Petunjuk Menggunakan Kompas Arah untuk Navigasi yang Tepat

Kursus Bahasa Asing-Navigasi yang akurat sangat penting saat kamu berada di alam terbuka atau menjelajahi area yang tidak dikenal. Salah satu alat terpenting untuk navigasi adalah kompas arah. Pada artikel ini, Lister memberikan petunjuk langkah demi langkah tentang cara menggunakan kompas arah dengan benar untuk memastikan navigasi yang akurat. 

1. Mengenal Arah Kompas

Sebelum kita mulai, penting untuk memahami cara kerja kompas arah. Pelajari tentang bagian-bagian kompas dan cara membaca arah Anda dengan benar. Pastikan kompas dalam kondisi baik dan jarum bergerak bebas.

2. Tentukan Arah utara

Cara pertama yang perlu kamu ketahui adalah menentukan arah utara. Gunakan kompas untuk mencari arah utara magnet, yang ditunjukkan oleh jarum kompas. Pastikan kamu tidak mengacaukan arah jarum kompas dengan arah yang benar.

Baca Juga : Cari Tahu Arti Be Like, Meme Lucu yang Sering Ada di Medsos

3. Memahami Skala dan Arah Kompas

Kompas ini dilengkapi dengan skala yang dapat kamu gunakan untuk mengukur sudut arah. Pelajari cara menggunakan skala kompas untuk mengukur sudut yang akurat. Identifikasi juga titik mata angin kompas, misalnya  Utara, Selatan, Timur dan Barat. Setelah kamu memahami garis arah ini, Anda akan dapat membaca kompas dengan lebih baik.

4. Menggunakan Kompas untuk navigasi

Saat bepergian, gunakan kompas untuk menentukan arah yang ingin kamu tuju. Pahami langkah-langkah yang diperlukan untuk menggunakan kompas secara efektif. Bandingkan informasi peta dengan kompas untuk menentukan arah yang benar.

5. Pahami variasi magnetik

Variasi magnetik adalah perbedaan antara utara magnetik dan utara sebenarnya. Pelajari bagaimana fluktuasi magnetik memengaruhi kompas dan cara menghadapinya. Jika perlu, gunakan teknik kompensasi untuk memastikan akurasi navigasi.

6. Latihan dan Peningkatan Keterampilan Orientasi

Keterampilan navigasi kompas dikembangkan melalui latihan terus menerus. Lakukan latihan untuk meningkatkan keterampilan kamu dengan kompas. Berpartisipasi dalam aktivitas luar ruangan seperti hiking atau orienteering untuk meningkatkan keterampilan membaca peta kamu dan menggunakan navigasi kompas. 

7. Bawa Kompas Sebagai Alat Cadangan

Selalu bawa kompas sebagai alat cadangan saat kamu berada di alam bebas. Kompas dapat berguna jika Anda tersesat atau alat navigasi lainnya tidak tersedia. Pastikan kompas yang kamu bawa awet dan dapat diandalkan. 

Baca Juga : Pecinta Kopi Wajib Tahu! Bedanya Espresso, Cappuccino, dan Latte

Belajar Bahasa Asing Bersama Lister

Ketika kamu dapat berbicara bahasa asing dengan percaya diri, maka peluang kamu untuk bekerja dan kuliah di luar negeri semakin terbuka lebar. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Asing di Lister.

Jangan lupa ikuti pengalaman seru sesama student di Discord Lister Group Community.

Di Lister kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Yunita Widyaningsih
Yunita Widyaningsih
Undergraduate German Studies Student

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.