Merasa Susah Bersosialisasi Saat di Luar Negeri? Ikuti 5 Trik Ini

sosialisasi kuliah di luar negeri

Merasa sulit bersosialisasi? Sulit bersosialisasi adalah salah satu masalah yang sering dihadapi mahasiswa yang kuliah di luar negeri. Beberapa contoh penyebabnya seperti, perbedaan bahasa, adat, dan budaya yang bisa membuat seseorang kesulitan menempatkan diri dalam pergaulan di kampus.

 Free Photo

Tinggal di Asrama

Jika ada pilihan untuk bisa tinggal dengan mahasiswa lain, maka jangan tolak kesempatan ini. Biasanya di asrama akan ada beberapa fasilitas yang harus digunakan bersama. Kondisi ini secara tidak langsung bisa membuat kalian bersosialisasi dengan mahasiswa lain di luar jam kampus.

Akan lebih baik jika kalian mempunyai teman sekamar. Siapa tahu juga jika calon teman sekamar kalian juga memiliki misi yang sama bukan? Akan lebih seru bagi kalian untuk mengenal lingkungan sekitar, gedung kampus dan juga gedung asrama bersama teman baru.

Snl Networking GIF by Saturday Night Live

Percaya Diri

Penting untuk tetap percaya diri dan berpikiran terbuka agar kita bisa bergaul dengan baik. Jika selama ini kita berada di zona nyaman, cobalah untuk melakukan sedikit perbedaan dan kamu akan sadar bahwa bergaul di lingkungan baru tidak sesulit yang dibayangkan. Mengingat ada banyak sekali mahasiswa dari negara lain di kampus, maka kamu harus selalu berpikiran terbuka. Ini penting karena perbedaan budaya, bahasa dan juga kebiasaan mengharuskan kamu untuk berpikir dari berbagai sudut pandang.

Gabung Klub

Cara terbaik selanjutnya adalah dengan bergabung di klub atau komunitas. Pilih klub atau komunitas yang sesuai dengan minat kamu. Dengan begini setidaknya secara rutin kamu akan berkumpul dengan orang-orang yang memiliki hobi, passion ataupun kesukaan yang sama. Ini akan sangat mempermudah kamu bergaul dan berbaur lho.

Aktif Berjejaring

Sebagai mahasiswa baru tentu ada banyak hal asing yang akan ditemui dan hadapi. Di awal-awal semester biasanya para mahasiswa baru masih belum terbagi dalam grup pertemanan. Kamu bisa memanfaatkan ini untuk mendapat teman baru sebanyak mungkin. Jangan berpikir untuk memilih-milih teman dulu. Sebaliknya cobalah membuka diri terlebih dahulu.

Faktanya, di setiap tahun ajaran baru ada banyak mahasiswa yang memiliki misi sama untuk bersosialisasi. Acara kampus adalah salah satu tempat terbaik untuk bersosialiasi. Jadi jangan ragu untuk aktif di berbagai acara kampus agar bisa memperoleh banyak teman ya.

Tingkatkan Kemampuan Berbahasa

Membekali diri sendiri dengan kemampuan berbahasa adalah pilihan tepat yang bisa kamu lakukan. Setidaknya kamu harus menguasai bahasa lokal dan bahasa inggris sebagai modal utama untuk bisa bersosialisasi dengan baik saat kuliah di luar negeri. Jangan lupa untuk bersikap ramah dalam bergaul di lingkungan baru ya!

Menjelajah

Tips terakhir, cobalah nikmati waktu luang saat studi ke luar negeri dengan berkeliling kota, mengunjungi tempat-tempat baru dan juga bertemu dengan warga lokal. Siapa tahu, ada hal-hal menarik lain yang bisa ditemukan dan menginspirasi kamu!

Share:

Fatimatuzuhroh
Fatimatuzuhroh
A passionate writer who loves reading self-help books!

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

Kosa Kata Bahasa Korea Sehari-hari

100 Kosa Kata Bahasa Korea Sehari-hari, Lengkap dengan Artinya

Kamu perlu belajar kosa kata bahasa Korea sehari-hari penting untuk berkomunikasi dengan lancar saat berlibur di sana. Mulai dari sapaan hingga ungkapan umum seperti berterima kasih. Sederet kumpulan kata bahasa Korea ini bisa kamu lafalkan dan hafalkan dengan mudah.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.