Penggunaan Other, The Other, The Others dan Others Beserta Contoh!

penggunaan Other, The Other, The Others dan Others

Kursus IELTS – Banyak orang mengenal other artinya yang lainnya. Bagaimana dengan kata other, the others, the others dan others?

Keempatnya memiliki makna yang berbeda sesuai dengan penggunaan dan konteksnya. Berikut penggunaan dan perbedaan dari other, the others, the others dan others.

baca juga : Memahami Perbedaan Will dan Would Serta Penggunaanya

Penggunaan other, the others, the others dan others dalam bahasa Inggris

Kata other, others, the other, the others dan another memiliki arti bahasa yang sama yaitu lainnya. Namun ke-limanya memiliki makna dan penggunaan yang berbeda.

Penggunaan kata other, the other, the others dan others  bisa berfungsi untuk menunjuk benda yang bisa dihitung (countable nouns) atau benda yang tidak bisa dihitung (uncountable nouns).

penggunaan Other, The Other, The Others dan Others
Penggunaan The Others dan Others | Sumber gambar : Freepict

1. Other

Other artinya lainnya dengan jumlah yang tidak spesifik. Other berfungsi sebagai adjectiva (kata sifat). Dimana dalam penggunaannya other diikuti oleh kata benda yang dapat dihitung (plural countable noun) misalnya people, girls, women, books dan lainnya.

Jadi other biasa digunakan untuk menjelaskan kata benda yang jumlahnya lebih dari satu atau banyak.

Contoh:

Do you have other clothes for me? (apakah kamu memiliki baju yang lain untukku?
disini other berdiri dengan kata benda yaitu clothes)

Other people accept the goverment’s rules (yang lainnya menerima peraturan dari pemerintah – other berdiri dengan benda jamak people)

We can replace it with other foods, don’t worry! (kita dapat mengganti itu dengan makanan yang lain, jangan khawatir! – penggunaan other berdiri dengan benda jamak foods)
Arti Other

2. Others

Nah apa sih bedanya the others dan others ? bagaimana cara penggunaanya?

Others berfungsi sebagai kata ganti (pronoun). Dalam penggunaannya, kamu tidak perlu menambahkan kata benda (noun) karena digunakan sebagai kata ganti benda sebelumnya.

Others artinya dalam bahasa Indonesia adalah yang lainnya, namun jumlahnya tidak spesifik.

Contoh penggunaan others adalah sebagai berikut:

Some employees like coffee, but others like juice

(beberapa karyawan menyukai kopi, tapi yang lainnya menyukai jus – disini others digunakan sebagai kata ganti karyawan/employees)
Perbedaan the others dan others

Jika menggunakan others, pastikan lawan bicaramu juga perlu mengetahui siapa atau apa kata benda (noun) yang dimaksud. Sebab others juga digunakan untuk menyebut orang lain.

Jadi tidak ada noun yang disebutkan sebelumnya namun bisa langsung menggunakan kata ganti others.

Don’t rely on others; we never know if they will help us or not

(jangan berharap pada yang lain, kita tidak tahu mereka akan membantu kita atau tidak – penggunaan others disini kamu dan lawan bicaramu sudah paham siapa yang dimaksud)
Perbedaan the others dan others

Penggunaan others yang lainnya adalah digunakan sebagai menunjukkan sesuatu yang kontras, hal ini untuk menunjukkan adanya variasi atau golongan yang berbeda tanpa menyebutkan secara spesifik.

some employees are like coffee, but others like milk

(beberapa karyawan menyukai kopi, yang lainnya menyukai susu – disini ada perbedaan atau kontras tentang kesukaan terhadap minuman)
Contoh dan artinya others

3. The other

Selanjutnya adalah the other, artinya the disini memiliki fungsi untuk memberikan penekanan jumlah yang spesifik terhadap noun atau benda yang sedang dibicarakan.

Jadi bukan hanya tanpa fungsi ya the disini. The other memiliki fungsi sebagai kata sifat (adjective) dan kata ganti (pronoun) sehingga setelah the other, untuk adjective bisa ditambah kata benda.

Contohnya :

I have two brothers, one is in US and the other brother is in Dubai

Disini the other menjelaskan arti yang satunya. Jadi spesifik atau jelas bahwa satu kakak di AS dan satu yang lainnya di Dubai.

4. The others

Penggunaan the dalam the other sendiri juga memiliki sifat yang spesifik. Inilah yang membedakan the others dan others. Dalam penulisannya, the others tidak boleh digunakan dengan benda jamak (plural noun).

Jadi dalam penggunaannya the others bisa digunakan untuk pengganti benda yang jumlahnya lebih dari satu.

The other berperan sebagai kata ganti, sehingga penggunaannya tidak perlu menambahkan noun

Contohnya :

I brought10 books, here are 3 books, where are the others? (saya membawa 10 buku, disini ada 3, dimana sisanya?
Perbedaan the other dan others

5. Another

Digunakan sebagai kata ganti yang tidak spesifik jumlahnya. Atau lebih mudahnya, another bisa dipahami sebagai yang lainnya. Bisa digunakan bersamaan dengan singular countable noun.

Contohnya :

my pencils is broken, i will use another (pensilku rusak, aku akan menggunakan yang lainnya)
may i get another book? (Dapatkan aku mendapatkan satu tambahan buku yang lainnya?)

Nah itulah perbedaan the others dan other lengkap dengan penjelasan other, the other dan another. Semoga kamu bisa belajar dari rangkuman ini ya!

Mungkin anda suka : Jangan Salah, Cek Perbedaan Advice dan Advise Berikut Ini! 

Belajar bahasa Inggris lengkap dan intensif untuk persiapan IELTS!

Belajar persiapan IELTS tidak cukup satu dua hari dengan materi yang cukup banyak itu. Kamu bisa belajar bahasa Inggris secara detail sesuai kebutuhan IELTS bersama Lister!

Kursus IELTS dari Lister memberikan pengajaran yang fleksibel mulai dari pengaturan jam belajar sampai dengan pemilihan waktu pertemuan dan sistem pengajaran. Kamu juga bisa pilih tutor dengan fleksibel lho!

Ingin belajar dengan native juga bisa banget! biar belajar bahasa Inggrisnya lebih asik! Ikuti pengalaman seru sesama student di Discord Lister Group Community.

Kamu juga bisa menggunakan promo 10% untuk pendaftaran dengan menggunakan kode voucher BLOGLISTER10 saat pendaftaran melalui Whatsapp!

Sumber gambar : Freepict

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts