fbpx
Kursus Bahasa Inggris
Category Arab, Fakta
negara qatar

Kursus Bahasa Arab – Qatar menjadi sorotan setelah menjadi penyelenggara Piala Dunia FIFA tahun 2022 ini. FIFA World Cup 2022 dijadwalkan berlangsung mulai 21 November 2022 hingga 18 Desember 2022. Sebagai salah satu negara terkaya di dunia, mari mengenal negara Qatar lebih dekat, yuk!

Profil Negara Qatar

Qatar adalah salah satu negara di Semenanjung Arab dengan ibu kota Doha. Berdasarkan Where Ig, Qatar memiliki populasi sekitar 2,795,484 jiwa dan luas negara 11.610 kmĀ².

Negara ini berbatasan langsung dengan Arab Saudi. Selain itu, Qatar memiliki perbatasan laut dengan Iran, Bahrain, dan Uni Emirat Arab. Dari segi wilayah, Qatar terbagi menjadi delapan kotamadya yakni Al Shamal, Al Khor, Al-Shahaniya, Umm Salal, Al Daayen, Doha, Al Rayyan, dan Al Wakrah.

Benarkah Qatar salah satu negara terkaya di dunia?

Kekayaan Qatar memang tidak diragukan lagi. Sebagai negara pertama di wilayah Timur Tengah yang dipilih menjadi tuan rumah FIFA World Cup 2022, Qatar membuktikan dirinya sebagai salah satu negara dengan ekonomi terkaya di dunia.

Kekayaan Qatar berasal dari produksi minyak dan gas alam per kapita terbesar di dunia. Selain itu, cadangan tersebut berada di posisi terbesar ketiga di dunia, membuat Qatar menjadi negara dengan pendapatan per kapita tertinggi kedua di dunia.

negara Qatar

Kebudayaan Masyarakat di Qatar

Budaya Qatar mempunyai perpaduan eksotis yang klasik sekaligus modern. Terdapat tradisi dan arsitektur lama khas Timur Tengah yang berdampingan dengan gedung pencakar langit spektakuler, tempat kuliner bertaraf internasional, dan kemewahan lainnya.

Dikutip dari Visit Qatar, warisan dan budaya Qatar banyak dipengaruhi oleh tradisi Bedouin. Gaya hidup Bedouin pada zaman dahulu adalah nomaden, sehingga sering melakukan migrasi saat sumber air atau tempat penggembalaan sudah tidak ada. Pengembara gurun, tenda, karpet, tenda, dan perdagangan laut adalah beberapa warisan peninggalan tradisi Bedouin.

Qatar pun menarik minat jutaan orang asing untuk meningkatkan kualitas hidup. Tidak heran, Qatar menjadi rumah bagi komunitas ekspat terbesar kedua di dunia.

Bahasa yang banyak dipakai di Qatar adalah bahasa Arab. Selain itu, bahasa Inggris juga sering dipakai, terutama di kalangan ekspatriat. Penduduk Qatar umumnya beragama Islam, serta menjadi agama resmi negara ini.

7 Fakta Menarik Budaya Qatar

Berdasarkan Qatar OFW dan Expatica, ada beberapa fakta menarik mengenai negara Qatar:

  1. Berjabat tangan dihindari antara pria dan wanita di Qatar, sesuai dengan ajaran agama resmi di negara tersebut.
  2. Masyarakat Qatar berupaya membangun hubungan yang erat dengan klien bisnis, yakni melalui waktu makan siang atau negosiasi yang panjang.
  3. Menatap orang terlalu lama di Qatar dianggap tidak sopan.
  4. Tradisi berpakaian di Qatar tergolong konservatif. Wanita diwajibkan untuk berpakaian tertutup, termasuk memakai celana dan baju dengan panjang di bawah lutut yang disebut abaya. Sementara itu pria umumnya memakai thobe. Tertarik mengenal baju khas Arab? Simak ulasannya dalam artikel Thobe adalah Jubah Arab, Ketahui Jenis dan Penggunaannya!
  5. Tawar-menawar saat berbelanja di Qatar adalah hal yang lazim. Biasanya penjual memang memasang harga tinggi, sehingga pembeli disarankan menawar agar mendapatkan harga yang wajar.
  6. Terdapat norma tak tertulis di masyarakat untuk tidak membicarakan hal-hal yang pribadi dan tabu seperti topik agama, politik, atau hubungan intim di Qatar.
  7. Sebelum memulai percakapan, masyarakat Qatar lebih suka berbasa-basi terlebih dahulu sebelum menyampaikan inti pembicaraan.

Siap Studi atau Berkarier di Qatar, Mulai dengan Bahasanya!

Kemampuan bahasa Arab penting untuk studi, bekerja, tinggal hingga berkomunikasi di negara-negara Timur Tengah. Mari siapkan dirimu dengan mengikuti Kursus Bahasa Arab di Lister.

Follow Instagram Lister untuk mengetahui promo menarik dan informasi belajar bahasa asing lainnya.

Kamu dapat menentukan jumlah kelas sendiri sesuai kebutuhanmu. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Need Help?