Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Kenali Dirimu Lewat Pancaindra (Senses) Bahasa Inggris, Apa Saja?

pancaindra senses bahasa inggris

Manusia memiliki pancaindra, yaitu penglihatan, pendengaran, penciuman, pengecapan, dan perabaan. Pancaindra ini membuat kita dapat merasakan apa yang terjadi di sekitar kita. Namun seperti apa penjelasan pancaindra (senses) dalam bahasa Inggris?

Jika kamu ingin memperkaya kosakata bahasa Inggris, kamu bisa mengikuti kursus bahasa Inggris. Di dalam kursus ini kamu akan belajar banyak dan bisa mempraktikkan langsung kemampuanmu berbahasa Inggris bersama tutor-tutor terpercaya.

Pancaindra (Senses)

Setiap pancaindra terkait dengan organ tubuh tertentu yang memiliki sensor.

Mata memberikan kita penglihatan. Telinga memberikan kita pendengaran.

Hidung memberikan kita penciuman. Lidah memberikan kita pengecapan. Kulit memberikan kita perabaan.

Eyes and Sight

Mata (eyes) memberikan kita penglihatan (sight). Mata menangkap cahaya dan mengubahnya menjadi gambar untuk diproses otak.

Penglihatan memungkinkan kita untuk dapat melihat ukuran, bentuk, warna, dan tempat benda-benda yang ada di sekitar lingkungan kita.

Untuk menjaga kesehatan mata, selalu membaca di cahaya yang cukup terang dan hindari menghabiskan waktu terlalu lama di depan layar.

Ears and Hearing

Telinga (ears) memberikan kita pendengaran (hearing). Indra ini membantu kita mendengar suara yang ada di sekitar kita. Kamu dapat mendengar musik atau orang berbicara karena indra pendengaran.

Untuk menjaga kesehatan telinga, dengarkanlah musik dengan volume yang cukup dan hindari memasukkan benda yang dapat merusak ke dalam telinga.

Nose and Senses of Smell

Hidung (nose) memberikan kita penciuman (senses of smell). Hidung membantu kita mencium dan membedakan aroma benda-benda.

Aroma mawar adalah aroma yang wangi. Sementara itu sampah berbau tidak enak.

Untuk menjaga kesehatan hidung, selalu bersihkan organ tersebut agar kamu dapat bernapas dengan lega. Jangan memasukkan benda asing yang dapat melukai hidung.

Tongue and Senses of Taste

Lidah (tongue) memberikan kita pengecapan (sense of taste). Pengecapan membantu kita merasakan rasa dari makanan atau minuman. Kita dapat membedakan rasa manis, asam, asin, atau pahit.

Untuk menjaga kesehatan lidah, selalu pastikan kebersihan area mulut. Termasuk dengan menyikat gigi secara rutin.

Skin and Touch

Kulit (skin) memberikan kita perabaan (touch). Indra ini memberikan kita kemampuan merasakan permukaan benda, mengetahui teksturnya, mengetahui kekerasannya, dan suhunya saat disentuh.

Kulit adalah lapisan tipis yang menutupi dan melindungi tubuh kita. Tahukah kamu bahwa kulit adalah organ terbesar di tubuh kita?

Untuk menjaga kesehatan kulit, penting untuk menggunakan sunblock ketika berada di luar dan mandi setiap hari.