7 Pekerjaan Ibu Rumah Tangga, Hasilkan Cuan dari Rumah

pekerjaan ibu rumah tangga

Kursus Business English – Ada banyak pekerjaan ibu rumah tangga yang bisa dilakukan disela-sela kesibukkan mengurus anak. Salah satunya dengan menjalankan bisnis online atau bekerja sebagai freelance dengan keterampilan yang dimiliki. 

Jika kamu memiliki minat dalam hal memulai usaha rumahan untuk ibu rumah tangga, Lister punya rekomendasi lowongan kerja sampingan yang bisa dilakoni oleh ibu yang berada di rumah.

Pekerjaan ibu rumah tangga

Seiring dengan berjalannya waktu, ada banyak kesempatan terutama pada lowongan pekerjaan untuk ibu rumah tangga yang bisa dilakukan hanya dari rumah. Tentu saja, kamu perlu meluangkan sedikit waktu agar bisa membagi kegiatan antara bekerja di rumah dan bermain bersama anak.

1. Bisnis online

Ada banyak inspirasi produk hingga jasa yang bisa dijual secara online melalui ecommerce atau media sosial. Seperti berjualan daster, busana muslim, hingga aneka makanan. 

Jualan makanan secara online adalah bisnis yang semakin populer dan menguntungkan. 

Prosesnya melibatkan penjual makanan atau hidangan siap saji melalui platform online, seperti situs web ecommerce, aplikasi ponsel, atau platform media sosial. 

Tentu saja, ibu rumah tangga yang gemar memasak bisa coba peluang dalam menjalankan bisnis online. Ada peluang untuk mencapai pelanggan yang lebih luas dan menjalankan bisnis dengan fleksibilitas yang lebih besar. 

Baca juga: 5 Tips Menulis Iklan Lowongan Pekerjaan Berbahasa Inggris

2. Guru Privat Online

Tidak ada salahnya untuk mengembangkan keterampilan dan bakat dalam diri, terutama yang fokus dalam bidang ajar mengajar. 

Seorang guru privat online adalah pilihan karier yang menarik sebagai pekerjaan ibu rumah tangga. Terlebih, jika kamu memiliki sertifikasi pada bahasa asing atau keahlian lainnya. 

Tentu akan lebih mudah untukmu dalam membuka kursus secara online

Sebagai seorang guru privat online, kamu bisa mengajarberbagai mata pelajaran, mulai dari pelajaran akademis seperti matematika, bahasa, ilmu pengetahuan, hingga keterampilan seperti musik, seni, atau bahasa asing. 

Pilih mata pelajaran yang sesuai dengan keahlian dan minat yang dimiliki.

3. Menjadi seorang dropshipper

Arti dalam dropshipping sendiri adalah model bisnis di mana kamu menjual produk dari pihak ketiga atau biasanya pemasok atau grosir kepada pelanggan akhir tanpa perlu menyimpan barang di tempat anda. 

Jadi kamu bisa membeli atau memesan produk hanya saat ada permintaan dari pelanggan. 

Namun menjadi seorang dropshipper juga tidak mudah, ada beberapa cara yang perlu disiapkan terutama dalam membuka toko secara online. 

Pekerjaan ibu rumah tangga yang bisa dijalani di rumah yang selanjutnya ini juga perlu melakukan pemasaran secara online. 

Perlu adanya pembuatan konten di media sosial yang menarik, entah itu dari video atau tulisan. 

4. Bisnis tanaman

Pekerjaan ibu rumah tangga yang bisa kamu coba hanya dari rumah adalah dengan berbisnis tanaman. Seiring dengan tren kebun urban atau kebun di halaman belakang rumah. 

Kamu bisa coba menjual aneka pasokan tanaman, mulai dari pot, pupuk, benih, hingga bibit tanaman yang akan ditanam. 

Sebelumnya, kamu perlu melakukan adanya penyusunan area yang akan ditumbuhi dengan aneka tanaman seperti lokasi di rumah yang cocok untuk pertumbuhan tanaman. 

Ini bisa berupa halaman belakang, teras, balkon, atau area di dalam ruangan, tergantung pada jenis tanaman yang dipilih.

Di sisi lain, kamu juga bisa menjalin kemitraan dengan toko tanaman lokal, taman bermain anak-anak, atau pasar petani untuk menjual produk yang sudah kamu kembangkan.

