Persiapan Test UKBI Online, Tawarkan Kelas Insentif!

Persiapan Test UKBI Online

Kursus BIPA – Kemampuan berbahasa menjadi kunci utama untuk bersaing di berbagai bidang. Persiapan Test UKBI Online atau Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia secara daring menjadi langkah krusial dalam memperkuat kompetensi berbahasa.

Penting bagi setiap individu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Indonesia dan menghadapi tantangan global untuk mengikuti persiapan Test UKBI online dengan sungguh-sungguh.

Apa itu UKBI?

Dilansir dari laman Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, UKBI adalah ujian yang digunakan untuk mengukur sejauh mana kemampuan seseorang dalam menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 

Ada lima sesi yang diujikan pada UKBI. Di antaranya, ada mendengarkan, merespon kaidah, membaca, menulis, dan berbicara. 

Melalui ujian ini, peserta diharapkan dapat menunjukkan pemahaman yang baik terhadap struktur bahasa, kosakata, dan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Indonesia.

Ujian ini diharapkan bisa menjadi penentu kemampuan berbahasa seseorang, baik untuk kepentingan akademis maupun profesional.

Hasil yang baik dalam UKBI dapat menjadi nilai tambah dalam berbagai situasi, seperti melamar pekerjaan, mendaftar perguruan tinggi, atau mengikuti seleksi untuk suatu program khusus.

Secara keseluruhan, mengikuti persiapan test UKBI online bukan hanya sekadar ujian kemampuan berbahasa, tetapi juga merupakan investasi dalam pengembangan diri dan peningkatan daya saing di era globalisasi seperti saat ini.

Materi yang diujikan pada UKBI

Materi yang diujikan pada Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia mencakup lima kemampuan berbahasa yang sudah disebutkan sebelumnya. 

Yaitu, Seksi I Mendengarkan, Seksi II Merespons Kaidah, Seksi III Membaca, Seksi IV Menulis, dan Seksi V Berbicara. 

Ujian ini menguji pemahaman peserta terhadap struktur bahasa, kosakata, serta kemampuan mereka dalam menyampaikan dan memahami informasi secara efektif. 

Dengan demikian, UKBI bukan hanya mengukur sejauh mana peserta dapat menggunakan bahasa Indonesia secara formal. 

Namun juga seberapa baik mereka dapat berkomunikasi dalam berbagai situasi kehidupan sehari-hari. 

Dalam persiapan test UKBI online, ada diajarkan menurut dengan seksi yang diujikan. Seperti, 

Seksi 1

Wacana lisan terdiri dari dialog dan monolog yang memuat soal maksimal 40 dengan durasi maksimal 30. 

Seksi 2

Selanjutnya, ada seksi merespon kaidah yang mana mengujikan kalimat pertanyaan dengan pilihan jawaban. Jumlah soalnya, ada sekitar 32 dengan durasi mengerjakan maksimal 25 menit. 

Seksi 3

Materi UKBI yang diujikan selanjutnya adalah wacana membaca dengan soal maksimal 40 dan waktu pengerjaan 45 menit. 

Seksi 4

Kemampuan berbahasa yang diujiikan selanjutnya adalah menulis. Peserta akan diujikan dengan dua jenis soal. Soal pertama memuat sebanyak 100 kata dengan pengerjaan sekitar 15 menit. 

Soal kedua memuat sebanyak 150 kata dengan pengerjaan sekitar 20 menit. 

Seksi 5

Terakhir, persiapan test UKBI online juga akan membantu siswa dalam mempersiapkan kemampuan dalam berbicara dengan menggunakan bahasa Indonesia yang benar. 

Sama halnya dengan seksi 4, ada dua jenis soal yang diujikan. Memuat tiga menit perekaman dan tujuh menit perekaman. 

Manfaat mendapatkan sertifikat UKBI

Sebelum mengikuti persiapan test UKBI online, ada baiknya mengetahui lebih banyak seputar manfaat mendapatkan sertifikat UKBI. 

Sertifikat ini dapat menjadi bukti konkret kemampuan berbahasa Indonesia seseorang. Sebagai sertifikasi resmi, hasil UKBI dapat diakui oleh berbagai institusi, termasuk perguruan tinggi, perusahaan, atau lembaga lainnya. 

Lebih dalam dan banyak diakui, sertifikat UKBI menjadi bukti keterampilan bahasa Indonesia yang tinggi, yang dapat menjadi nilai tambah dalam proses seleksi pekerjaan.

Secara keseluruhan, mendapatkan sertifikat UKBI bukan hanya sekadar pencapaian formal, tetapi juga merupakan investasi dalam pengembangan diri. 

Serta sebagai pembuka kesempatan pada berbagai peluang di dunia pendidikan dan karier. 

Persiapan test UKBI online hanya di Lister

Lister adalah penyedia Kursus BIPA di Indonesia. Kursus ini dapat diakses secara online, sehingga mudah dijangkau bagi kamu yang berada di luar negeri dan berencana datang ke Indonesia.

Program ini dirancang khusus untuk siswa, pekerja, maupun wisatawan asing yang hendak berkunjung atau tinggal di Indonesia.

Program BIPA ini diampu tutor-tutor berpengalaman yang akan mengajar siswa agar cepat fasih berbahasa Indonesia.

Dengan materi berkualitas dan jadwal fleksibel, Lister mampu menyediakan kursus BIPA dengan harga terjangkau.

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik lainnya.

Foto utama oleh Freepik.

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.