Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Pesan Unik Kreator Hafidz Al-Furqon, Siap Mengglobal Sekarang Juga

kreator hafidz al-furqon

Seorang kreator asal Palembang, Hafidz Al-Furqon atau lebih dikenal dengan @dagucoklat baru-baru ini tertarik untuk berbagi perspektifnya mengenai pentingnya kemampuan bahasa asing dalam kehidupannya. Dalam event IG Live bersama Lister, ia juga berbagai cerita mengenai bahasa dan rasa. Sebagai generasi milenial yang dikenal up to date terhadap hal-hal baru, lulusan Ilmu Komunikasi ini mengakui urgensi penguasaan bahasa di dunia profesional.

Pria yang akrab disapa kak Hafidz ini selain sibuk mengembangkan usaha makanan @menagieh, ia juga tengah mengembangkan platform Bicara Bisa Indonesia. Lalu, apa keistimewaan kak Hafidz sehingga dirinya mau berbagi perspektif tentang generasi muda dan bahasa?

Melalui kanal TikTok, salah satu platform media sosial yang populer di generasi Z dan milenial, Hafidz sering kali aktif membagikan video edukasi untuk anak muda ataupun yang lainnya. Dengan kata lain, Hafidz dikenal sebagai kreator/influencer di media sosial.

Yuk simak hasil interview tim Lister dengan Hafidz Al-Furqon berikut ini!

Belajar Bahasa Asing di Masa Pandemi

Menurutnya, kelas untuk belajar bahasa asing online itu sangat bermanfaat bagi banyak orang, khususnya saat pandemi ini kita semua mengganti cara belajar kita yang semula offline menjadi online. Kebiasaan baru ini tentu harus dikembangkan di media online seperti lister. Memudahkan bagi orang yang ingin mengenal atau mengembangkan pengetahuan bahasa mereka.

Saat ini sertifikat bahasa asing merupakan sesuatu yang terpenting dalam dunia kerja dan karir. Bukan hanya skor yang tinggi, tapi kemampuan secara nyata sudah seperti hal yang umum harus dikuasai. Perkembangan digitalisasi dan era saat ini memengaruhi pentingnya bahasa asing di dunia sektor apapun. Melamar pekerjaan, mengikuti pertukaran pemuda, atau ingin daftar suatu beasiswa semuanya membutuhkan sertifikat bahasa yang standar saat ini.

Mahir Berbahasa Sebagai Poin Plus

Pada tahun 2020, Hafidz pernah mengikuti IELTS preparation di Solo selama tiga bulan, namun ketika pandemi datang, ia pulang kembali ke Palembang. Semua aktivitas di rumah, ia pun melanjutkan belajar hanya melalui smartphone. Hingga pada 2020 pertengahan, dirinya mengikuti ajang Duta Bahasa Nasional perwakilan Sumatera Selatan dan menjadi perwakilan Indonesia dalam ajang pertukaran pemuda Australia Indonesia.

“Belajar bahasa hanya di rumah dan modal smartphone, bukan sebuah halangan tapi itu adalah sebuah tantangan.”

Hafidz Al-Furqon

Pesan Hafidz Al-Furqon Untuk Generasi Muda

Untuk anak-anak muda, saat ini era sudah berkembang pesat. Ibarat smartphone atau teknologi, kita sudah harus selalu update dan upgrade. Salah satu hal yang harus kita upgrade adalah kemampuan berbahasa asing. Selain untuk karir masa depan, bahasa juga sebagai cara kita mengenalkan Indonesia pada dunia.

Belajar Online Lebih Fleksibel

Mengusung konsep Human to human interaction dalam pembelajaran di kelas itu sangat menarik, sebab menjadikan proses pembelajaran lebih fokus dan peserta lebih terarah dalam mengikuti kelas.

Lister adalah platform pendidikan yang menyediakan berbagai kursus bahasa asing, test preparation, maupun bahasa Inggris secara online dengan salah satu kelebihannya adalah human to human interaction. Para siswa dapat memilih rekomendasi tutor yang cocok dengan jadwal yang fleksibel.

Hafidz pun berharap Lister bukan sekadar tempat belajar saja, namun bisa menjadi pembimbing anak muda untuk mengarahkan karir atau pendidikan mereka di masa depan. Sehingga banyak anak muda yang terbantu akan manfaat platform Lister ini.