Masashi Kishimoto, Karyanya Buat Kita Kenal Budaya Jepang

masashi kishimoto

Interpreter Bahasa Jepang – Indonesia – Belajar dan mengenal budaya bangsa Jepang tidak hanya melulu dari bacaan teori melainkan bisa dari film maupun lagu dan media menarik lainya. Mangaka Jepang, Masashi Kishimoto berhasil mengenalkan budaya Jepang secara internasional dengan karya yang ia buat. Berikut penjelasannya 

Masashi Kishimoto mangaka pencipta anime Naruto 

Naruto adalah salah satu anime Jepang yang ditayangkan di televisi Indonesia. Sosok mangaka dibalik anime Naruto adalah Masashi Kishimoto. 

Sadar atau tidak karya yang dikenal di dunia ini membantu banyak orang mengenal budaya dan bahasa Jepang lebih dalam. 

Sehingga karyanya tidak hanya berpengaruh di Jepang maupun di Asia saja namun juga berpengaruh di dunia. 

2fc698757c98da415b50daa5fb35fb6a
Masashi Kishimoto | Sumber : Cecilia Masias di Pinterest

Anime Naruto tidak pernah surut penggemar dari tahun ke tahun, sampai sekarang anime Naruto masih ada dengan berlanjut ke generasi Boruto dimana ini juga di handle oleh Masashi Kishimoto sendiri. 

Menurut animenewsnetwork, anime Naruto baik dalam tayangan TV maupun dalam bentuk manga menjadi salah satu anime yang populer dan paling banyak dilihat.  

Beberapa rangking yang didapatkan anime Naruto berdasarkan animenewsnetwork  diantaranya adalah 

  1. Anime Naruto menjadi tayangan anime TV yang paling banyak dilihat di peringkat 5 dengan jumlah tayangan 18.766 
  2. Manga Naruto berada di peringkat 2 menjadi manga paling populer dengan jumlah vote 2251 
  3. Manga Naruto menempati peringkat satu sebagai manga yang paling banyak dilihat dengan jumlah 5 ribu lebih tayangan. 

Sedangkan menurut myanimelist, serial TV Naruto menjadi anime yang populer yang duduk di peringkat 8. Posisi ini di atas anime Kimi No Nawa dan One Piece. 

Masashi Kishimoto menjadi mangaka sejak tahun 1995 sampai sekarang. Manga yang ia hasilkan menjadi inspirasi banyak mangaka (pembuat manga) lainya dan tentunya juga memberikan pengaruh pada pembuatan manga modern. 

Selanjutnya di serial Boruto, Masashi Kishimoto awalnya hanya sebagai pengawas saja namun sekarang juga menulis dan menyumbangkan idenya untuk episode-episode Boruto. 

baca juga : Rekomendasi Anime Studio Ghibli untuk Belajar Bahasa Jepang

Manga Karya Masashi Kishimoto 

Sebelum namanya besar sebagai pembuat anime Naruto, Masashi Kishimoto ternyata sudah aktif dan produktif dalam membuat manga lainya di awal karir tahun 1998. Beberapa karya Kishimoto diantaranya adalah 

  1. Karakuri (1996), merupakan manga pertama Masashi Kishimoto yang bertemakan ninja muda ini. Manga ini menjadi manga pendek sebelum Naruto. 
  2. Mikazu no Corsair (1998), ini merupakan manga pendek lainya dari Kishimoto yang menceritakan tentang petualangan seorang pemburu harta karun dan penggalian makam. 
  3. Naruto Pilot (1997), versi awal dari Naruto yang masih dalam bentuk awal atau konsep Naruto yang diterbitkan di majalah Akamaru Jump. 
  4. Naruto (1999-2014), merupakan manga Kishimoto terbesar dan terpopuler yang menceritakan tentang seorang ninja muda dan ceritanya menjadi seorang pemimpin di sebuah desa ninja. 
  5. Boruto (2016-sekarang), merupakan manga lanjutan dari Naruto. Awalnya Kishimoto tidak bertindak sebagai pengawas. Namun ia lanjut ikut turun tangan dengan menjadi supervisor kreatif yang memberikan ide dan juga pengembangan cerita.  
  6. Samurai 8 (2019-2020), merupakan proyek manga pendek yang diciptakan bersama ilustrator Akira Okubo. 

