Penjelasan Perbedaan Trip Tour Travel Journey Beserta Contoh 

perbedaan trip, tour, travel dan journey

Kursus IELTS Speaking – Dalam bahasa Inggris, kosakata yang digunakan untuk berpergian dan perjalanan ada trip tour travel journey.

Dalam penggunaan keempat kosakata tersebut, ternyata memiliki penggunaan yang berbeda-beda lho! Bagaimana sih cara penggunaannya? 

baca juga : Memahami Perbedaan Will dan Would Serta Penggunaanya

Perbedaan trip tour travel journey dalam bahasa Inggris beserta penggunaanya 

Pahami secara detail perbedaan empat kosakata perjalanan dalam bahasa Inggris tersebut di ulasan hari ini. 

1. Trip 

Trip adalah salah satu kosakata bahasa Inggris untuk bepergian yang penggunaannya lebih cocok untuk kamu yang melakukan perjalanan singkat. Misalnya bepergian saat weekend atau liburan 2-3 hari. 

Kosakata ini ini lebih cocok untuk bepergian yang menyenangkan, misalnya liburan yang direncanakan, berpetualang ke tempat tertentu dalam waktu yang singkat. Dalam bahasa Indonesia, ngetrip artinya melakukan perjalanan/liburan singkat

Kamu bisa menggunakan trip sesuai dengan tujuan atau konteksnya, misalnya short trip, school trip, business trip atau juga road trip. 

perbedaan trip, tour, travel dan journey
Perbedaan trip tour travel journey | Sumber gambar : our-team di Freepict

Contoh penggunaan : 

I will be going on a short trip to the beach in Bali this Saturday and Sunday (aku akan pergi liburan singkat di pantai Bali sabtu dan minggu ini)

2. Tour 

Selanjutnya adalah penggunaan tour dalam bahasa Inggris. Tour artinya juga bepergian yang biasa digunakan untuk acara bepergian yang direncanakan, termasuk dengan itinerary perjalanannya.

Kosakata ini cocok digunakan untuk kamu yang melakukan perjalanan/kunjungan dengan perencanaan dan agenda yang lengkap. Tour juga biasa dilakukan oleh satu grup yang terdiri dari beberapa orang. 

Tour tidak hanya digunakan untuk tujuan wisata namun juga untuk tujuan bisnis, pembelajaran dan lain sebagainya.

Dalam bahasa Inggris, tour bisa digunakan sebagai noun (kata benda/orang/tempat sebagai objek dan subjek) dan juga verb (kata kerja). 

Bentuk jamak dari tour adalah tours artinya melakukan perjalanan ke lebih dari satu tempat atau tujuan. 

Tour sebagai noun Tour sebagai verb 
We call him tour guide (Kita memanggilnya pemandu perjalanan/wisata He is touring around Yogyakarta with his mom (Dia sedang berpergian sekitar Yogyakarta dengan ibunya)
Maybe next week i will do culinary tour with him (Minggu depan mungkin aku akan wisata makanan dengan dia)He toured Japan one year ago (Dia sudah bepergian di Jepang satu tahun yang lalu) 
Trip artinya | Perbedaan trip tour travel journey

Jika kamu melakukan perjalan yang direncanakan ke beberapa tempat, tour adalah kosakata yang paling tepat. 

baca juga : Mengenal Penggunaan Because dan Because Of Yang Benar!

3. Travel 

Mari kita lanjutkan pembahasannya. Travel adalah kegiatan bepergian yang dilakukan baik dalam waktu singkat atau panjang mengarah pada berpergian yang dari satu tempat ke tempat lain. 

Travel bisa digunakan verb (kata kerja) dalam bahasa Inggris. Dalam bahasa Indonesia, travel banyak digunakan menjadi travelling yang artinya sedang sedang bepergian mengunjungi beberapa tempat atau eksplor tempat tertentu. 

Contoh penggunaan kata travel adalah sebagai berikut : 

  • He is traveling with his wife  (dia sedang bepergian dengan istrinya)
  • I don’t know why my father loves traveling with his community (aku tidak tahu kenapa ayahku suka bepergian dengan komunitasnya)
  • I traveled with my best friend around Japan (aku sudah berkunjung di sekitar Jepang dengan temanku)

4. Journey 

Yang terakhir adalah Journey. Berbeda dengan trip tour travel journey memiliki kesan perjalanan singkat untuk berbagai tujuan. Journey artinya cukup menarik, untuk menggambarkan hal yang berkesan. 

perbedaan trip, tour, travel dan journey
Perbedaan trip, tour, travel dan journey | Sumber gambar : Freepict

Journey adalah kosakata yang cocok digunakan untuk perjalanan panjang dan juga memiliki makna, pengalaman dan arti khusus untuk seseorang. 

Banyak orang yang menggunakan Journey untuk menceritakan kisah hebatnya yang memiliki pengalaman atau kesan menarik dalam hidupnya. 

Contoh penggunaan Journey adalah sebagai berikut 

  • Life is a journey; we gain many experiences that shape us into better individuals (kehidupan adalah perjalanan panjang, kita dapat banyak pengalaman yang membentuk kita menjadi individu yang lebih baik) 
  • My journey in Africa is amazing (perjalananku di Afrika cukup luar biasa)

Nah itulah arti trip, arti tour, arti journey dan juga arti travel yang sudah dipahami lengkap dengan penggunaannya dan contohnya. 

Jadi sudah paham ya bedanya Perbedaan trip tour travel journey, sekarang bisa langsung diaplikasikan!

Mungkin anda suka : Pahami Perbedaan Eat, Ate, Eaten, Eats dan Eating + Arti!

Belajar bahasa Inggris secara intensif bersama Lister! 

Belajar bahasa Inggris lebih dalam lagi untuk persiapan  ujian kemampuan bahasa Inggris maupun kebutuhan komunikasi sehari-hari bersama Lister. 

Di Lister ada kursus IELTS speaking, Listening, Writing dan TOEFL juga kursus bahasa Inggris dewasa sampai bisnis untuk membantumu mencapai tujuan yang diinginkan. 

Belajar di Lister kamu bisa memilih tutor native ataupun lokal,  memilih jadwal secara fleksibel dan juga pembelajaran yang menarik dengan Lister method. 

Kamu bisa melihat profil tutor terbaik Lister di tutor. 

Dapatkan promo 10% untuk  pembelian kelas seharga  1 jutaan ( maksimal potongan Rp500.000)  dengan menggunakan kode voucher BLOGLISTER10.  Daftar sekarang melalui WhatsApp

Sumber gambar : tawatchai07 di Freepict

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts