Pecinta Kopi Wajib Tahu! Bedanya Espresso, Cappuccino, dan Latte

perbedaan espresso, cappuccino, latte

Kursus Bahasa ItaliaEspresso, cappuccino, dan latte adalah tiga jenis minuman kopi yang sangat populer di seluruh dunia. Walaupun sama-sama berbahan dasar kopi, ketiganya memiliki perbedaan yang signifikan dari segi rasa dan cara penyajian.

Perbedaan Espresso, Cappuccino, dan Latte

Dilansir dari Coffeeland Indonesia, espresso adalah kopi yang dihasilkan dengan mengekstrak air panas yang dipres melalui biji kopi yang telah digiling.

Sementara itu cappuccino adalah minuman kopi yang terdiri dari 1/3 espresso, 1/3 susu steamed (dipanaskan dengan uap), dan 1/3 foam (busa) susu. Latte terdiri dari 1/3 espresso dan 2/3 susu steamed. Proporsi kopi dan susu yang berbeda membuat ketiga minuman ini memiliki rasa yang unik.

Perbedaan lainnya ada pada tempat ketiga minuman ini berasal. Jika espresso dan cappuccino berasal dari Italia, latte berasal dari Amerika Serikat.

Asal-usul Espresso, Cappuccino, dan Latte

Espresso pertama kali dibuat di Milan, Italia pada awal abad ke-20. Saat itu, espresso dikenal sebagai caffè crema atau kopi dengan lapisan krema di atasnya. Cappuccino juga berasal dari Italia, lebih tepatnya kota Vienna. 

Walau pemberian nama cappuccino berasal dari Italia, tetapi kopi sendiri sebenarnya berasal dari dataran tinggi di Ethiopia. Kamu dapat membaca fakta selengkapnya dalam artikel Budaya Kopi Bukan dari Italia, Tapi Banyak Nama Kopi Pakai Bahasa Italia. Kok Bisa?

Cappuccino baru populer di Italia setelah Perang Dunia II. Sementara itu, latte berasal dari Amerika Serikat dan mulai populer di tahun 1980-an.

Rasa Espresso, Cappuccino, dan Latte

Penasaran bagaimana rasa masing-masing jenis kopi di atas? Berikut penggambarannya.

  • Espresso memiliki rasa yang kuat dan kental dengan lapisan krema yang lembut. Krema sendiri adalah buih minyak nabati yang sangat halus, warnanya kuning pekat. Krema adalah cairan yang pertama kali keluar dalam proses ekstraksi espresso.
  • Cappuccino memiliki rasa yang lebih ringan dengan susu steamed yang menambah kelembutan pada rasa kopi.
  • Latte memiliki rasa yang lebih creamy dan lembut karena proporsi susu yang lebih banyak.

Proses Pembuatan Espresso, Cappuccino, dan Latte

Jenis MinumanProses Pembuatan
EspressoEspresso dibuat dengan menggunakan mesin espresso. Biji kopi digiling dan dimasukkan ke dalam portafilter, yang kemudian ditekan dan ditempatkan di bawah aliran air panas.
CappuccinoCappuccino dibuat dengan menambahkan susu yang sudah dipanaskan dengan uap hingga membentuk foam. Susu beserta busanya dituang ke dalam cangkir berisi espresso, terkadang barista juga dapat membuat pola dengan menggunakan foam tersebut.
LatteLatte dibuat dengan menambahkan susu yang sudah dipanaskan dengan uap tanpa membentuk foam. Susu tersebut kemudian dituang ke dalam cangkir berisi espresso.

Dalam versi modern, cappuccino dan latte dapat ditambahkan sirup dengan berbagai rasa untuk menambah kenikmatan, seperti vanilla, hazelnut, atau karamel.

Penyajian Espresso, Cappuccino, dan Latte

Tak hanya rasa dan proses pembuatannya yang berbeda, ketiganya juga disajikan dengan cara berbeda. Berikut masing-masing cara penyajiannya.

Espresso

Espresso.
Espresso.

Espresso disajikan dalam cangkir kecil yang dikenal sebagai demitasse, biasanya berukuran 2-3 ons. Cangkir espresso memiliki bentuk yang simpel dan minimalis, sehingga memperlihatkan warna dan lapisan krema yang terbentuk di atas kopi.

Espresso sering disajikan tanpa tambahan apa pun, kecuali di negara-negara tertentu yang menambahkan sedikit gula atau susu.

Cappuccino

Cappuccino.
Cappuccino.

Cappuccino disajikan dalam cangkir yang lebih besar dari cangkir espresso. Cangkir cappuccino biasanya berukuran sekitar 6-8 ons. Minuman ini disajikan dalam tiga lapisan yang berbeda, yaitu espresso, susu steamed, dan foam susu.

Bagian atas cappuccino adalah foam susu yang tebal dan halus, bagian tengahnya adalah susu steamed yang lembut, dan bagian bawahnya adalah espresso. Pada umumnya, cappuccino diberi sedikit topping bubuk coklat atau kayu manis.

Latte

Latte.
Latte.

Latte disajikan dalam cangkir yang lebih besar dari cappuccino, biasanya berukuran 10-12 ons. Seperti cappuccino, latte terdiri dari espresso dan susu steamed. Namun, perbandingannya berbeda. Latte memiliki proporsi susu yang lebih banyak dari cappuccino, biasanya 2:1.

Minuman ini ditambahkan dengan sedikit foam susu di atasnya, tetapi foam-nya lebih sedikit dan lebih tipis daripada cappuccino. Seperti cappuccino, latte juga dapat ditambahkan dengan sedikit topping bubuk coklat atau kayu manis.

Sebagai bangsa pecinta kopi, masyarakat Italia memiliki kebiasaan minum kopi yang khas. Ingin tahu lebih lanjut? Simak artikel 11 Kebiasaan Makan Orang Italia, Ada Jam Khusus Minum Kopi.

Ingin Menguasai Bahasa Italia? Segera Ikuti Kursus Bahasa Italia di Lister!

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Italia adalah menguasai bahasanya. Bekali dirimu dengan keterampilan bahasa Italia melalui Kursus Bahasa Italia di Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik lainnya tentang belajar bahasa asing.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Hanifi Puspasari
Hanifi Puspasari
An English Literature student who loves writing, food, and travel.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.

Click Here

Thank you!

Kode Diskon akan segera dikirimkan Tim Student Success ke Nomor WhatsApp Anda.