Jadi sebagai mangaka, Kishimoto memiliki banyak karya menarik yang populer maupun project pendek. 

Dampak global dari karya Masashi Kishimoto 

Karya Masashi Kishimoto cukup memberikan dampak yang besar untuk dunia. Salah satu dampak yang paling besar adalah banyak negara di dunia yang melirik manga dan dunia anime Jepang. 

Jika biasanya manga dan anime ini hanya dinikmati di lingkup Asia, manga dan anime Naruto bisa dinikmati di seluruh dunia. 

Hal ini bisa dilihat manga maupun anime Naruto diterjemahkan dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Inggris sebagai bahasa internasional dan bahasa lainya. 

Hal ini tentunya membuat banyak orang di seluruh dunia bisa mengenal dan melihat lebih dalam bagaimana kultur di Jepang. 

Sebab seperti yang kita tahu, anime-anime Jepang cukup menggambarkan budaya asli Jepang sehingga bisa menjadi insight bagi banyak orang untuk mengetahui bagaimana sih budaya di Jepang. 

Selain itu dengan penggemarnya yang ada di seluruh dunia, membuat banyak orang membuat komunitas dan membuat berbagai pertunjukan seni seperti membuat cosplay dan ekspresi seni yang lainya. 

Yang terpenting dari terkenalnya Naruto di berbagai belahan dunia adalah banyak orang yang terinspirasi dari manga Masashi Kishimoto. Dengan begitu banyak orang pula yang mengikuti langkah Masashi menjadi mangaka. 

baca juga : Anime Jepang Keren: Nama Karakter dan Rekomendasi

Dampak anime Naruto dalam memperkenalkan budaya Jepang 

Ada beberapa insight budaya yang bisa dipetik dari anime Naruto, diantaranya 

1. Ninja di Jepang 

Salah satu hal yang bisa hal yang menarik di Jepang adalah tentang ninja nya. Ninja merupakan bagian dari mitos dan kepercayaan orang Jepang. Namun dari anime Naruto, banyak orang belajar mengenai etika ninja, tugas ninja dalam pemerintahan dan juga jalan yang ditempuh untuk menjadi ninja. 

2. Tradisi 

Di film Naruto banyak menampilkan kegiatan upacara daerah, perayaan sampai dengan adat istiadat negara Jepang. Penikmat manga Naruto dari berbagai belahan dunia menjadi tahu bagaimana budaya kemasyarakatan di Jepang berkat anime ini. 

3. Penggunaan bahasa 

Anime Naruto juga menjadi salah satu hal yang memperkenalkan bahasa Jepang ke banyak negara luar atau secara global. Hal ini tentunya membuat banyak orang lebih mengenal dan juga lebih tertarik untuk mempelajari bahasa Jepang. 

4. Makanan 

Makanan khas Jepang seperti sushi, ramen, snack Jepang dan lainya banyak ditampilkan di cerita Naruto. Hal ini membuat banyak orang keanekaragaman makanan khas Jepang dengan baik. 

Jadi cerita Naruto memiliki banyak pengaruh tidak hanya kepada bangsa Jepang saja melainkan juga secara global di seluruh dunia. 

Selain dari animasi Naruto, bisa belajar bahasa Jepang bareng Lister!

Ada banyak hal yang bisa dipelajari dari anime Naruto, selain belajar bahasa dan tradisinya juga menginspirasi banyak orang untuk menjadi mangaka hebat seperti Masashi Kishimoto. 

Selain dari anime Naruto, kamu juga bisa belajar bahasa Jepang dengan mudah dan terarah melalui Lister. Layanan pembelajaran bahasa yang menyediakan kualitas pembelajaran premium. 

Bersama tutor yang profesional dan jam kerja yang fleksibel dan online, membuat belajar lebih nyaman dan aman. 

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang melalui WhatasApp!

Sumber : Pinterest

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts