Cara & Contoh Perkenalan Bahasa Korea di Berbagai Situasi

perkenalan bahasa korea

Kursus Bahasa Korea – Jika kita mempelajari bahasa Korea, salah satu hal yang tidak lepas adalah belajar tentang cara perkenalan dalam bahasa Korea.

Selain bahasa yang digunakan, kamu juga perlu cek tentang tata cara perkenalan bahasa Korea yang tepat. Bagaimana sih caranya? yuk ikuti langkah berikut ini.

Tata cara perkenalan di Korea

Setiap negara pasti memiliki tradisi tersendiri dalam melakukan perkenalan. Termasuk cara perkenalan diri dalam bahasa Korea.

Kamu perlu menguasai cara perkenalan diri dengan baik agar bisa perkenalan dengan tepat diberbagai situasi.

Cek tata cara perkenalan dalam bahasa Bahasa Korea berikut ini.

1. Awali dengan mengucapkan salam

Di Korea, untuk memulai perkenalan biasa diawali dengan sapaan terlebih dahulu. Jenis sapaan tergantung dari kondisi kamu berada.

Di awal perkenalan, kamu bisa memulai dengan Annyeonghaseyo (안녕하세요) atau jika dalam kondisi non formal kamu bisa menggunakan Annyeong (안녕).

2. Ikuti dengan membungkuk

Bebarengan dengan salam, kondisikan badan dalam kondisi membungkuk. Hal ini sangat umum di negara Asia Timur untuk menggambarkan nilai kesopanan.

Semakin rendah kamu membungkuk maka semakin tinggi kamu memberikan penghormatan saat perkenalan.

perkenalan bahasa korea
Perkenalan bahasa Korea | Sumber gambar : Freepict

3. Perkenalan

Setelah salam, dilanjutkan dengan perkenalan dengan menyebut nama, kamu bisa menggunakan Jeoneun [nama] imnida (저는 [nama] 입니다).

Atau dalam kondisi non formal, kamu bisa menggunakan jeoneun [nama]eyo (안녕하세요, 저는 [nama Anda]에요).

4. Kalimat penghargaan

Yang terakhir, akhiri perkenalan dengan ucapan penghargaan. Kamu bisa menggunakan Gamsahamnida, Bangapseumnida ((감사합니다 반갑습니다 ) yang artinya terimakasih, senang bertemu denganmu.

Kalimat penghargaan ini menjadi penting untuk memberikan kesan sopan dan akrab kepada orang lain saat perkenalan dalam bahasa Korea.

Contoh perkenalan diri dalam bahasa Korea untuk berbagai situasi

Kamu pastinya akan mengalami perkenalan diri dalam bahasa Korea untuk berbagai situasi dan kondisi. Berikut Lister berikan sedikit contoh perkenalan diri yang mungkin bisa berguna untuk kamu.

1. Perkenalan bahasa Korea di kelas baru

안녕하세요. 제 이름은 리코입니다. 저는 필리핀에서 왔습니다. 여기서 새로운 친구들을 만나서 기쁩니다. 제가 여기서 친구들과 좋은 관계를 맺을 수 있기를 바랍니다. 감사합니다.

(Annyeonghaseyo. Je ireumeun Riko-imnida. Jeoneun Pilripin-eseo wasseumnida. Yeogiseo saeroun chingudeul-eul mannaseo gibbeumnida. Jeganeun yeogiseo chingudeulgwa joheun gwaneul ma-eul su isseulgil barabnida. Gamsahabnida.)


Halo. Nama saya Riko. Saya berasal dari Filipina. Saya senang bertemu dengan teman-teman baru di sini. Saya berharap bisa menjalin hubungan yang baik dengan siswa-siswa di sini. Terima kasih.
Contoh perkenalan dalam bahasa korea sebagai murid baru

2. Perkenalan bahasa Korea di pertemuan keluarga

안녕하십니까. 저는 김지영이라고 합니다. 저는 이번 가족 모임에 처음으로 참석했습니다. 저는 서울에서 살고 있으며, 교육부에서 근무하고 있습니다. 가족 여러분 만나서 반가워요.

(Annyeonghasimnikka. Jeoneun Kim Jiyoungirago hamnida. Jeoneun ibeon gajok moime cheoeum-euro chamsoghaessseubnida. Jeoneun Seoul-eseo salgo isseumyeo, gyoyugbu-eseo geunmuhago isseumnida. Gajok yeoreobun mannaseo bangawoyo.)

Selamat siang. Nama saya Kim Jiyoung. Ini pertama kalinya saya hadir di pertemuan keluarga ini. Saya tinggal di Seoul dan bekerja di Departemen Pendidikan. Senang bertemu dengan semua anggota keluarga.
Contoh perkenalan diri dalam bahasa korea pertemuan keluarga

3. Perkenalan bahasa Korea karyawan baru

안녕하십니까. 저는 박지원입니다. 새로 합류한 직원으로서 많이 기대됩니다. 저는 경영학을 전공하고 있으며, 이 회사에서 마케팅 부서에서 일하게 되었습니다. 함께 일하게 되어 기쁩니다. 앞으로 잘 부탁드립니다. 감사합니다.

(Annyeonghasimnikka. Jeoneun Park Jiwonimnida. Saero habryuhan jigeoneuroseo manhi gidaedoeoibnida. Jeoneun gyeongyeonghageul jeongonghago isseumyeo, i hoesaeseo maketing buseoeseo ilhage doeeosseumnida. Hamkke ilhage doeeo gippeumnida. Apeuro jal butagdeurimnida. Gamsahamnida.)


Selamat siang. Saya Park Jiwon. Saya sangat bersemangat untuk bergabung sebagai karyawan baru. Saya memiliki latar belakang dalam bidang manajemen dan akan bekerja di departemen pemasaran perusahaan ini. Saya senang bisa bekerja bersama. Mohon bimbingan dan dukungannya ke depan. Terima kasih.
Contoh perkenalan bahasa Korea untuk karyawan baru

4. Perkenalan bahasa Korea dengan orang baru

안녕하세요! 저는 아니에요. 저는 서울에 위치한 기술 대학에서 공부하고 있는 인도네시아 출신입니다. 만나서 반가워요!

(Annyeonghaseyo! Jeoneun Anieyo. Jeoneun Seoul-e wihan gisul daehageseo gongbu hago issneun Indonasia chulshinimnida. Mannaseo bangawoyo!)

Halo! Aku Ani. Aku berasal dari Indonesia dan sedang kuliah di universitas teknologi di Seoul. Senang bertemu denganmu!
Contoh perkenalan bahasa Korea saat bertemu orang baru.

5. Perkenalan bahasa Korea untuk presentasi kerja

안녕하세요! 제 이름은 라이한입니다. 오늘은 저의 프로젝트 애플리케이션 계획을 여러분께 발표할 기회가 있습니다. 저는 PT Cahaya Indonesia의 제품 개발팀원이며, 이 분야에서 5년의 경력이 있습니다. 오늘 제 발표에 많은 관심과 참여를 부탁드립니다. 감사합니다.

(Annyeonghaseyo! Je ireum-eun Raihan-imnida. Oneul-eun jeoui peullojegteu aebkellikeisyeon gyehoeg-eul yeoleobun gwihoega issseubnida. Jeoneun PT Cahaya Indonesiaui jepum gaebal team-wonimyeo, i bunyae-eseo 5nyeon-ui gyeonglyeog-i issseubnida. Oneul je balpyo-e manheun gwansim-gwa chamyeoleul butagdeulibnida. Gamsahabnida.)


Hallo! Nama saya Raihan. Hari ini saya memiliki kesempatan untuk mempresentasikan rencana proyek aplikasi saya kepada Anda semua. Saya adalah bagian dari tim pengembangan produk di PT Cahaya Indonesia dan saya memiliki pengalaman selama 5 tahun di bidang ini. Saya harap Anda semua dapat memberikan perhatian dan partisipasi atas presentasi saya hari ini. Terima kasih.
perkenalan bahasa Korea untuk presentasi kerja

Jadi itulah beberapa contoh perkenalan diri dalam bahasa Korea untuk berbagai kondisi. Kamu bisa menyesuaikan kebutuhanmu dengan contoh di atas.

Contoh percakapan bahasa Korea perkenalan diri

Berikut adalah contoh percakapan perkenalan diri dalam bahasa Korea. Pelajari percakapan ini untuk berlatih.

A: 안녕하세요! 제 이름은 하니에요. 저는 인도네시아 출신이고, 서울 대학교의 학생입니다! 너를 만나서 기쁩니다!
B: 안녕하세요! 제 이름은 김유정이에요. 저는 한국인이고, 서울 대학교 의학과 5학년 학생입니다! 너를 만나서 기쁩니다.
A: 제가 네 선배일 수도 있어요? 제가 의학과 학생이고, 다만 3학년이에요.
B: 그럴 수도 있어요. 그러나 학과 모임에서는 잘 만나지 못했어요.
A: 제가 몇 번 참석했지만 자주 결석했어요. 선배를 만나서 기쁩니다! 우리가 좋은 친구가 될 수 있기를 바랍니다.
B: 네! 수업 관련해서 논의할 사항이 있으면 나한테 물어봐도 돼요.
A: 정말 감사합니다!
B: 천만에요!


A: Annyeonghaseyo! Je ireumeun Hani-eyo. Jeoneun Indonesia chulshinigo, Seoul Daehakgyo-ui hagsaengibnida! Neoreul mannaseo gippeumnida!
B: Annyeonghaseyo! Je ireumeun Kim Yu Jung-eyo. Jeoneun Hanguk-inigo, Seoul Daehakgyo Uihak-gwa ohohak 5hagnyeon hagsaengibnida! Neoreul mannaseo gippeumnida.
A: Jega ne seonbaeil sudo isseoyo? Jega Uihak-gwa hagsaengigo, daman 3hagnyeon-eyo.
B: Geureol sudo isseoyo. Geureona hagwa moim-eseoneun jal mannaji moshaesseoyo.
A: Jega myeoch beon chamsokhaetjiman jaju gyeolseokhaesseoyo. Seonbae-reul mannaseo gippeumnida! Uri-ga joheun chinguga doel su issgeil barabnida.
B: Ne! Sueob gwanyeonghaeseo noni-hal sahang-i isseumyeon nahante mul-eobwado doeyo.
A: Jeongmal gamsahabnida!
B: Cheonman-eyo!

A : Hai saya Hani, saya berasal dari Indonesia. Saya mahasiswa di Universitas Soul! Senang bertemu kamu!
B : Halo nama saya Kim Yu Jung, saya asli Korea dan mahasiswa semester 5 di jurusan Kedokteran Universitas Seoul! Senang bertemu denganmu.
A : Apakah kamu kakak tingkat saya? saya juga dari jurusan kedokteran namun baru semester 3 ini.
B : Bisa jadi. Namun aku jarang bertemu denganmu di perkumpulan jurusan
A : Saya beberapa kali datang namun lebih sering absen, senang bertemu denganmu senior! semoga kita dapat menjalin pertemanan yang baik
B : ya! kamu bisa bertanya padaku jika ada hal yang perlu didiskusikan tentang perkuliahan
A : Terimakasih banyak!
B : Kembali
Contoh perkenalan bahasa Korea percakapan

Nah jadi sudah lengkap ya contoh perkenalan diri dan juga contoh percakapan perkenalan diri dalam bahasa Korea.

Untuk lebih lanjut mempelajari perkenalan bahasa Korea secara lengkap bisa banget mengikuti kursus bahasa Korea yang sesuai. Jadi kamu bisa lebih mudah meng-explor bahasa Korea dengan lengkap!

Sukses belajar Korea, dari 0 sampai fasih!

Ingin mengikuti kursus bahasa Korea agar lancar komunikasi dalam berbagai kondisi? kamu bisa mengikuti Kursus Bahasa Korea dari Lister!

Perkenalan bahasa Korea langsung dari tutor native, belajar dengan mudah karena waktu belajar yang flexible dan juga ukuran kelas yang dapat dipilih.

Lister menghadirkan berbagai paket yang menarik untuk kamu, mulai dari paket murah sampai dengan paket VIP dengan berbagai kelebihannya!

Cek tutor terbaik Lister pengajar bahasa Korea di halaman tutor Lister! Informasi lebih lengkap tentang Kursus bahasa Korea bisa langsung di konsultasikan ke tim Lister melalui Whatsapp ya!

Sumber gambar sampul : Freepict

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.