5 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik, Ada di Asia Tenggara

Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik

Les Public Speaking – ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) merupakan perhimpunan negara di Asia Tenggara yang terdiri dari Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Laos, Kamboja, Filipina, Myanmar, Vietnam dan Thailand. 

Kesepuluh negara tersebut memiliki sistem pendidikan yang berbeda-beda, dimana negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia Tenggara adalah Singapura. 

Singapura juga menjadi tempat yang ramah bagi para pelajar asing. Banyak pelajar dari berbagai penjuru dunia yang memilih Singapura sebagai negara tujuan untuk menempuh pendidikan di tingkat lanjut. 

Alasannya tentu saja karena keadaan di lingkungan pendidikan yang  inklusif dan aman. 

Di tingkat dunia, The Lion City berada di urutan ke 22. Sedangkan negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia adalah Finlandia.

Lalu, bagaimana dengan sistem pendidikan di negara ASEAN lainnya? Pada artikel kali ini Lister akan mengulas tentang lima besar negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia Tenggara.

Bagaimanakah Sistem Pendidikan Di Asia Tenggara?

Seperti yang telah disebutkan di awal bahwa sistem pendidikan di negara ASEAN berbeda-beda, tergantung kondisi sosial, ekonomi, dan budayanya. Di Indonesia, sistem pendidikan di level dasar mencakup SD, SMP, dan SMA, dan sistem pendidikan tinggi terdiri dari S1,S2,S3.

Sementara di beberapa negara Asia Tenggara lainnya, sistem pendidikan yang diterapkan dikenal dengan istilah Vocational education. Sistem pendidikan ini mencakup program pelatihan kejuruan di bidang kecantikan, kuliner dan teknik.   

Di bawah ini 5 besar negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia Tenggara, diantaranya:

1. Singapura

Banyak orang yang bertanya, mengapa Singapura disebut sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia Tenggara?. 

Hal ini tentu saja tidak lepas dari kondisi geografis Singapura yang lebih kecil dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya. 

Dengan kondisi geografis tersebut, Singapura lebih mudah melakukan percepatan, pemerataan hingga pengawasan kualitas pendidikan yang mereka implementasikan. 

2. Malaysia 

Peringkat pendidikan di Asia Tenggara yang kedua ditempati oleh negara Malaysia. Terbukti dari banyaknya perguruan tinggi di Malaysia yang masuk ke dalam daftar perguruan tinggi terbaik di dunia. 

Selain memfokuskan pada pengembangan individu, sistem pendidikan di Malaysia juga dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat dari berbagai kalangan sosio-ekonomi. 

3. Thailand

Di peringkat selanjutnya ada negara Thailand sebagai salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik. Negara ini berhasil mengembangkan sistem pendidikan yang memprioritaskan keterampilan praktis. 

Tidak hanya sampai disitu, pemerintah Thailand telah melakukan banyak pembaharuan pada sistem pendidikan mereka, baik itu dengan meningkatkan kualitas pengajar maupun memperbanyak fasilitas sekolah. 

Baca juga: Paulo Freire, Filsuf Pendidikan untuk Kaum Tertindas

4. Indonesia  

Peringkat pendidikan Indonesia di Asia Tenggara menempati posisi keempat. Indonesia memiliki program pendidikan wajib bagi anak usia 7 sampai 15 tahun serta program sekolah negeri secara gratis. 

Di samping itu, sejumlah perguruan tinggi yang ada di Indonesia juga telah memenuhi standar internasional, seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB) yang menjadikannya sebagai salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia Tenggara.

5. Filipina 

Peringkat kelima negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia Tenggara adalah Filipina. Negara ini memiliki sistem pendidikan berkualitas yang fokus pada pengembangan keterampilan sosial serta kepemimpinan. 

Untuk pemerataan akses pendidikan, Filipina juga mempunyai program sekolah gratis untuk anak-anak dari keluarga kurang mampu. 

Baca juga: 11 Syarat Umum Beasiswa Pendidikan Indonesia 2023, Cek Alurnya

3 Bentuk Kerjasama Indonesia dan Negara ASEAN di Bidang Pendidikan

Ketika diminta untuk sebutkan 3 kerja sama ASEAN di bidang pendidikan, maka program pertukaran pelajar, magang mahasiswa, serta pelatihan guru merupakan bentuk kerja sama yang telah dilaksanakan sejak lama. 

Selengkapnya tentang program kerja sama Indonesia dan negara-negara ASEAN dapat kamu simak lewat ulasan berikut: 

Program Pertukaran Pelajar

Hubungan Indonesia dan negara-negara anggota ASEAN memiliki sifat saling mendukung di beberapa sektor vital, salah satunya di bidang pendidikan. 

Program pertukaran pelajar merupakan bentuk kerja sama di bidang pendidikan yang paling sering diselenggarakan. Indonesia sendiri mempunyai program pertukaran pelajar dengan negara Singapura, Malaysia, Laos, dan Kamboja.

Para pelajar yang mengikuti program ini juga diberikan fasilitas beasiswa yang dapat menunjang proses belajar mereka. ASEAN Scholarship for Indonesia adalah salah satu contoh fasilitas beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Singapura juga menjadi salah satu bentuk kerjasama sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia Tenggara.

Program Magang Mahasiswa

Selain pertukaran pelajar, program magang mahasiswa juga merupakan bentuk kerja sama Indonesia dan negara-negara ASEAN di bidang pendidikan. Program magang mahasiswa ini pernah dilaksanakan oleh Indonesia dengan Thailand.

Program ini bertujuan untuk membangun sumber daya manusia yang berkualitas dalam menghadapi persaingan dunia kerja. Dengan begitu, pertumbuhan ekonomi di seluruh kawasan ASEAN akan semakin meningkat. 

Salah satu organisasi kerja sama ekonomi di wilayah Asia Tenggara adalah MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). Organisasi ini dibentuk dengan tujuan meningkatkan stabilitas perekonomian di negara ASEAN. 

Untuk mendukung visi dan misi MEA, sektor pendidikan tentu memiliki peranan yang sangat penting. 

Program Pelatihan Guru

Program pelatihan guru ini pernah diselenggarakan oleh Indonesia dan Vietnam. Tidak hanya memberikan pelatihan kepada para guru, program ini juga memudahkan kedua negara untuk berbagi informasi mengenai materi pelajaran serta tata kelola sekolah di negara masing-masing. 

Saat ini, peringkat pertama negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia Tenggara adalah Singapura. Namun bukan hal yang mustahil apabila di kemudian hari Indonesia bisa menempati  peringkat tersebut. 

Terlebih lagi dengan berbagai macam revisi serta program pendidikan terbaru yang dirancang oleh pemerintah. Kita tentu berharap bahwa sistem pendidikan di Indonesia akan lebih maju lagi kedepannya.

Baca juga: Sistem Pendidikan Jepang yang Membuatnya Jadi Negara Maju

Jadi Awardee Beasiswa Pendidikan Indonesia dengan Lister!

Impianmu mendapat beasiswa S-1, S-2, maupun S-3 dengan Beasiswa Pendidikan Indonesia dapat terwujud dengan usaha dan persiapan yang matang. Persiapkan dirimu melalui program Mentoring Beasiswa di Lister.

Di Lister kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar melalui WhatsApp sekarang juga.

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.