Mengenal Switch Career: Apa dan Bagaimana Tipsnya?

Switch career

Kursus Business English – Perubahan karier bisa saja terjadi kepada siapa saja dan kapan saja. Jika kamu sedang mempertimbangkan peluang dan kesempatan untuk berganti karier. 

Simak penjelasan seputar apa itu switch career dan apa tips yang bisa digunakan agar berhasil di masa depan. 

Apa itu switch career?

Switch career atau dalam bahasa Indonesia berarti perubahan karier, merupakan tindakan seseorang beralih dari satu bidang pekerjaan ke bidang yang lainnya. 

Mengubah karier bagi sebagian orang dirasa cukup menantang, pasalnya, switch career dapat melibatkan transisi ke bidang yang sepenuhnya berbeda atau peran yang berbeda. 

Butuh banyak hal untuk seseorang bisa melakukan perubahan karier, seperti pengambilan risiko, penyesuaian keterampilan, serta dedikasi dan komitmen untuk mempelajari lingkungan baru. 

Sebagian orang melakukan switch career karena berbagai alasan, seperti mengikuti perkembangan industri hingga rasa tidak puas dengan pekerjaan yang saat ini sedang dijalani. 

Baca juga: 5 Tips Menulis Iklan Lowongan Pekerjaan Berbahasa Inggris

Keuntungan dan Kekurangan Switch Career

Jika kamu berencana untuk melakukan switch career dalam waktu dekat, ada baiknya untuk mempertimbangkannya dari segi keuntungan dan kekurangan. 

Bagi banyak orang, langkah ini bisa membuka pintu menuju peluang baru yang memuaskan dan memenuhi ambisi yang berbeda.

Namun, perubahan karier juga bisa menimbulkan ketidakpastian dan tantangan tertentu.

Keuntungan

  • Switch career bisa memberikan peluang setiap individu dalam mengejar passion dan minat yang sejalan dengan nilai dalam diri. 
  • Adanya kesempatan untuk belajar tentang hal-hal baru dan trend di bidang yang berbeda. Adanya kesempatan untuk mengasah skill dan keterampilan untuk mengikuti zaman. 
  • Mengajarkan fleksibilitas dan adaptabilitas dengan lingkungan kerja baru Dengan keterampilan baru, kamu bisa meningkatkan daya saing dan kemampuan di masa depan. 
  • Memperluas jaringan profesional yang baru. Kamu bisa berkenalan dengan lebih banyak orang baru melalui pengalaman dan keterampilan baru yang tengah dijalani. 
  • Potensi mendapatkan gaji menjadi lebih besar. Dalam beberapa bidang, switch career bisa membuka pintu untuk peluang penghasilan yang lebih tinggi. 

Kekurangan 

  • Kesulitan dalam penyesuaian. Beberapa orang mungkin akan merasa kesulitan untuk beradaptasi di budaya kerja yang baru. Bukan hanya budaya, ada tuntutan pekerjaan yang akan dihadapi kedepannya. 
  • Pengorbanan waktu dan energi yang signifikan. Kamu perlu meluangkan waktu untuk belajar dan mengikuti pelatihan untuk menambah pengalaman. 
  • Pengenalan keterampilan yang baru. Kamu perlu membangun hubungan baru dengan orang untuk memperbarui profil profesional. 
  • Ketidakpastian finansial mungkin akan terjadi pada kamu yang tengah mengubah karier. Terutama jika kamu harus mengikuti pelatihan tambahan atau mengambil posisi entry-level dengan gaji yang lebih rendah.

Baca juga: Pekerjaan Rumah Bahasa Inggris: Cek 35 Kosa Kata Terpopuler

Tips Melakukan Switch Career

Ada sejumlah tips yang dapat membantu seseorang dalam melakukan switch career dengan sukses.

Dalam pembahasan berikut, Lister akan menjelajahi beberapa tips berharga yang dapat membimbing individu menuju perubahan karier yang diinginkan.

Kenali minat dan keahlian 

Maksimalkan potensi dirimu dalam karier baru, kamu bisa mencapai hasil yang lebih baik dan mendapatkan kepuasan yang lebih tinggi dalam pekerjaan. 

Evaluasi juga dapat membantu kamu menghindari penyesalan atau perasaan tertekan di tempat kerja, karena kamu akan memilih jalur yang sesuai dengan nilai-nilai dan minat yang diinginkan. 

Cari tahu apa yang anda sukai, maksimalkan potensimu di karier baru. 

Tentukan peran yang akan diambil 

Pastikan kamu menentukan peran atau bidang yang akan diambil. Fokus pada satu bidang tersebut. 

Buatlah catatan untuk membantumu dalam mengingat setiap proses mengenal karier baru. 

Review ulang bidang yang sedang dipelajari 

Setelah menentukan bidang yang akan dipelajari, di tengah proses mengenali bidang tersebut. Review ulang, lihat dari segi karier akademis dan profesional. 

Pastikan kamu mengikuti pekerjaan magang hingga profesional. 

Cari prospek pekerjaan yang potensial 

Teliti dalam melihat peluang di situs web pencari kerja, pastikan kamu memiliki daftar karier yang luas dan banyak pilihan untuk melamar. 

Cari di situs web perusahaan untuk posisi yang menarik bagi kamu karena posisi itu bisa menunjukkan langkah kariermu selanjutnya. 

Baca juga: 8 Bagian-bagian Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik dan Benar

Lebih Percaya Diri dengan Kursus Business English

Kursus Business English di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. 

Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.