik dalam bisnis yang penting diketahui, terutama jika kamu dalam tim marketing. Pitching bermanfaat menggaet calon investor dan klien.

Bagaimana tips melakukan pitching agar sukses? Kuasai kosakata persuasif berikut ini!

Pitching adalah

Pitching adalah presentasi singkat tentang profil perusahaan dengan tujuan mendapatkan sumber daya dari investor. Selain pendanaan, sumber daya yang dimaksud juga dapat berbentuk jalinan kerja sama, ulasan produk, dan lain-lain.

Dalam waktu singkat, presentasi bisnis tersebut harus dapat meyakinkan orang lain. Tentunya dengan menggunakan presentasi dan kata-kata yang menarik minat calon partner bisnis.

Tips Membuat Pitch Deck

Pitch deck adalah presentasi yang ditampilkan saat pitching. Menurut Forbes, pitch deck yang baik harus bersifat:

  • Jelas dan sederhana
  • Menarik
  • Dapat ditindaklanjuti

Lantas, bagaimana tips membuat pitch deck yang menarik?

Kenali audiens dan jenis pitch deck

Kamu harus mempertimbangkan audiens dan tujuan presentasi. Selain itu, cari tahu apakah pitch deck tersebut akan dipresentasikan secara langsung atau dikirim melalui email.

Kamu dapat menyiapkan dua jenis pitch deck. Pertama, pitch deck dengan lebih banyak visual yang dapat dipresentasikan secara langsung. Kedua, pitch deck dengan lebih banyak teks untuk dikirim melalui email.

Batasi jumlah slide

Pitch deck yang efektif terdiri dari 10-19 slide presentasi. Untuk mempresentasikannya dengan padat dan tidak bertele-tele, kamu dapat menggunakan teknik presentasi Pecha Kucha.

Fokus pada poin penting

Terdapat beberapa bagian dalam pitch deck. Namun ada tiga poin utama yang menjadi fokus calon investor saat presentasi. Kamu dapat mempersiapkan ketiga poin ini dengan lebih matang.

  • Finansial: Investor umumnya akan meminta kamu menampilkan proyeksi keuangan, setidaknya untuk 3 tahun ke depan. Bagian ini menunjukkan sistem manajemen perusahaan. Kamu dapat membuatnya dalam tabel Excel, disertai dengan rangkuman.
  • Tim: Investor ingin tahu pasti siapa saja yang terlibat dalam kerja sama tersebut. Jelaskan dengan rinci founder, cofounders, dan anggota tim yang terlibat serta pencapaian mereka.
  • Kompetitor: Kamu dapat menampilkan diagram untuk membandingkan posisimu dengan kompetitor. Sampaikan poin-poin yang membedakan perusahaanmu. Kamu juga dapat menjelaskan valuasi dan modal perusahaan kompetitor untuk memberikan gambaran tentang pasar.

Baca juga: Phrases for Meeting, Kuasai Agar Kamu Tampil Profesional

Phrases Penting untuk Pitching

Keberhasilan pitching tak lepas dari kemampuan komunikasi yang baik. Kamu perlu menyampaikan presentasi dengan percaya diri dengan pilihan kata-kata yang tepat.

Apa saja kata dan frasa yang persuasif untuk pitching?

You

Gunakan sudut pandang audiens dengan kata you. Audiens akan merasa pembicaraan terfokus pada dirinya.

  • You can start your own blog in one easy step that you can do in a minute.

Compare

Konsumen cenderung membandingkan satu barang dengan barang lain sebelum membeli, demikian juga investor.

  • When you compare the average turnaround time, we are 1–2 days faster than our closest competitor.

New

Sesuatu yang baru selalu menarik perhatian daripada sesuatu yang sudah biasa diketahui.

  • Since releasing our eye-catching new design, sales have increased by 25%.

How to

Gunakan ungkapan ini untuk menyediakan solusi bagi audiens.

  • Today you will learn how to halve the time you spend on social media in three easy steps.

Sensory words and phrases

Gunakan kata-kata yang mengundang audiens “mencoba” produk melalui pengalaman indrawi, terutama penglihatan, pendengaran, dan perabaan atau gerakan.

  • Take a look at the new Model 43. Notice how the new design makes it easier to observe the monitor scope.
  • Let me tell you about this new Model 43. Just listen to how quiet it is. It hardly makes a sound.
  • Once you get a handle on its operation, you’ll have a better sense of why some people feel so strongly about how it can impact their operations.

Kursus Business English, Langkah Sukses untuk Karier Global

Kosakata yang digunakan dalam dunia bisnis dan pekerjaan tentu berbeda dengan percakapan sehari-hari. Agar kamu semakin percaya diri, ikuti Kursus Business English di Lister.

Sejumlah alumni Lister terbukti merasakan bagaimana kursus di Lister mendukung karier mereka. Cari tahu pengalaman mereka di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!