Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Mengulik Rahasia Polyglot Cantik Asal Slovakia

polyglot

Sebagaimana kita tahu bahwa seorang polyglot memiliki ketertarikan yang tinggi untuk mempelajari banyak bahasa. Meskipun mereka bukan ahli bahasa, tapi mereka mampu untuk berkomunikasi dengan lancar dalam target bahasa. Lalu, bagaimana caranya mempelajari bahasa yang sangat banyak itu? Yuk simak rahasia dari seorang polyglot cantik asal Slovakia Lýdia Machová yang menguasai 10 bahasa di bawah ini.

About Me - Language mentoringLanguage mentoring
languagementoring.com

TED dari seorang penerjemah dan polyglot asal Slovakia membagikan pengalamannya mempelajari berbagai bahasa asing. Ia juga bercerita tentang 100 orang polyglot yang telah ia temui dalam video TED itu.

4 Poin Utama Rahasia yang Perlu Kamu Tahu

Enjoyment – kesenangan

Belajar dengan situasi yang menyenangkan akan jauh lebih efektif dibanding belajar penuh paksaan dan tekanan. Seperti Lýdia yang suka belajar bahasa, Ia pun sangat menikmati prosesnya. Saat Lýdia baru memulai belajar bahasa Spanyol, Ia lebih memilih untuk membaca buku Harry Potter, buku kesukaannya dalam bahasa Spanyol daripada membaca buku pelajaran bahasa Spanyol.

Sehingga sebenarnya para polyglot yang kita kenal ahli dalam berbahasa itu juga memiliki begitu banyak cara yang berbeda dalam belajar bahasa. Bedanya, mereka dapat menemukan cara yang paling nyaman dan terus konsisten. Saatnya, kamu juga menyesuaikan diri seperti apa tipe kamu dalam belajar. Kalau kamu tidak terlalu suka belajar dari buku, belajar dari video YouTube atau mendengarkan podcast bisa menjadi pilihan yang sangat bagus. Apapun caranya, boleh selama memberi dampak yang baik untuk perkembangan kemampuan bahasa kamu! Whatever works for you, don’t hesitate to try it.

Methodsmetode yang efektif

Belajarlah untuk bisa memahami bahasa, bukan mengingat. Jika hanya mengandalkan ingatan atau diingat saja (memorizing), pasti akan cepat lupa.

Lýdia pun menyarankan untuk menonton YouTube para polyglot atau mengunjungi website polyglot agar terinspirasi dari cara mereka belajar. 

System – pendukung metode yang efektif

Agar tidak cepet lupa, kamu harus rutin belajarnya. Tidak perlu terlalu masif, karena yang terpenting adalah rutin. Kamu bisa menyesuaikan waktunya seperti 20menit/hari, menulis 10 kata/malam sebelum tidur, atau apapun yang efektif menurut kamu.

Menurut Lýdia, lebih baik menyisihkan waktu lebih awal untuk latihan. Misalnya, kamu bangun tidur lebih pagi untuk mengulang kembali penguasaan vocabulary. Lalu mendengarkan podcast sambil perjalanan pulang, atau sambil melakukan pekerjaan rumah. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan tanpa harus merencanakan dulu waktu luang untuk belajar bukan?

Patiencekesabaran

Cara yang terakhir adalah tentang menjalani penuh kesabaran. Kalau kamu mulai dari dasar atau nol, apakah mungkin dalam waktu dua bulan sudah lancar? Tergantung tujuan yang ingin dicapai atau sejauh mana ukuran atau level kelancaran yang diinginkan. Hal terpenting adalah dengan tetap konsisten dengan cara dan sistem yang sudah kamu tentuin. Lakukan cara itu setiap hari dan jangan lupa untuk enjoy menjalani prosesnya!