Mengulik Perjalanan Hidup Elon Musk, Orang Terkaya di Dunia 2022

Perjalanan-Hidup-Elon-Musk

Tahukah kamu?

Tahun 2022 ini, Bloomberg Billionaire Index merilis nama 10 orang terkaya di dunia. Siapakah mereka? Daftar orang terkaya di dunia ini dari pendiri perusahaan teknologi, miliarder, dan pebisnis ternama di dunia.

Berdasarkan data dari Bloomberg Billionaire Index 2022, Elon Musk masuk di urutan pertama orang terkaya di dunia dengan nilai total saham Tesla sekitar 153 miliar dollar.

Elon Musk telah menjadi figur global dan simbol penemuan, inovasi, teknologi, kreativitas wirausaha, dan kepemimpinan.

Bagaimana perjalanan kariernya sehingga sukses seperti sekarang? Simak ceritanya di bawah ini!

Latar Belakang Elon Musk

Elon Musk lahir di sebuah kota bernama Pretoria, Afrika Selatan, dari pasangan ibu Kanada dan ayah Afrika Selatan. Sang ibu bernama Maye Musk, seorang model dari Saskatchewan, Kanada, sementara ayahnya adalah Errol Musk, seorang ahli elektromekanika, pilot, dan pelaut.

Ia memiliki seorang adik laki-laki bernama Kimbal (lahir pada 1972) dan adik perempuan bernama Tosca (lahir 1974). 

Sejak kecil, Elon memiliki kegemaran membaca dan belajar. Bahkan pada usia 10 tahun, ia sudah tertarik mempelajari teknik komputer. Pada saat berusia 12 tahun, Elon belajar bahasa pemrogaman dan berhasil menjualnya dalam bentuk game bernama blastar.

Bahkan di pendidikan formal, saat dirinya berhasil masuk di Stanford untuk melanjutkan Ph.D di bidang fisika terapan, ia memilih keluar setelah dua hari. Elon pun mulai mengejar mimpinya berwiraswasta di bidang internet, energi terbarukan, dan luar angkasa.

Perjalanan Karier Elon Musk

Zip2 adalah perusahaan pertama yang didirikan Elon bersama kedua adiknya yaitu Kimbal dan Greg Kouri. Setelah berhasil menjualnya, Elon menggunakan uang tersebut untuk mendirikan layanan keuangan bernama X.com pada Maret 1999. Setelah beberapa bulan, Elon mengakusisi Confinity, perusahaan yang mempunyai layanan transfer uang bernama PayPal. Dinilai menjanjikan, pada tahun 2000 Elon memutuskan untuk menghentikan X.com dan fokus pada layanan PayPal. X.com yang diganti namanya menjadi PayPal pun berkembang pesat hingga diakusisi oleh eBay.

SpaceX adalah perusahaan ketiga yang didirikan Elon Musk yaitu singkatan dari Space Exploration Technologies. Dirinya menjabat sebagai CEO dan CTO, SpaceX pun mengembangkan dan memproduksi wahana luncur antariksa sambil memajukan teknologi roket.

Perusahaan selanjutnya adalah Tesla Motors atau perusahaan penghasil mobil listrik yang berawal dari kecintaannya pada dunia otomotif. Kemudian, Musk mendirikan SolarCity atau perusahaan yang bergerak di bidang penyalur sistem tenaga surya terbesar di Amerika Serikat. 

Tak berhenti di situ, rencana Musk juga akan membuat perjalanan lebih murah daripada mode transportasi jarak jauh lainnya. Perusahaan itu diberi nama Hyperloop, dimana kebutuhan listrik Hyperloop sepenuhnya bergantung pada tenaga surya. Pada tahun 2015, Musk mendirikan perusahaan riset kecerdasan buatan nirlaba atau OpenAI. Tujuannya adalah mengembangkan kecerdasan umum buatan dengan cara yang aman dan bermanfaat bagi umat manusia.

Seakan ide dan inovasinya tak pernah habis, ppada tahun 2016, Musk mendirikan Neuralink, sebuah neuroteknologi perusahaan startup untuk mengintegrasikan otak manusia dengan kecerdasan buatan. Perusahaan ini berpusat pada menciptakan perangkat yang dapat ditanamkan di otak manusia, dengan tujuan akhirnya membantu manusia bergabung dengan perangkat lunak dan mengimbangi kemajuan dalam kecerdasan buatan. Adapun The Boring Company adalah perusahaan yang didirikannya pada tahun 2016 terinspirasi saat ia terjebak kemacetan. Sehingga, Musk ingin membangun mesin bor terowongan, namun masih terbatas untuk kendaraan listrik saja.

Kekayaan Elon Musk

Elon Musk masih menduduki posisi pertama sebagai orang terkaya di dunia dengan kekayaan mencapai 268,2 miliar dollar AS, atau setara Rp 3.874 triliun.

Kekayaan tersebut terdiri dari investasi teknologi ruang angkasa, aset pribadi sebesar 40,3 miliar dollar, dan uang tunai senilai 3,9 miliar dollar. Tahun 2004, Elon Musk adalah penyandang utama Tesla Motors. Lalu, dia menjadi CEO untuk perusahaan produsen mobil listrik tersebut. Tak hanya itu, Elon Musk juga menjadi CEO SpaceX yaitu perusahaan pengembang roket luar angkasa. Untuk mengetahui lebih lengkap, apa saja perusahaan miliknya. Simak daftar perusahaannya di bawah ini.

Daftar Perusahaan Elon Musk

Berikut ini beberapa daftar perusahaan yang dimiliki Elon Musk, diantaranya adalah;

  • Tesla (Perusahaan produsen mobil listrik)
  • SpaceX (Perusahaan yang bergerak di bidang industri luar angkasa)
  • Neuralink (Perusahaan teknologi)
  • The Boring Company (Perusahaan infrastruktur dan pembangunan terowongan)
  • Twitter
  • X.com
  • SolarCity
  • Cryptocurrency

10 Pelajaran dari Kisah Perjalanan Karier Elon Musk

Melansir dari laman leverageedu.com, ada 10 hal yang mesti dipelajari jika kamu ingin menjadi seperti Elon Musk atau seorang pengusaha yang ambisius dalam mencapai mimpinya. Hal tersebut terkait dengan aspek kepemimpinan yang dikembangkan oleh Elon Musk, diantaranya seperti;

  1. Always Believe in Having a Vision
  2. Stretch Goals Like Musk!
  3. Stop Blindly Following Trends
  4. Believe in Micromanaging
  5. Talent Plays a Vital Role
  6. Embrace Failures
  7. Always Use Feedback to Find Solutions
  8. Communication is the Key
  9. Waive the Need for Unnecessary Meetings
  10. Adapt to Change

Belajar Bahasa Asing Untuk Menggapai Mimpi

Belajar bahasa asing sangat penting dilakukan, sebab memiliki banyak manfaat yang luar biasa. Salah satunya perkembangan karier yang terjadi pada seseorang. Misalnya, ada orang dengan kualifikasi programming skill yang sama bisa mendapat gaji/pendapatan yang jauh lebih besar dengan mengandalkan kemampuan bahasa asing. Sehingga ia bisa mendaftar kerja di perusahaan asing meski tinggal di daerah, karena perusahaan menerapkan sistem wfh/work from home.

Untuk mewujudkan mimpi kamu, yuk gabung di Program Lister sekarang! Banyak pilihan program yang tersedia bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu lho.