Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Perawat Perlu Belajar Bahasa Asing, Ini Penjelasannya

Bahasa asing untuk perawat

Lister for company – Penguasaan bahasa Inggris juga diperlukan bagi mereka yang bekerja sebagai tenaga medis misalnya perawat. Dengan mempelajari dan mempraktekkan istilah medis dalam bahasa Inggris, perawat tersebut akan dapat membuat pasien asing merasa lebih nyaman, dan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan mereka.

Di era global, bahasa Inggris merupakan materi wajib harus dijadikan bahan ajaran untuk mahasiswa keperawatan. Ini penting, karena tak bias dipungkiri bahwa perawat di Indonesia sering menemukan kendala saat melayani warga asing. Mereka cukup sulit berdialog dengan turis, padahal saat ini negara kita makin sering didatangi warga asing, baik untuk liburan, penelitian, atau pun pertukaran pelajar. Bukan tidak mungkin, selama berada di sini para turis mengalami gangguan kesehatan, atau sekadar butuh check-up.

pelatihan bahasa asing untuk perawat, lister

Kenapa Perlu pelatihan Bahasa Asing Untuk Perawat?

Bahasa inggris dalam dunia keperawatan digunakan untuk berkomunikasi dengan pasien dan sejenisnya serta berkomunikasi dengan sesama profesi di lingkungan medis. Tujuan pelatihan bahasa Inggris program English For Nurse ini akan membantu para perawat dalam berbahasa inggris untuk berkomunikasi dalam pekerjaannya sebaik mungkin serta mengembangkan kesempatan berkarir, seperti perawat-perawat yang akan bekerja di luar negeri. Materi dari pelatihan ini meliputi perkenalan diri, memberikan pertanyaan pada saat penerimaan pasien, memberikan arahan dalam fasilitas rumah sakit, menjelaskan prosedur keperawatan, menjelaskan bagian tubuh dan peralatan rumah sakit, meyakinkan pasien, membujuk dan menenangkan pasien, terminologi medis, dsb.

Adapun fungsi bahasa yang dipelajari meliputi menanyakan informasi, menjelaskan tujuan, menginstruksikan pasien, menenangkan, memberi peringatan, menasehati, memberikan ucapan belasungkawa. Pelatihan ini mengusung kurikulum internasional dari Cambridge, Kurikulum ini telah banyak digunakan di sekolah-sekolah internasional di seluruh dunia, termasuk sekolah-sekolah internasional ternama di Indonesia.

Manfaat Pelatihan Bahasa Asing

  • Dapat berkomunikasi menggunakan bahasa inggris dalam lingkungan medis
  • Meningkatkan vocabulary yang berhubungan dengan dunia medis khususnya yang sering digunakan oleh perawat
  • Mengembangkan sikap nyaman dan percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan bahasa inggris

Tujuan Program Pelatihan Bahasa Asing Untuk Perawat

Selain itu, petunjuk penggunaan mayoritas peralatan medis pun menggunakan bahasa Inggris. Dalam hal ini, untuk memahami konsep, diperlukan skill berbahasa Inggris yang mumpuni agar kita dapat memahami makna konteks.

Untuk menghadapi pasar global, mahasiswa keperawatan disarankan mendalami beberapa artikel atau jurnal berbahasa Inggris. Tak cukup bermodalkan Google Translate . Perawat berkompeten harus mampu memahami istilah-istilah keperawatan dalam bahasa Inggris. Pembelajaran seperti ini sebaiknya terstruktur, agar menghasilkan perawat yang handal dari segi teori maupun praktek.