Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Kupas Tuntas Leader Member Exchange: Dimensi dan Tahap

leader member exchange

Tuntutan untuk terus mengembangkan diri di tengah perkembangan zaman harus dipenuhi. Salah satunya adalah menguasai bahasa asing. Untuk itu, kamu disarankan mengikuti kursus bahasa asing di Lister for Company.

Untuk kerja sama yang lebih optimal, masing-masing pemimpin dan bawahan harus memiliki pemahaman yang lebih baik. Hal ini bisa dipelajari melalui leader-member exchange (LMX) theory.

Apa itu Leader-Member Exchange?

Leader-member exchange theory atau teori pertukaran pemimpin-anggota menekankan pada hubungan antara pemimpin dengan anggota atau bawahan di dalam organisasi.

Dalam teori ini, dijelaskan bagaimana sikap pemimpin ke masing-masing anggota tim tidak selalu sama.

Hubungan antara pemimpin dengan masing-masing anggota unik. Misalnya pemimpin bersikap tegas terhadap anggota A tetapi bersikap lunak terhadap anggota B.

Dimensi dalam Leader-Member Exchange

Dimensi dalam teori LMX terbagi menjadi empat kategori.

Afeksi (Affection)

Afeksi adalah pengaruh yang ditimbulkan satu sama lain antara pemimpin dengan anggota sesuai daya tarik interpersonal, tidak hanya dari profesionalitas. Contohnya nilai persahabatan.

Loyalitas (Loyalty)

Loyalitas adalah kesetiaan yang timbul dari hubungan timbal balik antara pemimpin dengan anggota.

Kontribusi (Contribution)

Kontribusi adalah persepsi terkait orientasi tugas yang dibebankan kepada setiap anggota untuk meraih tujuan organisasi.

Penghormatan Profesional (Professional Respect)

Penghormatan profesional terkait dengan persepsi bagaimana hubungan timbal balik membangun reputasi.

Tiga Tahap Leader-Member Exchange

Hubungan antara pemimpin dengan anggota dibangun melalui tiga tahap.

1. Pengujian dan Penilaian

Anggota merupakan orang yang baru bergabung dengan organisasi dan belum dikenal. Pemimpin melakukan penilaian keterampilan.

2. Pengembangan Kepercayaan

Pemimpin memberi kesempatan untuk membangkitkan kepercayaan. Pada saat ini pemimpin menentukan anggota yang loyal dan memiliki kemiripan karakter dengannya.

3. Ikatan Emosional

Hubungan yang kuat telah muncul antara pemimpin dengan bawahan, hingga menciptakan ikatan emosional.

Manfaat Leader-Member Exchange

Teori LMX berbeda dengan teori kepemimpinan lainnya. Teori LMX menekankan hubungan spesifik antara pemimpin dengan anggota.

Sikap pemimpin akan berpengaruh besar terhadap karyawan dan kinerja mereka. Pemimpin yang memberi kepercayaan, dukungan, dan tanggung jawab akan memiliki anggota yang loyal.

Saat pemimpin memperlakukan anggota sebagai rekan yang setara serta mengikutsertakan dalam pengambilan keputusan, hubungan pemimpin-anggota akan berkualitas.

Teori ini juga menekankan pentingnya komunikasi dalam kepemimpinan. Dengan komunikasi yang tepat, akan tercipta hubungan timbal balik dan tumbuh ikatan emosional dalam organisasi.