Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Korea, Begini Caranya!

perkenalan diri bahasa korea

Kursus Bahasa Korea – Tahukah kamu bahasa Korea digunakan di Semenanjung Korea dengan jumlah pengguna di Korea Selatan 40 juta orang dan di Korea Utara 20 juta orang. Jumlah totalnya sekitar 60 juta orang. Selain itu di luar negeri Korea, ada China 2,1 juta orang, Amerika Serikat 2,1 juta orang, Jepang 600 ribu orang, dan Rusia ada sekian ratus ribu.

Apabila para keturunan Korea yang jumlahnya tidak sedikit itu dianggap menggunakan bahasa Korea, maka bahasa Korea memiliki jumlah populasi pengguna bahasa peringkat 20 di dunia. Wah, banyak juga ya?

Kalau kamu seorang pemula dan sedang berproses mempelajari bahasa Korea, yuk pelajari dulu cara memperkenalkan diri dalam bahasa Korea. Mulai dari yang simpel, informal, sampai formal.

Baca juga: 7 Cara Mengucapkan Terima Kasih dalam Bahasa Korea

Biodata dalam Bahasa Korea

Target pelajaran pertama di artikel ini adalah biodata diri dalam bahasa Korea. Dalam melakukan percakapan, apalagi dengan orang asing, yang pertama harus kita lakukan adalah memperkenalkan diri dengan baik.

Oleh karena itu, penting memahami materi cara perkenalan diri dalam bahasa Korea berikut ini.

biodata dalam bahasa korea

Perkenalan Nama, Tempat Tinggal dan Usia

Salam

안녕하세요?
Apa kabar?

안녕하십니까?
Apa kabar? (formal)

안녕히 가세요.
Selamat jalan.

안녕히 계세요.
Selamat tinggal.

처음 뵙겠습니다.
Ini pertama kalinya bertemu dengan Anda.

반갑습니다.
Senang bertemu dengan Anda

Contoh teks perkenalan diri

자기 소개

안녕하세요

저의 이름은 공하라고 합니다

제 나이는 22살입니다

저는 작가입니다

인도네시아에서 살고 있습니다

제 취미는 독서합니다

만나서 반갑습니다

감사합니다

Arti

Halo, apa kabar?

Nama saya Kong Ha.

Usia saya 22 tahun.

Saya tinggal di Indonesia.

Hobi saya adalah membaca.

Senang bertemu dengan anda.

Terima kasih.

Tata Bahasa

입니다 adalah 이다 yang berarti ‘adalah’ dilekatkan di belakang kata benda dan digunakan sebagai bentuk sopan.

와티입니다. Saya (adalah) Wati.
안디입니다. Saya (adalah) Andi.
학생입니다. Saya (adalah) seorang pelajar.
회사원입니다. Saya (adalah) seorang karyawan.
인도네시아 사람입니다. Saya (adalah) orang Indonesia.

입니까 Bentuk interogatif (pertayaan) dari 이다. Dilekatkan di belakang kata benda untuk mempertanyakan predikat dari kalimat.

에디 씨입니까? Apakah Anda Edi?
와완 씨입니까? Apakah Anda Wawan?
학생입니까? Apakah kamu pelajar?
회사원입니까? Apakah Anda karyawan?
인도네시아 사람입니까? Apakah kamu orang Indonesia?

은/는 dilekatkan pada kata benda untuk menunjukkan topik dari kalimat. Apabila kata benda diakhiri dengan vokal, digunakan 는. Sementara 은 digunakan apabila kata benda diakhiri dengan konsonan. Bentuk ‘kata benda + 은/는’ dapat dihilangkan bila topik adalah subjek kalimat.

저는 에디입니다. Saya adalah Edi.
제 이름은 에디입니다. Nama saya adalah Edi.
에디 씨는 학생입니까? Apakah Edi seorang pelajar?
조민재 씨는 회사원입니까? Apakah Cho Minjae seorang karyawan?
선생님은 한국 사람입니다. Bapak guru (adalah) orang Korea.

contoh perkenalan diri dalam bahasa korea

Perkenalan Diri dalam Bahasa Korea Sehari-hari

Dalam sesi perkenalan diri, tentu diawali dengan mengucapkan salam sesuai budaya dan kebiasaan orang Korea. Biasanya orang Korea menganggukkan kepala untuk menyampaikan salam kepada orang lain, tetapi dalam situasi tertentu bersalaman tangan dapat digunakan untuk menyampaikan salam. Dalam kesehariannya, orang Korea menyampaikan salam dengan menganggukkan kepala.

Baca juga: Percakapan Bahasa Korea Sehari-hari

Salam disampaikan saat pertama kali berjumpa dan saat berpisah. Kepala ditundukkan antara 30 sampai 60 derajat selama 2 hingga 3 detik apabila menyampaikan salam hormat kepada orang yang lebih tua atau dituakan. Semakin dalam kita menundukkan kepala kita, semakin hormat salam yang kita sampaikan.

Apabila kita berjumpa kembali dengan orang yang lebih tua atau dituakan pada hari yang sama, kita boleh hanya menganggukkan kepala kita sedikit saja. Melambaikan tangan kepada orang yang sederajat, seumur, atau lebih muda daripada kita juga bisa dilakukan untuk menyampaikan salam.

Ada cara menyampaikan salam yang biasa digunakan dalam keadaan khusus tradisional yang disebut dengan jeol. Jeol dilakukan dengan meletakkan tangan yang satu di atas yang lain, berlutut, lalu menundukkan badan seperti menyembah.

Jeol biasa dilakukan saat hari raya, saat bertemu dengan orang yang lebih tua setelah sekian lama tidak berjumpa, dan saat menghormati orang tua dalam upacara pernikahan.

perkenalan bahasa korea informal

Sikap dan Gestur Tubuh

Dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat, berjabat tangan lazim dilakukan. Biasanya orang yang lebih tua atau posisinya lebih tinggi yang menyodorkan tangan untuk berjabat tangan terlebih dahulu. Biasanya para pria banyak menggunakan jabat tangan sebagai ungkapan salam.

Kata atau Kalimat Penting

초대하다 mengundang

초대를 받다 diundang

방문하다 berkunjung

소개하다 memperkenalkan

소개를 받다 diperkenalkan

인사하다 mengucapkan salam

잘 먹겠습니다 selamat makan (sebelum makan)

잘 먹었습니다. saya sudah makan (sesudah makan)

실례하겠습니다. maaf / permisi (digunakan saat akan melakukan sesuatu yang sekiranya akan mengganggu orang lain)

실례했습니다. maaf / permisi (digunakan sesudah melakukan sesuatu yang kiranya akan mengganggu orang lain).

Tata Cara Berkunjung di Korea

Di Korea ada beberapa tata cara yang perlu ditaati saat berkunjung ke rumah atau kantor orang lain. Berikut adalah beberapa tata cara tersebut.

Apabila berkunjung di tengah hari, sebaiknya kita menghindari pagi hari atau waktu makan. Sebaiknya kita mencocokkan waktu berkunjung dengan kegiatan sang tuan rumah.

Saat berkunjung lebih baik jika kita membawa buah tangan berupa buah-buahan atau kue. Kita juga harus melepaskan alas kaki di depan
sebelum memasuki rumah. Jika dipersilakan masuk ke ruangan dengan kursi atau bangku, tuan rumah duduk di bangku untuk 1 orang, sementara tamu duduk di bangku atau sofa untuk 2 atau lebih orang.

Apabila dipersilakan menuju ruangan khas Korea yang tidak memiliki bangku atau kursi, sebaiknya kita duduk berlutut, tetapi kita dapat duduk bersila setelah memohon pengertian dari tuan rumah. Sebaiknya tidak berlama-lama saat berkunjung, serta saat meninggalkan rumah sebaiknya kita mohon pamit dengan sopan. Kita harus membuat janji sebelum berkunjung ke kantor.

Berkunjung ke kantor hanya dilakukan untuk keperluan yang bersangkutan dengan urusan kantor. Sebaiknya kita tidak berkunjung ke kantor untuk urusan pribadi.

Saat berkunjung sebaiknya kita mengenakan pakaian formal atau setelan jas, datang 5-10 menit sebelum waktu yang disepakati, serta menelepon orang yang akan kita temui untuk mendapatkan pengarahan lebih lanjut. Hendaknya tidak membicarakan hal yang tidak penting atau dapat mengganggu urusan kantor. Setelah menyelesaikan pembicaraan, kita sebaiknya segera mohon pamit dan meninggalkan kantor tersebut.

Perkenalan dalam Bahasa Korea secara Formal

Lantas bagaimana memperkenalkan orang lain dan diri sendiri dalam situasi formal?

Cara Memperkenalkan Orang Lain (Formal)

Cara memperkenalkan diri dan orang lain dalam berbagai situasi menggunakan bahasa Korea.

(이분은) 김 선생님이세요. (sebutan kehormatan)
Orang (yang terhormat ini) adalah Tuan Kim.

(이쪽은) John 이에요. (sopan)
(Orang) ini adalah John.

제 친구 Paul 입니다. (formal)
Ini temanku, Paul.

Paul 이야. (casual)
Ini adalah Paul.

Berikut contoh dialog percakapan memperkenalkan diri di situasi formal menggunakan bahasa Korea antara pebisnis dengan pebisnis.

Kim Yeongjun bertemu seorang pengusaha, Robert Irving, di sebuah bandara.
Irving: Annyeong-hasimnikka? Robert Irving-imnida. (Halo, apa kabar? Saya Robert Irving).
Kim: Annyeong-hasimnikka? Kim Yeongjun-imnida. (Apa kabar? Saya Kim Yongjun).
Irving: Mannaseo bangap-seumnida. (Senang bertemu Anda).
Kim: Cheoeum boepget-seumnida. (Senang bertemu Anda juga).

Catatan: Ketika seorang pengusaha dari perusahaan berbeda, mereka biasanya akan berjabat tangan dan bertukar kartu nama.

Cara Perkenalan Diri Resmi (Formal)

Mari kita bahas cara formal untuk memperkenalkan diri dalam bahasa Korea. Misalnya:

안녕하세요? 저는 (nama)입니다. 처음 뵙겠습니다.

Seperti yang kamu tahu, annyeonghaseyo berarti “halo”. Lalu “Jeoneun (nama)-imnida” berarti “Nama saya (nama)”. Terakhir “Cheoeum boepgesseumnida” berarti “Senang bertemu dengan Anda”.

Percakapan Perkenalan dalam Bahasa Korea secara Informal

민수           : 안녕하세요 Minsu: Annyeong haseyo. (Minsu: Halo apa kabar?)
대위           : 예, 안녕하세요 Daewi: Ye, annyeong haseyo. (Dewi: Ya, halo.)
민수           : 만나서반갑습니다 Minsu: Mannaseo bangabseumnida. (Minsu: Senang bertemu dengan Anda.)
대위           : 저도반갑습니다. 제이름은 대위 입니다. Daewi: Jeodo bangabseumnida. Je ireumeun Daewi imnida. (Dewi: Saya juga senang. Nama saya Dewi.)
민수           : 저는민수, 밝민수입니다. 어디에서왔습니까? Minsu : Jeoneun Minsu, Park Minsu imnida. Eodi eseo wasseumnikka? (Minsu: Saya Minsu, Park Minsu. Anda berasal dari mana?)
대위          : 인도네시아에서왔습니다. 고향은자카르타입니다. Daewi : Indonesia eseo wasseumnida. Gohyangeun jakareuta imnida. (Dewi : Berasal dari Indonesia. Kampung halaman saya di Jakarta.)
민수           : 제고향은전주입니다. 전주는비빔밥으로유명합니다. Minsu: Je gohyangeun Jeonju imnida. Jeonjuneun bibimbabeuro yumeonghamnida. (Minsu : Kampung halaman saya di Jeonju. Jeonju terkenal dengan bibimbab.)
대위           : 아, 그렇습니까? Daewi: A, geureoseumnikka? (Dewi: Aa, begitu ya?)
민수            : 저는한국대학교학생입니다. 경제학을공부합니다 Minsu: Jeoneun hanguk daehakkyo haksaeng imnida. Gyeongjehageul gongbuhamnida. (Minsu: Saya mahasiswa Universitas Korea. belajar ekonomi.)
대위            : 저는대학생이아닙니다. 저는신발공장에서일합니다 Daewi: Jeoneun daehaksaengi animnida. Jeoneun sinbal gongjang eseo irhamnida. (Dewi: Saya bukan mahasiswa. Saya bekerja di pabrik sepatu.)
민수            : 대위 씨, 약속이있어서먼저실례하겠습니다 Minsu: Daewi ssi, yaksogi isseoseo meonjeo sillyehagesseumnida. (Minsu: Dewi, karena ada janji, maaf saya permisi pergi lebih dulu.)
대위            : 예, 또만나요 Daewi:Ye, tto mannayo (Dewi : Ya, sampai jumpa lagi.)

