Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Layak Diperjuangkan! 5 Alasan Gagal Move On dari New Zealand

New Zealand

Masyarakat New Zealand yang ramah dan rendah hati akan menjadi salah satu hal yang paling membuat kamu terkesan selama berkunjung atau tinggal di sana. Bukan begitu?

wellington cable car the landmark of new zealand picture

Dengan campuran sejarah kebudayaan suku Māori, orang Eropa, Kepulauan Pasifik dan Asia, New Zealand menjadi negara dengan populasi yang memiliki kebinekaan sehingga menjadikannya unik di dunia.

Dari 4,4 juta populasi penduduk New Zealand yang dikenal dengan julukan Kiwi, sekitar 69% keturunan Eropa, 14,6% suku asli Māori, 9,2% orang Asia, dan 6,9% orang Kepulauan Pasifik non-Māori.

Secara geografis, lebih dari tiga perempat populasinya hidup di North Island (Pulau Utara), dengan sepertiga dari total populasi menghuni Auckland. Kota-kota besar lain seperti Wellington, Christchurch, dan Hamilton merupakan tempat sebagian besar Kiwi tinggal. 

Namun, siapa saja tokoh di balik berdirinya New Zealand?

Lebih dari 400 tahun sebelum Christopher Columbus dan Eropa mengkhawatirkan akan terjatuh dari tepi dunia, suku Maori telah menjelajah ribuan kilometer menyeberangi Samudra Pasifik yang belum diketahui dengan kano-kano kecil dan menjadi penghuni pertama Aotearoa New Zealand. Hingga kini, kebudayaan suku Maori merupakan bagian inti dari identitas nasional New Zealand.

Para perintis New Zealand yang berani, gagah, dan mandiri

Kisah itu berawal ketika para perintis harus membersihkan lahan yang nantinya menjadi daerah pertanian dan pemukiman. Sebuah kegiatan melelahkan dan berbahaya, bukan? Segala permasalahan yang pelik itu pun memaksa penjelajah di masa awal New Zealand berdiri menjadi tangguh dan memiliki berbagai keterampilan.

Kepandaian dan kecerdikan para tokoh telah memberikan sumbangsih besar pada karakter masyarakat New Zealand hingga saat ini. Kualitas itupun yang menghantarkan para Kiwi muda sukses dalam berbagai profesi seperti eksekutif bisnis, pembuat perangkat lunak komputer, pembuat film, perancang busana, dan olahragawan yang membuat perbedaan positif di seluruh dunia.

Hidup dengan Warga Lokal

Mengenal masyarakat New Zealand yang tenang dan ramah akan menjadi salah satu hal yang paling berharga dalam cerita perjalanan ini. Dan bagian ini biasanya sukses membuat orang gagal move on dan ingin kembali ke sana!

Note: Jika kamu sedang berkunjung di New Zealand atau dalam masa studi, bercakap-cakap di sepanjang perjalanan – mengobrol santai di restoran atau di pasar setempat – adalah cara terbaik untuk mendapatkan wawasan tentang daerah yang sedang kamu kunjungi dan bahkan dapat mempelajari bahasa Kiwi (julukan penduduk New Zealand) setempat dan menjalin persahabatan seumur hidup!