Bisnis tanaman di rumah adalah cara yang baik untuk menggabungkan hobi berkebun dengan penghasilan tambahan. 

Baca juga: Pekerjaan Rumah Bahasa Inggris: Cek 35 Kosa Kata Terpopuler

5. MUA atau Make Up Artist

Lowongan pekerjaan ibu rumah tangga yang bisa dilakukan yaitu menjadi seorang make up artist. Terutama, bagi para ibu-ibu yang memiliki minat dan keterampilan lebih dalam merias wajah. 

Sebagai MUA, kamu akan terlibat dalam pekerjaan kreatif yang melibatkan seni rias wajah. Kamu akan membantu orang lain untuk tampil lebih cantik atau mempersiapkan penampilan khusus, seperti untuk pernikahan, acara khusus, atau sesi pemotretan.

MUA dapat menghasilkan pendapatan tambahan yang signifikan. Kamu dapat menentukan tarif sesuai dengan kualifikasi dan layanan yang kamu tawarkan. 

Terutama pada acara besar seperti pernikahan, permintaan MUA biasanya tinggi.

Setelah itu, pentingnya keseimbangan antara peran sebagai ibu rumah tangga dan MUA. Manajemen waktu dan dukungan dari anggota keluarga akan membantumu menjaga keseimbangan yang sehat.

6. Penjahit

Bagi kamu seorang ibu muda yang bingung dengan apa saja yang bisa dilakukan atau dijalani sebagai ibu yang ada di rumah. Pekerjaan ibu rumah tangga yang selanjutnya ini bisa kamu coba.

Pekerjaan jahit adalah salah satu pekerjaan yang sangat sesuai bagi ibu rumah tangga yang memiliki keterampilan menjahit atau minat dalam bidang fashion dan kreativitas.

Dalam peran ini, ibu rumah tangga dapat membuat pakaian baru, memperbaiki pakaian yang rusak, atau bahkan menawarkan layanan desain kustom sesuai dengan permintaan pelanggan. 

Dengan mesin jahit, bahan berkualitas, dan layanan pelanggan yang baik, bisnis jahit bisa menjadi cara yang bermanfaat untuk menggabungkan peran ibu rumah tangga dengan kemampuan menjahit. 

Kamu juga bisa melakukan hunting kain di akhir pekan untuk merefresh pikiran bersama anak atau suami. Hunting kain mungkin bisa menjadi salah satu healing para ibu rumah tangga. 

Kamu bisa memasarkan kemampuanmu di sekolah, kantor, hingga toko baju. 

7. Content creator

Pekerjaan ibu rumah tangga yang bisa dikerjaan di rumah adalah sebagai content creator. 

Dalam peran ini, kamu memiliki kendali penuh atas kreativitas dan dapat fokus pada topik yang sesuai dengan minat dan pengetahuan, seperti parenting, memasak, fashion, atau kecantikan. 

Pekerjaan sebagai content creator memungkinkanmu untuk menjalani rutinitas ibu rumah tangga yang sibuk sambil berbagi pengalaman dan menceritakan cerita. 

Sebagai seorang content creator, kamu memiliki kendali penuh atas jadwal. Kamu juga bisa membuat konten, mengedit, dan mempublikasikannya saat waktu luang yang memungkinkan, sehingga mudah disesuaikan dengan tugas ibu rumah tangga.

Selain itu, ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan seperti konten yang kamu buat memiliki potensi untuk memberi inspirasi, hiburan, atau memberikan saran yang berharga kepada orang lain, menjadikanmu sebagai sumber inspirasi dan dukungan bagi mereka.

Kursus Business English, Kupas Tuntas Rahasia Komunikasi Profesional!

Mengasah komunikasi bahasa Inggris dalam pekerjaan dapat meningkatkan peluang karier lebih baik. 

Sebagai solusi, ikuti Kursus Business English Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik.

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Foto utama oleh Freepik.

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

Kelas Bahasa Inggris di Solo, Bebas Atur Jadwal

Belajar bahasa Inggris online untuk anak 3-6 tahun dan remaja 10-14 tahun, bisa diikuti. Lembaga kelas bahasa Inggris di Solo, Lister bisa kamu jadikan pilihan utama dalam mengembangkan bahasa si buah hati.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.