KJMU adalah: Program Pemerintah DKI Jakarta untuk Mahasiswa

KJMU adalah

University Preparation Program – Ada banyak peluang untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, salah satunya dengan mendaftar beasiswa. Salah satunya beasiswa Indonesia yang ditawarkan adalah KJMU. KJMU adalah Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, simak penjelasannya. 

Beasiswa tidak hanya menjadi solusi keuangan untuk mendukung biaya pendidikan, tetapi juga merupakan kesempatan emas untuk mengembangkan potensi dan bakat. 

Itulah mengapa sederet beasiswa yang ada, menjadi sebuah pintu gerbang yang menjanjikan untuk setiap individu dalam menempuh pendidikan lebih tinggi. 

KJMU adalah

Dilansir dari portal resmi Provinsi DKI Jakarta, KJMU adalah kartu jakarta mahasiswa unggul yang mana memberikan bantuan peningkatan mutu pendidikan bagi mahasiswa dari keluarga tidak mampu. 

Kriteria yang persyaratkan adalah setiap remaja atau individu yang menempuh pendidikan program setingkat Diploma atau Sarjana mulai dari D3,D4, dan S1 hingga selesai sesuai dengan timeline yang berlaku. 

KJMU adalah sebuah program yang digunakan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia warga DKI Jakarta melalui pengembangan pendidikan tinggi untuk setiap individu. 

Memulai investasi jangka panjang, suatu daerah yang memiliki SDM berkualitas bisa meningkatkan dan memperkuat daya saing dari setiap individu itu sendiri. 

Tercatat dalam program KJMU di tahun 2022, ada sekitar 16.708 mahasiswa yang tersebar di seluruh PTN di Indonesia sebagai penerima beasiswa Indonesia yang satu ini. 

Setelah mengetahui KJMU adalah program beasiswa Pemerintah DKI Jakarta, sedikitnya ada sekitar 110 PTN yang bekerja sama dengan Pemprov. 

Seperti Universitas Indonesia, Politeknik Negeri Malang, dan UIN Syarif Hidayatullah. Sementara untuk perguruan tinggi swasta, Pemprov masih menyesuaikan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah. 

Baca juga: 7 Strategi Raih Beasiswa Luar Negeri Tanpa Stres, Ampuh!

Syarat penerima KJMU

KJMU adalah program beasiswa dari Pemprov DKI Jakarta yang diselenggarakan untuk meningkatkan sumber daya manusia di wilayah Jakarta. 

Syarat KJMU yang perlu dipenuhi seperti, 

  • Memiliki KTP dan KK DKI Jakarta
  • Terdaftar dalam DTKS, DTKS Daerah dan/atau warga binaan sosial pada panti sosial Dinas Sosial
  • Tidak menerima bantuan pendidikan dari APBN

Syarat umum KJMU yang perlu diperhatikan calon/mahasiswa, 

  • lulus dari pendidikan menengah Negeri atau Swasta paling lama 3 tahun. 
  • lulus dari PTN jalur reguler
  • lulus dari PTS jalur reguler akreditasi A atau unggul 
  • calon penerima baru KJMU maksimal hingga semester 4

Oleh karena itu, beasiswa KJMU adalah program yang tidak hanya sekadar membantu secara finansial. Namun, juga memberikan dukungan integral untuk membentuk individu menjadi sosok yang berdaya, berkomitmen, dan siap menghadapi tantangan di dunia pendidikan tinggi.

Ilustrasi dua orang mahasiswa sedang belajar bersama (DOK.PEXELS/Yan Krukau)

Ilustrasi dua orang mahasiswa sedang belajar bersama (DOK.PEXELS/Yan Krukau)

Manfaat yang didapatkan dari KJMU 

Manfaat yang akan didapatkan penerima dari program KJMU adalah dana bantuan sebesar Rp 1.500.000 per bulan atau sekitar Rp 9.000.000 per semester.

Selain itu, ada dana lainnya yang juga akan diberikan seperti biaya buku, transportasi, perlengkapan kuliah, atau biasa pendukung personal lainnya.

Cara daftar KJMU

Proses seleksi KJMU tidak hanya mempertimbangkan prestasi, tetapi juga komitmen dan potensi calon penerima untuk berkembang lebih jauh di dunia pendidikan. 

Langkah pertama dalam proses ini adalah mengakses portal resmi KJMU, di mana calon penerima dapat menemukan informasi lengkap mengenai persyaratan, tahapan seleksi, dan formulir aplikasi.

Simak cara daftar KJMU berikut ini, 

  • Form kelengkapan data asal SMA
  • Surat pengajuan permohonan bantuan biaya peningkatan mutu pendidikan kepada Gubernur
  • Surat permohonan bantuan biaya peningkatan mutu pendidikan
  • Surat pernyataan calon penerima bantuan biaya peningkatan mutu pendidikan, bermaterai
  • Surat pernyataan ketaatan penggunaan bantuan biaya peningkatan mutu pendidikan
  • Surat pernyataan kepala satuan pendidikan
  • Laporan pertanggungjawaban 1 semester
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi KK
  • Nomor ujian pada seleksi masuk PTN/PTS

Baca juga: Ulik Seputar Beasiswa Erasmus Mundus, Ada Banyak Program

Cara cek KJMU

Bagi calon penerima beasiswa KJMU, menjalani proses seleksi bukanlah akhir dari perjalanan, melainkan langkah awal menuju realisasi impian pendidikan tinggi.

Setelah mengikuti proses seleksi, tahapan selanjutnya adalah memastikan status kelulusan dan hasil evaluasi. Cara cek KJMU adalah langkah krusial dalam mengetahui apakah telah berhasil meraih kesempatan berharga ini.

  • Akses laman jakarta.go.id
  • Pilih layanan yang ada dalam menu, Periksa Status Penerimaan KJMU
  • Pilih layanan situs, Pencarian 
  • Isi dengan NIK KTP orang tua penerima KJP
  • Klik, Tahun 
  • Pilih layanan, Pilih Tahap 
  • Klik menu, Cek

University Preparation Program, Kuliah Sekarang Jadi Lebih Mudah!

Ingin kuliah S-1 di salah satu universitas ternama di Indonesia? Persiapkan dirimu dengan mengikuti University Preparation Program di Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik lainnya.

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Foto utama oleh Andrea Piacquadio di Pexels.

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.