Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Pengertian dan Contoh Penggunaan Noun Clause, Yuk Pelajari!

Noun clause

Sebagai pembelajar bahasa Inggris di level menengah, kamu akan melanjutkan materi tentang tata bahasa/grammar yang berguna untuk membantu berkomunikasi dengan baik. Pada artikel kali ini, kita akan belajar tentang Noun Clause dari pengertian hingga contoh penggunaannya, ya.

Yuk disimak!

blogpost inggris beasiswa

Noun clause

Noun clause adalah klausa kata benda, dimana klausa dependen yang menggantikan kata benda apa pun dalam kalimat, apakah itu subjek, objek, atau pelengkap subjek.

Apa itu dependent clause? Dependent clause adalah klausa yang tidak dapat berdiri sendiri atau menjadi kalimat yang utuh karena dependent clause tidak menyampaikan pemikiran yang lengkap meskipun dia memiliki subjek dan kata kerja.

Sedangkan noun clause berfungsi sebagai komponen kalimat seperti: subject, object of verb, object of preposition, dan subject complement serta dapat digantikan dengan pronoun it.

Contoh Kalimat Noun Clause

  • She was saddened by what she had read. (Object of the prepositions ‘by’)
  • I like to keep a schedule of when I have upcoming appointments.  (Object of the prepositions ‘of’)
  • Actors can become whomever they want to be on the stage. (Subject complement)

Contoh Noun Clause as Subject

Why my pet turtle stares at me all day is beyond me

Dalam kalimat di atas, klausa kata benda yang digarisbawahi bertindak sebagai subjek tunggal dari klausa independen.

Contoh Noun Clause as Object

Direct Object

When my dog goes to doggy day care, I do not know what he does, but he always has the best time

Pada kalimat di atas, noun clause what he do bertindak sebagai direct object dari verb know.

Indirect Object

She chose to photograph whomever was willing to pose for her. 

Dalam kalimat di atas, objek langsung dari kata kerja yang dipilih adalah frasa infinitif untuk memotret. Sama seperti klausa kata benda, frasa infinitif ini bertindak seperti objek langsung kata benda. Oleh karena itu, klausa kata benda siapa pun yang bersedia berpose untuknya adalah objek tidak langsung dari kata kerja yang sama.

Tips Belajar Noun Clause

Tip #1. Noun Clauses dapat menggantikan kata benda apa pun dalam sebuah kalimat, termasuk subjek, objek, dan pelengkap. (No one knows why she is afraid of lizards).

Tip #2. Klausa kata benda bukan pengubah; mereka adalah placeholder. (When she will arrive is dependent on traffic).

Tip #3. Klausa kata benda selalu dimulai dengan kata ganti tanya atau kata umpatan. (The pug did not know what would make his life any more perfect).

Demikian penjelasan mengenai noun clause yang bisa dijadikan referensi belajar kamu. Dari ulasan di atas, kira-kira apakah kamu sudah paham penggunaan noun clause fellas?

Kamu juga bisa gabung di Kelas Grammar Lister untuk mendapat arahan belajar Grammar bahasa Inggris yang tertarget bersama tutor ahli lho. Yuk daftar sekarang dan dapatkan promo menariknya!