Bagian atau materi tentang tips memperkenalkan diri dalam bahasa Korea mulai dari formal sampai informal ini bisa mulai kamu praktikkan karena mudah dan simpel untuk pemula sekalipun.

Cara Perkenalan Kasual: (Nama)-Ya. Bangawayo.

Ini adalah cara yang lebih santai untuk memperkenalkan diri dalam bahasa Korea yang bisa kamu coba.
Annyeong. (Nama)–ya. Bangawo.
Hai, saya (Nama). Senang berkenalan dengan kamu.

Saya dari … — (Tempat) eseo wasseumnida.

Tempat (서 왔습니다 – eseo wasseumnida)

Nama daerah/negara dalam bahasa Korea

  • Amerika 미국 miguk
  • Australia 호주 hoju
  • Austria 오스트리아 osu t’ria
  • Brazil 브라질 burajil
  • Kanada 캐나다 k’aenada
  • China (PRC) 중국 chung-guk
  • China (Taiwan) 대만 daeman
  • Inggris 영국 yeong-guk
  • Prancis 프랑스 p’urangsu
  • Jerman 독일 tok-il
  • Hong Kong 홍콩 hong k’ong
  • India 인도 indo
  • Italia 이탈리아 it’al-lia
  • Jepang 일본 ilbon
  • Malaysia 말레이지아 mallae-i jia
  • Meksiko 멕시코 maeksik’o
  • Mongolia 몽고 mong-go
  • Myanmar 미얀마 miyanma
  • Selandia Baru 뉴질랜드 nyu jeelaendu
  • Filipina 필리핀 p’ileepeen
  • Singapura싱가폴 sing-gap’ol
  • Spanyol 스페인 sup’ai-in
  • Swedia 스웨덴 suwei-dain
  • Swiss 스위스 suweisu
  • Thailand 태국 t’ae-guk
  • Vietnam 베트남 baet’unam

Saya berusia ... — (Umur)-sal imnida.

(Umur) 살 입니다. – (Umur) sal imnida.

Saya berprofesi sebagai seorang … (Pekerjaan)-imnida.

(Pekerjaan)-imnida.

Saya sudah belajar bahasa Korea selama… (Lama waktu) dong-an gonbu-haesseumnida.

(Lama waktu) dong-an gonbu-haesseumnida.

Saya belajar bahasa Korea di … (Tempat ) eseo baewosseumnida.

(Nama tempat) eseo baewosseumnida.

Kesimpulan

Ada dua cara perkenalan diri dalam bahasa Korea, yaitu formal dan informal.

  • Informal: Annyeong. (Nama)-ya.
  • Formal: Jeoneun annyeonghaseyo. (Nama)-imnida.

Contoh perkenalan diri singkat yang bisa kamu coba:

Annyeonghaseyo? Jeoneun (nama)-imnida. Cheoeum boepgesseumnida. (Tempat) eseo wasseumnida. (Umur) sal imnida. (Pekerjaan)-imnida. (Lama waktu) dong-an gonbu-haesseumnida. (Tempat) eseo baewosseumnida.